Sukses

Jenazah WNI Korban Penembakan di Parkiran AS Dipulangkan ke Tanah Air, Diperkirakan Tiba 13 November

Jumat 11 November 2022 malam, jenazah WNI korban penembakan di lapangan parkir sebuah pusat perbelanjaan di Westmoreland County, Pennsylvania sudah diberangkatkan dari Bandara Internasional John F. Kennedy di New York ke Indonesia.

Liputan6.com, Pennsylvania - Jumat 11 November 2022 malam, jenazah seorang warga negara Indonesia (WNI) korban penembakan di lapangan parkir sebuah pusat perbelanjaan di Westmoreland County, Pennsylvania pada akhir pekan lalu dipulangkan ke Tanah Air.

"Jenazah sudah diberangkatkan dari Bandara Internasional John F. Kennedy di New York malam ini, pukul 11 malam. Tiba di Jakarta Minggu malam 13 November," ujar Oki Yanuar, konsul di KJRI New York saat dihubungi VOA seperti dikutip Sabtu (12/11/2022).

Oki sejauh ini masih belum mengidentifikasi nama dan rincian lain terkait warga Indonesia korban penembakan ini, karena masih harus menunggu pernyataan pihak kepolisian dan izin keluarga.

Menurut Oki, pihak keluarga telah berangkat lebih dulu untuk kemudian menjemput jenazah di Jakarta. "Nanti jenazah akan disambut di Bandara Soekarno-Hatta oleh Direktorat Perlindungan WNI di Kementerian Luar Negeri,” tambahnya.

Sejumlah media lokal di Amerika memberitakan insiden penembakan di lapangan parkir pusat perbelanjaan Lowe’s di Rostraver Square, Westmoreland County, Pennsylvania pada Sabtu 5 November. Rostraver Square adalah suatu kawasan yang sibuk di mana terdapat beberapa pusat perbelanjaan besar, restoran, hotel dan toko-toko eceran.

Insiden penembakan di AS ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 19.20 waktu setempat.

Kepala Kepolisian Westmoreland County John Christner, sebagaimana dikutip dari media lokal mengatakan, “pada saat ini saya tidak ingin menyampaikan terlalu banyak komentar tentang penyelidikan ini karena kami baru mendapat sedikit informasi.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Satu Tersangka Ditangkap

Namun, kantor jaksa Westmoreland County mengatakan satu orang tersangka telah ditangkap pada Minggu 6 November malam, dan hingga saat ini ditahan di Lapas Westmoreland County di Hempfield. Identitas tersangka belum dirilis. "Penyelidikan menunjukkan ini merupakan serangan terisolasi, yang menarget korban," demikian petikan pernyataan kantor jaksa itu.

Oki Yanuar di KJRI New York membenarkan hal itu. "Sesuai keterangan pihak Kepolisian Westmoreland County, memang benar insiden ini bersifat 'targeted' dan 'isolated'," ujarnya.

Asisten Pertama Jaksa Wilayah Chuck Washburn mengatakan kepada media-media lokal di Pennsylvania bahwa dirinya tidak bisa mengatakan apakah tersangka telah didakwa atas tuduhan yang diajukan. Yang pasti "kami melakukan penangkapan terkait pembunuhan itu," tegas Washburn.

3 dari 4 halaman

WNI Jadi Korban Tewas Penembakan di Parkiran Mobil Westmoreland AS, Ini Kronologinya

4 dari 4 halaman

WNI Lain Tewas Ditembak pada Oktober Lalu

Insiden penembakan WNI ini hanya berselang satu bulan dari insiden penembakan salah sasaran di San Antonio, Texas, yang menewaskan seorang WNI lain bernama Novita Kurnia Putri pada 4 Oktober lalu.

Menurut pemberitaan media lokal setempat yang mengutip pernyataan Sherrif Bexar County, Javier Salazar, Novita sedang berada di dalam rumah – yang sebagian disewakan menjadi AirBnB – dan menjadi salah satu dari sasaran penembakan. Novita sempat dilarikan ke rumah sakit tetapi nyawanya tak tertolong. Suaminya, Robert A. Brazil, yang berada di lantai dua selamat.

Jenazah Novita telah dipulangkan pihak KJRI Houston ke Semarang, Jawa Tengah, pertengahan Oktober lalu.

CBS melaporkan bahwa penembakan terjadi pekan lalu di depan toko Lowe's Home Improvement yang berlokasi di pusat belanja Rostraver Square.

Kepolisian menjelaskan bahwa yang terjadi adalah serangan bertarget, sehingga bukan penembakan massal. Satu orang disebut sudah ditahan. 

Kementerian Luar Negeri RI telah membenarkan bahwa korban adalah seorang WNI laki-laki, namun enggan mengungkap identitasnya.

"Pada tanggal 6 November 2022 pukul 19.20 waktu setempat, telah terjadi penembakan di tempat parkir sebuah tempat perbelanjaan di Westmoreland Country, Pittsburg yang menewaskan seorang WNI dengan inisial BB," ujar juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com, Kamis (10/11/2022).

Lebih lanjut, Faiza berkata kasus penembakan ini masih diproses kepolisian setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.