Sukses

10 Cerita Horor di Gedung Putih Mulai Penampakan hingga Suara Misterius, Obama Juga Merasakan

Konon di Gedung Putih sering ada penampakan horor pemimpin terdahulu, ini sejumlah di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Cerita-cerita mistis tak luput menyelimuti Gedung Putih. Konon tempat kerja Presiden AS yang berlokasi di Washington DC itu sering ada penampakan-penampakan horor.

Penampakan itu disebut sesosok misterius yang dipercaya oleh orang sering disebut dengan hantu.

Pro kontra mengenai kisah horor itu masih menjadi pembicaraan yang panas dalam masyarakat. Masyarakat meyakini keberadaan hantu dibarengi dengan menyodorkan bukti-bukti seperti foto penampakan, video, melihat langsung, dan banyak lagi.

Sehingga hal inilah yang menjadikan cerita horor masih digandrungi oleh masyarakat. Tapi, ada juga masyarakat yang tidak mempercayai keberadaan hantu seperti ini. Banyak dari mereka menganggap bahwa semua bukti yang telah diberikan hanyalah kebetulan semata.

Penampakan misterius yang terekam dalam kamera dianggap sebagai efek dari benda tersebut.

Misalnya ayunan yang bergerak sendiri, mungkin bagi masyarakat yang percaya mistis mereka akan mengaitkannya dengan hal berbau horor. Berbeda halnya dengan masyarakat yang tidak percaya, maka mereka menganggap ayunan tersebut bergerak karena tersapu oleh angin. Tetapi, balik lagi kepada kepercayaan masing-masing untuk berpendapat sesuai dengan diri sendiri, tanpa memaksakan orang lain.

Tentu saja membaca atau mendengarkan cerita horor menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk mengisi waktu luang di rumah. Apalagi membaca ketika malam jumat, akan meningkatkan sensasi yang berbeda ketika membaca cerita horor pada umumnya.

Melansir dari situs web insider.com, Kamis, (26/1/2023), berikut 10 cerita penampakan hantu di Gedung Putih Amerika Serikat yang ceritanya masih terdengar hingga saat ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Staf Gedung Putih yang Melaporkan Telah Melihat Hantu Ibu Negara Abigail Adams yang Sedang Menjemur Cucian di Ruang Tamu.

Selain penampakan hantu, staf Gedung Putih juga melaporkan bau pakaian basah dan sabun cuci lavender yang menjadi penguat adanya penampakan hantu Ibu Abigail Adams, menurut Asosiasi Sejarah Gedung Putih.

2. Presiden Abraham Lincoln Dikenal Juga Sebagai "Hantu Gedung Putih" yang Sering Terlihat Selama Bertahun-tahun.

Ibu Negara Grace Coolidge, Lady Bird Johnson, Jacquelin Kennedy, Perdana Menteri Winston Churchil, dan Ratu Wilhelmina dari Belanda. Semuanya mengatakan telah bertemu dengan hantu Abraham Lincoln, atau merasakan kehadirannya di Gedung Putih.

Ibu Negara Eleanor Roosevelt juga melaporkan telah merasakan kehadiran Lincoln saat dia sedang bekerja di kantornya. Lincoln seolah-olah telah mengintip dirinya bekerja dari balik bahunya.

Selain itu pelayan Presiden Franklin D. Roosevelt pernah berlari berteriak dari Gedung Putih, karena melihat penampakan hantu yang diduga Lincoln, tulis Dennis William Hauck dalam "Tempat berhantu: Direktori Nasional".

3. First Lady Mary Todd Lincoln Mengadakan Séances (pemanggilan arwah) di Red Room Gedung Putih dan Dikatakan Telah Berkomunikasi Dengan Hantu Presiden Andrew Jackson.

Mary melaporkan telah mendengarkan hantu Jackson mengumpat dan menginjak-injak executive residence.

4. Penampakan Hantu Putra Keluarga Lincoln, Willie, yang Meninggal Ketika Dia Berusia 12 Tahun.

Penyebab meninggalnya Willie Lincoln karena demam Tifoid tahun 1862. Pada tahun 1870-an, staf Presiden Ulysses Grant mengatakan mereka melihat penampakan hantu yang mirip dengan Willie di Gedung Putih.

 

3 dari 4 halaman

5. Presiden Andrew Jackson Dikatakan Menghantui Rose Room, Tempat Dia Biasa Tidur

Staf Gedung putih mengklaim mendengar Jackson berbaring di ranjang tempat tidur lamanya dan sedang tertawa puas, menatap ke arah langit-langit kamar.

6. William Henry Harrison, Presiden Pertama yang Meninggal di Gedung Putih, Dikatakan Menghantui Loteng, yang Sekarang Menjadi Lantai Tiga.

Harrison adalah presiden Amerika Serikat yang ke-9. Ia dilantik pada 4 Maret 1841 dan meninggal dunia 31 hari setelah pelantikan.

Hantunya dikatakan terdengar bergerak di sekitar loteng Gedung Putih. Pada tahun 1927, loteng tersebut direnovasi dan diubah menjadi perluasan kediaman eksekutif.

7. Presiden Harry Truman Melaporkan Beberapa Contoh Aktivitas Paranormal Selama Berada di Gedung Putih.

Pada Juni 1945, Truman menulis kepada istrinya yang bernama Bess, tentang kehidupannya di Gedung Putih selama dua bulan pertama masa jabatannya.

"Saya duduk di sini, di rumah tua ini, dan mengerjakan urusan luar negeri, membaca laporan, dan mengerjakan pidato. Sambil mendengarkan hantu berjalan mondar-mandir di lorong dan bahkan di sini di ruang kerja," tulisnya. 

"Lantainya bergerak dan tirainya bolak-balik terbuka, saya bisa membayangkan Andy Jackson dan Teddy Roosevelt tua bertengkar tentang Franklin Roosevelt".

Pada tahun 1946, dia menulis surat lagi kepada Bess setelah dia mendengar ketukan di pintu kamar tidurnya tetapi tidak ada orang di sana.

"Saya melompat dan mengenakan jubah mandi, membuka pintu, dan tidak ada orang di sana," tulisnya.

"Keluar dan melihat ke atas dan ke bawah lorong, melihat ke kamarmu dan kamar Margie, masih tidak ada. Lalu saya kembali ke tempat tidur setelah mengunci pintu dan ada langkah kaki di kamarmu yang pintunya kubiarkan terbuka."

Saya pun segera melompat kembali dan melihat ternyata tidak ada siapapun di sana. Dinas Rahasia mengatakan bahkan tidak ada penjaga di sini yang mondar mandir pada jam itu. Anda dan Margie sebaiknya kembali ke sini dan melindungi saya, sebelum beberapa hantu ini membawa saya pergi," tuturnya dalam surat tersebut. 

4 dari 4 halaman

8. Ketika Anjing Presiden Ronald Reagan, Rex, Mulai Menggonggong di Ambang Pintu Kamar Ridur Lincoln, Curigai Ada Pengunjung Hantu.

Pada jamuan makan malam kenegaraan tahun 1986, Reagan memberi tahu para tamu bahwa Rex telah menggonggong di pintu masuk kamar tidur Lincoln dan menolak masuk ke dalam.

Putri dan menantu Reagan juga melaporkan melihat sosok hantu di kamar tidur tersebut.

9. Putri Presiden George W. Bush, Jenna dan Barbara, Mendengar Nyanyian Opera dan Musik Piano Tahun 1920-an dari Perapian di Kamar Tidur Mereka.

"Kami tahu bahwa jika ada tempat yang berhantu, yaitu di rumah ini, tetapi kami mencoba merasionalisasikannya," tulis Jenna dalam memoarnya tahun 2017 bersama Barbara, Sister's First.

Ketika kepala pelayan Gedung Putih Buddy Carter bertanya kepada gadis-gadis itu bagaimana mereka tidur, mereka memberi tahu dia tentang nyanyian dan musik misterius yang mereka dengar.

"Oh, Ms. Jenna, saya percaya anda. Anda tidak akan percaya apa yang telah saya lihat dan dengar selama bertahun-tahun". "Buddy belum memberitahuku mengenai cerita hantu yang ada di kamarku, tapi aku terus berharap cerita mengenai nyanyian ini segara diberitahukan", tulisnya.

10. Ibu Negara Michelle Obama Mengatakan Bahwa Dia dan Presiden Barack Obama Pernah Mendengar Suara-suara Dari Lorong di Luar Kamar Mereka.

Dia juga mengatakan bahwa anggota keluarganya merasakan sensasi aneh seolah-olah seseorang sedang menggerogoti kaki mereka, mungkin ini adalah hantu hewan peliharaan yang ada di Gedung Putih.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.