Sukses

Tim Advance Presiden Xi Jinping Tiba di Bali Jelang KTT G20, Diangkut Pesawat Air China

Pesawat yang membawa tim pendahulu Presiden China Xi Jinping tampak telah tiba di Bali, Indonesia Senin 14 November 2022 menjelang pertemuan puncak KTT G20.

Liputan6.com, Denpasar - Pesawat yang membawa tim pendahulu Presiden China Xi Jinping tampak telah tiba di Bali, Indonesia hari Senin 14 November 2022.

Hal ini tampak dari pantauan Liputan6.com di Media Center KTT G20, Nusa Dua Bali.

Pesawat Air China bergambar bendera Tiongkok itu tiba di Bali pada pukul 13.43 WITA. Meski demikian, Xi Jinping belum tiba.

Rombongan yang dibawa oleh Air China tersebut merupakan tim advance atau tim pendahulu dari pemerintah Tiongkok. Informasi yang diterima dari awak media, Xi baru akan tiba saat malam hari.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden sudah tiba di Bali pada 13 November 2022 malam dan telah melakukan pertemuan dengan Jokowi hari ini.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak mengenakan setelan jas hitam, sementara Joe Biden dengan setelah jas biru.

Dalam siaran diunggah oleh akun Sekretariat Presiden, Jokowi mengucapkan selamat datang pada Joe Biden.

"Presiden Joe Biden selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia. Saya sangat menghargai kedatangan Presiden Joe Biden KTT G20 Bali," kata Jokowi pada Senin (14/11/2022).

"Oleh karena itu saya sampaikan apresiasi atas kedatangan Anda di KTT G20."

"Saya berharap KTT G20 bisa menghasilkan kerja sama yang konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Joe Biden Tiba di Bali untuk KTT G20

Satu per satu tamu undangan perhelatan acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mulai berdatangan. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One,” ujar Sandiaga, Minggu malam di Denpasar Bali.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Presiden AS Joe Biden atas kesediaanya menghadiri KTT G20. “Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Sandiaga juga mengatakan kunjungan wisatawan dari AS beberapa waktu belakangan mengalami peningkatan. Ia pun mengungkapkan harapannya di hadapan Biden agar produk-produk ekonomi kreatif Indonesia semakin diminati, terutama produk fesyen, kuliner dan produk kerajinan tangan.

Sandiaga bercerita, sembari berjalan kaki dan disambut tarian Bali, Biden menyampakan sangat kagum terhadap tarian tersebut. "Dia sangat kagum dan dia ucapkan ‘amazing, splendid, wonderful'. Sebagai rasa terima kasih dia mengucapkan ‘thank you’ kepada para penari.

3 dari 3 halaman

Tamu Negara Mulai Berdatangan

Selain Biden, sejumlah tamu negara lainnya termasuk ketua lembaga dunia juga mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sejak pukul 18.25 WITA.

Berdasarkan pantauan Tim Komunikasi dan Media G20, beberapa tamu negara dan kepala lembaga dunia yang hadir di antaranya Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Dr. Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Sehari sebelumnya, Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, juga tiba pada Sabtu 12 November pukul 23.45 WITA.

Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik Usman Kansong mengatakan gelombang kedatangan delegasi akan terus berlangsung hingga Senin 14 November.

"Kami sudah siap untuk menyambut. Demikian juga pengamanan dan pengawalan. Indonesia berupaya menjadi tuan rumah yang baik bagi semua tamu negara yang hadir dalam KTT G20," kata Usman.

Dari pantauan pada beberapa lokasi diselenggarakannya rangkaian KTT G20, pihak keamanan yang tergabung dari unsur TNI dan Polri terus melakukan pengamanan ketat dalam menyambut tamu negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.