Sukses

Kenapa Manusia Punya Alis? Ini 3 Faktanya

Ada tiga fakta soal alis menurut penelitian berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya manusia tanpa alis?

Alis pada wajah manusia diyakini sebagai fitur penting. Para ilmuwan percaya bahwa mereka tetap ada, bahkan setelah evolusi menyebabkan manusia kehilangan sebagian besar rambut tubuh mereka karena berbagai sebab.

Manusia konon memerlukan alis untuk mengekpresikan perasaan, dan membentuk identitas diri.

Para ahli percaya alis memiliki fungsi utama. Ada tiga fakta soal alis menurut penelitian yang dilansir dari mentalfloss.com, Minggu, (5/2/2023).

Pertama bisa melindungi mata.

Bentuk tonjolan alis dan bulu alis yang tumbuh ke luar juga disebut mampu menyalurkan keringat, hujan, dan kelembapan dari bola mata, sehingga penglihatan akan tetap jernih. Mereka juga dapat menangkap debu atau melindungi mata dari sinar matahari.

Kedua, menurut ahli, alis sangat penting untuk komunikasi nonverbal. Ilmuwan yang mempelajari ekspresi wajah mengatakan bahwa alis penting untuk mengekspresikan kebahagiaan, keterkejutan, dan kemarahan.

Hal ini juga bisa dijadikan sebuah fungsi yang mungkin juga digunakan oleh nenek moyang manusia pada zaman dulu.

Pada tahun 2018, para peneliti mencoba menguraikan mengapa tonjolan alis Homo Neanderthal dan Homo Erectus jauh lebih menonjol dari pada manusia umumnya. Kemudian ilmuwan berhipotesis bahwa itu ada hubungannya dengan mengakomodasi kekuatan gigitan mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Identitas Diri

Tapi ketika mereka memanipulasi model komputer 3D dari hominin kuno, tekanan gigitan tidak membenarkan alis yang besar. 

Para peneliti menduga bahwa komunikasi sosial adalah alasan yang lebih mungkin. Selama ribuan tahun, alis yang dimiliki oleh manusia telah berevolusi menjadi lebih kecil, lebih lunak, dan berguna untuk komunikasi nonverbal. Misalnya, penutur bahasa isyarat saat ini mengerutkan alisnya untuk melengkapi isyarat tangan.

Ketiga, alis berfungsi sebagai identitas diri. Alis menonjol di dahi, dapat terlihat jelas dari kejauhan, dan tidak banyak berubah seiring waktu. Hal ini membuatnya sempurna untuk mengidentifikasi orang. 

Dalam sebuah studi tahun 2003, orang-orang diperlihatkan gambar Richard Nixon dengan matanya yang di photoshop, dan kemudian gambar dengan alisnya dihapus. Para peserta mengalami kesulitan yang jauh lebih besar untuk mengidentifikasi Nixon dan selebritas lainnya ketika alisnya botak.

 

3 dari 4 halaman

Perawatan Membuat Alis Tebal Dengan Bahan Herbal

Cara menebalkan alis secara alami dapat dilakukan dengan melalui berbagai perawatan rumahan. Bisa mencoba cara menebalkan alis secara alami agar tidak perlu lagi hanya bergantung pada produk riasan tertentu.

Menebalkan alis dengan cara alami juga bukan hal yang sulit. Banyak bahan-bahan alami, bahkan beberapa di antaranya mudah ditemukan di rumah untuk membuat alis menjadi tebal. 

1. Minyak Kelapa

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan cara menebalkan alis secara alami adalah minyak kelapa. Dilansir dari Healthline, Kamis, (02/02/2023) minyak kelapa disebut dapat bermanfaat bagi rambut dan kulit jika digunakan secara topikal. Ambil sedikit minyak kelapa di tangan, lalu pijat ke area alis. Kemudian biarkan semalaman dan bilaslah pada pagi harinya.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh disebut dapat merangsang pertumbuhan dan ketebalan alis dengan menciptakan penghalang pelembab untuk kesehatan seluler dan folikel. Ambil ekstrak minyak pohon teh langsung untuk bisa dioleskan ke alis secara langsung. Meskipun belum ada studi ilmiah tentang hal ini, tetapi bisa mencobanya dengan mengoleskan pada alis dan membiarkannya semalaman.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun menjadi jenis minyak selanjutnya yang dapat digunakan dalam rangkaian cara menebalkan alis secara alami. Vitamin A dan E pada minyak zaitun disebut dapat merangsang pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut.

Ambil sedikit minyak zaitun yang benar-benar alami, oleskan pada alis sebelum tidur dan biarkan semalaman sebelum dibilas esok harinya.

4. Minyak Almond

Minyak almond mengandung magnesium yang dapat membantu menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut. Cara menggunakan minyak almond untuk menebalkan alis juga tidak sulit.

Sama dengan cara mengaplikasikan jenis minyak lainnya pada alis, hanya perlu mengoleskan minyak almond sebelum tidur, biarkan semalaman dan bersihkan esok paginya. 

5. Minyak Kemiri

Cara menebalkan alis secara alami menggunakan minyak yang berikutnya adalah dengan minyak kemiri. Minyak kemiri telah digunakan sejak dulu untuk menghitamkan, menyuburkan dan menguatkan rambut.

Minyak kemiri mengandung asam linolenic atau asam lemak omge-3 yang dapat memicu pertumbuhan rambut. Oleskan minyak kemiri pada alis dan biarkan semalaman. 

Baca selengkapnya disini... 

4 dari 4 halaman

Menurut Gen Z, Lebih Penting Pakai Alis atau Lipstick?

Merias wajah merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertegas bentuk muka. Tak hanya itu, tampilan seseorang akan berubah ketika menggunakan riasan wajah.

Adapun macam-macam riasan wajah, mulai dari natural look, Korean look, Arabian look, bold hingga no make up look.

Dikutip Make Up by Samantha Linn, natural make up merupakan riasan wajah yang hanya menggunakan sedikit produk saja. Tampilan make up seperti ini dikenal dengan istilah second skin.

Gen Z biasanya lebih senang memilih natural look untuk riasan wajahnya sehari-hari. Tampilan itu adalah riasan yang mereka gunakan ketika pergi jalan-jalan atau ke kampus dan bertemu dengan teman-teman.

“Kalau keluar rumah suka pake make up dong pastinya, buat daily sih paling pake pensil alis, liptint, mascara sama bedak,” kata Alifia (20) kepada tim Citizen6-Liputan6.com Sabtu (5/11/2022).

Merias wajah cukup menyita banyak waktu, apalagi saat produk yang digunakan bervariasi. Inilah yang menyebabkan wanita sering kali menghabiskan waktu saat berdandan.

Mereka yang tertarik dalam dunia kecantikan, rela merogoh kocek untuk mendapatkan produk make up guna mempercantik penampilannya.

“Gue suka dong pake make up, biasanya pake concealer, bedak, blush, alis, mascara, lipcream atau liptint,” ujar seorang beauty enthusiast, Niken Ayu Zahra (21).

Lalu, bagaimana jadinya saat mereka sudah dikejar waktu dan tak sempat menggunakan beberapa produk. Pasti mereka terburu-buru dan hanya menggunakan produk yang paling berarti baginya.

Jika disuruh memilih hanya satu produk make up, mana yang mereka pilih? Hanya pakai alis atau hanya pakai lipstik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.