Sukses

Pantau Langit, Ada Peristiwa Antariksa Pertama di 2023 Hujan Meteor Quadrantid

Peristiwa antariksa atau langit pertama di 2023 adalah hujan meteor Quadrantid.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa langit pada tahun 2023 dimulai dengan Quadrantid, salah satu dari 12 hujan meteor tahunan.

Dilansir CNN, Rabu (4/1/2023), peristiwa langit yang juga merupakan hujan meteor terkuat dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 3 dan 4 Januari malam, menurut American Meteor Society. 

Penikmat langit di Belahan Bumi Utara dapat melihat hujan dengan sangat baik antara larut malam pada Selasa 2 Januari 2023 dan subuh pada Rabu 3 Januari 2023.

Namun, hujan meteor deras ini terkenal sulit diamati karena puncaknya yang singkat selama enam jam dan cuaca buruk di bulan Januari di Belahan Bumi Utara. Bulan yang cerah dan hampir purnama akan membuat Quadrantid semakin tidak terlihat tahun ini.

Moonset akan terjadi tepat sebelum fajar, memberikan jendela yang sangat kecil untuk melihat hujan di langit yang gelap.

Hujan meteor tersebut dapat dilihat 50 dan 100 meteor yang biasanya terlihat per jam, terutama di daerah pedesaan, meskipun puncaknya dapat mencakup hingga 120 meteor yang terlihat dalam satu jam.

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, Anda mungkin ingin berkendara ke tempat yang tidak dipenuhi lampu kota yang terang. Jika Anda dapat menemukan area yang tidak terpengaruh polusi cahaya, meteor dapat terlihat setiap beberapa menit dari larut malam hingga subuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hujan Meteor

Jika nama hujan meteor tersebut terdengar aneh, itu mungkin karena kedengarannya tidak terkait dengan konstelasi, seperti hujan meteor lainnya. Itu karena konstelasi Quadrantid yang senama tidak ada lagi — setidaknya, bukan sebagai konstelasi yang dikenal.

Konstelasi Quadrans Muralis, pertama kali diamati dan dicatat pada tahun 1795 antara Boötes dan Draco, tidak lagi termasuk dalam daftar rasi bintang modern dari International Astronomical Union karena dianggap usang dan tidak lagi digunakan sebagai tengara navigasi langit, menurut EarthSky.

3 dari 4 halaman

Komet Lainnya

Selain hujan meteor, komet yang baru ditemukan akan segera muncul di langit malam bulan Januari.

Ditemukan pada Maret 2022, komet tersebut akan melakukan pendekatan terdekatnya dengan matahari pada 12 Januari, menurut NASA.

Komet yang terlihat oleh para astronom menggunakan Zwicky Transient Facility di Observatorium Palomar di San Diego County, California, diberi nama C/2022 E3 (ZTF) dan akan melewati Bumi terdekat pada 2 Februari.

Komet harus terlihat melalui teropong di langit pagi untuk pengamat langit di Belahan Bumi Utara selama sebagian besar bulan Januari dan mereka yang berada di Belahan Bumi Selatan pada awal Februari, menurut NASA.

4 dari 4 halaman

Bulan Purnama

Hampir setiap tahun, ada 12 bulan purnama — satu untuk setiap bulan. Namun pada tahun 2023, akan terjadi 13 bulan purnama, dengan dua kali terjadi pada bulan Agustus.

Bulan purnama kedua dalam satu bulan dikenal sebagai bulan biru, seperti ungkapan "sekali dalam bulan biru", menurut NASA.

Biasanya, bulan purnama terjadi setiap 29 hari, sedangkan sebagian besar bulan dalam kalender kita berlangsung selama 30 atau 31 hari, sehingga bulan dan fase bulan tidak selalu sejajar. Ini menghasilkan bulan biru setiap 2,5 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.