Sukses

Satelit Tua Milik NASA Akan Jatuh ke Bumi, Kecil Kemungkinan Hantam Manusia

Sebuah satelit milik Badan Penerbangan dan Antariksa AS (National Aeronautics and Space Administrations/NASA) yang berusia 38 tahun yang sudah pensiun akan jatuh dari angkasa.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah satelit milik Badan Penerbangan dan Antariksa AS (National Aeronautics and Space Administrations/NASA) yang berusia 38 tahun yang sudah pensiun akan jatuh dari angkasa.

NASA mengatakan pada Jumat (6/1) bahwa kemungkinan puing-puing satelit itu jatuh menimpa manusia "sangat kecil", demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (9/1/2023).

Sebagian besar dari satelit seberat 2.450 kilogram itu akan terbakar saat memasuki atmosfer Bumi, menurut NASA. Namun, beberapa bagian diperkirakan akan utuh.

Badan antariksa itu menyebut kemungkinan cedera akibat puing-puing yang jatuh itu adalah sekitar 1 banding 9.400.

Departemen Pertahanan AS mengatakan satelit sains itu diperkirakan akan jatuh sekitar 17 jam lebih cepat atau lebih lambat pada Minggu (8/1) malam.

Namun, Aerospace Corp. yang berbasis di California menargetkan satelit akan jatuh lebih cepat atau lebih lambat 13 jam pada Senin (9/1) pagi, di jalur yang melintasi Afrika, Asia, Timur Tengah, dan wilayah paling barat Amerika Utara dan Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diluncurkan pada 1984

Satelit Anggaran Radiasi Bumi, yang dikenal sebagai ERBS, diluncurkan pada tahun 1984 naik pesawat ulang-alik Challenger.

Meskipun masa kerja yang diharapkan adalah dua tahun, satelit itu terus melakukan pengukuran ozon dan atmosfer lainnya sampai pensiun pada 2005.

Satelit itu mempelajari bagaimana Bumi menyerap dan memancarkan energi dari matahari.

Satelit itu dilepas secara khusus oleh Challenger. Perempuan pertama Amerika di luar angkasa, Sally Ride, melepaskan satelit itu ke orbit menggunakan lengan robot pesawat ulang-alik itu.

Misi yang sama juga menampilkan spacewalk pertama oleh seorang perempuan AS: Kathryn Sullivan. Itu adalah pertama kalinya dua astronot perempuan terbang ke luar angkasa bersama.

Itu adalah penerbangan antariksa kedua dan terakhir bagi Ride, yang meninggal pada 2012.

 

3 dari 3 halaman

Pantau Langit, Ada Peristiwa Antariksa Pertama di 2023 Hujan Meteor Quadrantid

Pada kabar lain; peristiwa langit pada tahun 2023 dimulai dengan Quadrantid, salah satu dari 12 hujan meteor tahunan.

Dilansir CNN, Rabu (4/1/2023), peristiwa langit yang juga merupakan hujan meteor terkuat dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 3 dan 4 Januari malam, menurut American Meteor Society.

Penikmat langit di Belahan Bumi Utara dapat melihat hujan dengan sangat baik antara larut malam pada Selasa 2 Januari 2023 dan subuh pada Rabu 3 Januari 2023.

Namun, hujan meteor deras ini terkenal sulit diamati karena puncaknya yang singkat selama enam jam dan cuaca buruk di bulan Januari di Belahan Bumi Utara. Bulan yang cerah dan hampir purnama akan membuat Quadrantid semakin tidak terlihat tahun ini.

Moonset akan terjadi tepat sebelum fajar, memberikan jendela yang sangat kecil untuk melihat hujan di langit yang gelap.

Hujan meteor tersebut dapat dilihat 50 dan 100 meteor yang biasanya terlihat per jam, terutama di daerah pedesaan, meskipun puncaknya dapat mencakup hingga 120 meteor yang terlihat dalam satu jam.

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, Anda mungkin ingin berkendara ke tempat yang tidak dipenuhi lampu kota yang terang. Jika Anda dapat menemukan area yang tidak terpengaruh polusi cahaya, meteor dapat terlihat setiap beberapa menit dari larut malam hingga subuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini