Sukses

Profil Singkat 16 Kepribadian MBTI: Analis, Diplomat, Pelindung, dan Penjelajah

Liputan6.com, Jakarta - Myers Briggs Type Indicator (MBTI) adalah sebuah sistem di mana orang diurutkan ke dalam 16 kategori berdasarkan kepribadian mereka.

Mengutip laman ScotScoop, Senin (03/10) pengujian ini dilakukan melalui online dengan suatu metode tertentu untuk memutuskan apakah orang tersebut introvert atau ekstrovert, merasakan atau intuitif, dan menilai atau mempersepsikan.

Mempelajari tentang tipe MBTI membantu orang memahami lebih banyak tentang diri mereka sendiri serta tipe-tipe orang lain.

MBTI adalah sistem yang dikembangkan pasangan ibu-anak Isabel Myers dan Katharine Briggs. Mereka berdua terinspirasi dari tulisan psikiater Carl Jung tentang kepribadian dan fungsi kognitif. 

Banyak tes online terkait MBTI, namun belum tentu semuanya adalah MBTI. Misal, situs 16Personalities.com sebetulnya bukan MBTI, meski memakai istilah-istilah MBTI.

Tak jarang ada orang yang tipe MBTI-nya "berubah" atau salah karena tes online. Hal ini sering terlihat dari idola K-Pop yang suka mengambil tes MBTI online.

Untuk mengetahui tipe MBTI, seseorang bisa membaca teori-teori MBTI agar mengetahui tipe mana yang sebenarnya paling cocok dengan kepribadian mereka, sehingga bisa mengetahui potensi dan kelemahan masing-masing. 

Di antara 16 tipe MBTI, ada juga yang mengklasifikasi para kepribadian itu menjadi empat tipe, yakni Analis, Diplomat, Pelindung, dan Penjelajah. Berikut profil singkatnya:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Analis

INTJ

INTJ dikenal sebagai Arsitek. Mereka secara alami ingin tahu dan senang meneliti dan menganalisis subjek apa pun yang menarik.

Meskipun sangat independen, INTJ mungkin tidak peduli dengan aspek emosi karena takut hal itu akan mempengaruhi penilaian mereka.

INTP

MBTI ini adalah mereka ahli logika dikenal objektif, orisinil, dan berpikiran terbuka.

INTP menghargai kebenaran dan merupakan penyaring alami dari berita palsu dan salah tafsir. Namun, INTP juga dikenal perfeksionis yang sering merasa tidak puas.

ENTJ

Orang-orang ini juga disebut sebagai Komandan. ENTJ berhasil dalam peran kepemimpinan karena mereka efisien, berpikiran panjang, dan berkemauan keras.

Karena kebutuhan mereka untuk menjaga segala sesuatunya agar tetap teratur, ENTJ mungkin keras kepala atau terlihat arogan.

ENTP

Pendebat cerdas, energik, dan menghargai inspirasi baru. Orang-orang ini memiliki pengetahuan yang luas dan merupakan pemikir strategis.

Namun, seperti yang tersirat dari namanya, ENTP sering kali sangat argumentatif terhadap berbagai isu.

3 dari 5 halaman

Diplomat

INFJ

INFJ adalah salah satu tipe MBTI yang paling langka. Mereka dikenal berwawasan luas, lembut, dan memiliki keyakinan pribadi yang kuat.

Karena INFJ lebih suka menjaga diri mereka sendiri, mereka mungkin merasa sulit untuk membuka diri kepada orang lain.

INFP

INFP dikenal sebagai Mediator, mereka adalah orang-orang yang berempati tinggi. Mereka juga kreatif dan sering memiliki mimpi besar.

INFP secara alami emosional dan mungkin menjadi terlalu fokus untuk membahagiakan orang-orang di sekitar mereka.

ENFJ

MTBI ini sering dipandang sebagai orang yang dapat diandalkan dengan keterampilan orang yang hebat.

ENFJ karismatik dan ingin membuat dampak positif pada komunitas mereka. Namun, ENFJ mungkin menghadapi ekspektasi yang tidak realistis dari waktu ke waktu.

ENFP

ENFP, yang juga dikenal sebagai Juru Kampanye, adalah orang yang antusias yang sering membuat orang lain tersenyum.

Mereka adalah orang yang tulus yang menemukan kebaikan dalam diri setiap orang.

Karena banyak ENFP membuat kesan yang kuat, mereka mungkin terlihat terlalu optimis bagi orang-orang yang introvert.

4 dari 5 halaman

Penjaga

ISTJ

ISTJ juga dikenal sebagai seorang Logistik. Mereka dikenal bertanggung jawab, realistis, dan terampil dalam berbagai bakat.

Sementara ISTJ sangat praktis, mereka juga bisa mengikuti aturan terlalu ketat dan cukup keras kepala.

ISFJ

ISFJ adalah orang yang sangat dapat diandalkan. Mereka secara alami jeli dan menggunakan keterampilan sosial mereka untuk membantu orang lain.

ISFJ mungkin terlihat malu-malu pada awalnya dan sering tidak bersemangat terhadap pekerjaan.

ESTJ

ESTJ senang ketika semuanya teratur dan lihai dalam pengorganisasian. Mereka berdedikasi pada pekerjaan mereka, alhasil para ESTJ bisa disebut pemimpin alami.

Para ESTJ sering enggan untuk bersantai dan mungkin mengalami kesulitan mengkomunikasikan emosi mereka.

ESFJ

ESFJ adalah orang yang loyal yang mudah menjalin hubungan dengan kelompok. ESFJ adalah orang yang sangat peduli dengan kepribadian yang sensitif.

Namun, ESFJ sering terlalu sensitif terhadap kritik dan mungkin terlalu mengutamakan orang lain daripada diri mereka sendiri.

5 dari 5 halaman

Penjelajah

ISTP

ISTP juga dikenal sebagai orang yang sangat energik yang spontan, namun mereka juga sosok yang logis dan bisa bereaksi dengan baik dalam situasi darurat.

ISTP sering kali mudah bosan sebab lebih menikmati cara hidup yang penuh petualangan. Mereka juga tidak mudah untuk membuka diri secara emosional.

ISFP

ISFP adalah orang yang menghargai seni dan kreativitas. Mereka membawa imajinasi yang besar dan bergairah tentang pekerjaan mereka.

ISFP mudah stres, karena mereka suka menyimpan masalah mereka untuk diri mereka sendiri karena mereka adalah orang yang mandiri.

ESTP

ESTP berani dan suka membuat pernyataan. Mereka disebut Pengusaha, dan mereka menikmati pengalaman secara langsung saat mereka bebas mengambil risiko.

MBTI ini juga tidak sabar dan mungkin terlalu fokus pada preferensi mereka sendiri dibanding memikirkan orang lain.

ESFP

ESFP adalah orang yang jeli dan hebat dalam berinteraksi dengan orang lain. Mereka juga memiliki keterampilan sosial alami, serta paham cara menghindari konflik.

ESFP mungkin lebih berperasaan ketimbang ESFP, meski sama-sama aktif. Kekurangannya, mereka bisa gampang bosan dan terdistraksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.