Sukses

Deretan Rumah Mewah Terbengkalai Ini Dulunya Milik Artis Hollywood, Salah Satunya Punya Michel Jackson

Berikut ini enam rumah selebritas yang ditinggalkan dan terbengkalai.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah selebritas menggemparkan pasar hunian dengan nama-nama besar dan label harga yang lebih tinggi lagi.

Begitu rumah milik selebritas memasuki pasar, biasanya rumah itu terjual dengan cepat. Namun, ada pengecualian. Terkadang, rumah mewah dengan pemilik terkenal ini tidak pernah terjual.

Entah itu karena tragedi, kematian, atau kontroversi, beberapa rumah ditinggalkan begitu saja.

Dan jika sebuah rumah selebritas dijual, tidak ada jaminan pemilik berikutnya akan mempertahankannya dalam semua kejayaannya.

Dikutip dari laman Insider, Selasa (30/8/2022), berikut adalah enam rumah selebritas, beberapa di antaranya artis Hollywood, yang ditinggalkan dan terbengkalai:

Rumah Mewah Milik P. Diddy

Sebuah akun Instagram @bigexplorez yang didedikasikan untuk mengkurasi Broken America - memposting sebuah video berjudul "Rumah Terbengkalai Milik Penyanyi Rap Superstar.". Video itu kemudian diposting ulang oleh akun Complex dan dengan cepat menjadi viral, sehingga memicu perdebatan tentang di mana rumah besar itu berada.

Selama bertahun-tahun, penjelajah kota telah memperdebatkan di mana lokasi rumah besar P. Diddy. Sementara @bigexplorez menulis, "Jika Anda tahu di mana ini jangan menjelajahinya. Trail camera di mana-mana dan polisi cukup baik untuk tidak menjebloskan kami ke penjara," pengguna Reddit telah menyebarkan gagasan bahwa rumah besar itu terletak di suatu tempat di Georgia.

@bigexplorez mengatakan kepada Insider, "Rumah itu dibeli oleh Diddy pada tahun 2003 dan dia menjualnya kepada pengembang pada tahun 2007 dan mereka memiliki rencana untuk menghancurkan rumah itu lalu membangun 11 unit rumah di atas tanah itu, tetapi pemerintah kota itu tidak mengizinkan mereka. Rumah ini memiliki 7 kamar tidur dan 13 kamar mandi yang saya percaya termasuk kolam renang di dalamnya. Memiliki garasi 5 mobil dengan apartemen di atasnya serta lapangan tenis. Sekarang rumah itu milik pribadi yang dibeli pada tahun 2020 dengan harapan dapat direnovasi."

Rumah Besar Milik Gitaris Pink Floyd, David Gilmour

Hook End Manor berdiri di atas tanah seluas 25 hektar di Oxfordshire Selatan, Inggris. Rumah itu pernah dijual kepada Alvin Lee dari band Ten Years After pada tahun 1972, di mana dia membangun studio rekaman yang luas di dalam rumah dengan 11 kamar tidur itu.

Ruang studio menjadikannya rumah yang sempurna untuk gitaris Pink Floyd, David Gilmour, yang membeli rumah tersebut pada tahun 1980.

Properti ini memiliki segalanya, mulai dari yang diharapkan hingga yang unik, termasuk studio rekaman yang digunakan oleh Rod Stewart dan Tom Jones hingga batu nisan yang diduga ada di ruang bawah tanah, menurut Consequence of Sound.

Gilmour menjual rumah itu ke West Side Productions dan diambil alih oleh produser rekaman Trevor Horn pada tahun 90-an.

Horn memasarkan rumah itu setelah istrinya secara tidak sengaja ditembak oleh putra mereka dengan senapan angin di rumah itu. Dia selamat tetapi menghabiskan lebih dari tiga tahun dalam keadaan koma dan mengalami kerusakan otak, membuatnya tidak dapat bergerak atau berbicara. Dia meninggal pada tahun 2014 karena kanker.

Pada tahun 2009, produser Mark White dilaporkan membeli rumah itu seharga $15 juta atau setara dengan Rp 222 milyar, tetapi rumah itu tidak pernah direnovasi atau bahkan ditinggali, seperti yang didokumentasikan oleh banyak orang yang memotret kamar tidur yang kosong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Neverland Ranch Milik Michael Jackson

Mendekam di pasar selama bertahun-tahun akhirnya lahan ini terjual seharga $22 juta atau setara dengan Rp 326 miliar pada tahun 2020.

Hewan-hewan kebun binatang, mobil bumper, dua rel kereta api yang terpisah, dan lebih banyak lagi mengisi taman hiburan yang merupakan bekas Neverland Ranch.

Michael Jackson dilaporkan membeli properti seluas 2.700 hektar di California pada tahun 1987 seharga $19,5 juta dolara tau setara dengan Rp 290 miliar. Dia selalu membuat hiburan dan mengadakan pesta-pesta mewah ketika tinggal di peternakan yang mirip Disney ini - dia bahkan mengadakan pesta untuk ulang tahun Kim Kardashian yang ke-14.

Semua itu berakhir ketika Jackson menghadapi tuduhan pelecehan seksual anak dan polisi menggerebek properti tersebut pada tahun 2003. Dia dilaporkan terguncang oleh penggerebekan itu dan kemudian dibebaskan dari tuduhan pelecehan anak pada tahun 2005.

Beberapa orang berspekulasi bahwa pertarungannya di pengadilan berdampak pada keuangannya, yang menyebabkan ancaman penjualan penyitaan di peternakan Neverland pada tahun 2008. Jackson akhirnya menjualnya ke Colony Capital seharga $22,5 juta atau setara dengan Rp 335 miliar pada tahun 2009.

Rumah itu mengalami renovasi dan rebranding senilai jutaan dolar. Properti yang dijuluki Sycamore Valley Ranch ini dipasarkan pada tahun 2015 dengan harga $100 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun setelah kematian Jackson pada tahun 2009. Kemudian didiskon menjadi $67 juta setara dengan Rp 995 miliar dua tahun kemudian lalu didaftarkan kembali seharga $31 juta setara dengan Rp 460 miliar pada tahun 2019.

Akhirnya, pada Desember 2020, muncul laporan bahwa rumah itu telah terjual setelah bertahun-tahun tidak ada yang tinggal di sana - Pittsburgh Penguins pemilik Ron Burkle, mitra pengelola perusahaan investasi swasta The Yucaipa Companies, adalah pemilik baru. Dia membayar $22 juta setara dengan Rp 326 miliar untuk perkebunan itu, kurang dari seperempat dari harga permintaan awal.

3 dari 4 halaman

Rumah Mewah Milik Keluarga Minnelli

Menurut Curbed Los Angeles, rumah besar ini dibangun pada tahun 1925 dan direnovasi oleh arsitek John Elgin Woolf sebelum dibeli oleh sutradara Vincente Minnelli.

Sang sutradara meninggal pada tahun 1986 dan meninggalkan dua kalimat tentang rumah tersebut dalam surat wasiatnya - istrinya Lee Minnelli diizinkan untuk memiliki akses tak terbatas seumur hidup ke rumah tersebut, tetapi putrinya, aktris Liza Minnelli, bertanggung jawab atas tanah tersebut.

Liza memutuskan untuk menjual rumah di Beverly Hills ini pada tahun 2000 dan dilaporkan menawarkan untuk membelikan ibu tirinya yang berusia 94 tahun sebuah apartemen.

Ketika rumah itu dijual pada tahun 2002, Lee menolak untuk pindah. Pada gilirannya, Liza berhenti membayar tagihan listrik dan staf - yang terus bekerja secara gratis, menurut Los Angeles Times.

Lee mengajukan gugatan terhadap Liza, menuduhnya melakukan pelanggaran kontrak, pelecehan orang tua, dan menimbulkan tekanan emosional. Dia juga menginginkan $ 1 juta setara dengan Rp 14 milyar atas namanya dari penjualan rumah untuk mengamankan dirinya di rumah baru.

Gugatan itu dibatalkan pada tahun 2002 dan Liza membuat kesepakatan dengan pembeli baru, dan membayar sewa kepada mereka sehingga Lee bisa tinggal di rumah itu sampai kematiannya.

Rumah itu ditutup escrow pada tahun 2006 - pemilik baru dilaporkan membayar $ 2,3 juta setara dengan Rp 34 milyar.

Lee meninggal pada tahun 2009, dan pemilik baru dilaporkan memperdebatkan untuk merenovasi rumah atau menghancurkannya, tetapi keputusan tampaknya tidak pernah dibuat karena rumah itu masih berdiri terbengkalai.

4 dari 4 halaman

Rumah Bruce Lee di Hong Kong Akan Dijadikan Sekolah

Ketika Bruce Lee meninggal pada tahun 1973 di usia 32 tahun, rumahnya di Hong Kong dengan cepat dibeli. Filantropis Tiongkok Yu Pang-lin membeli properti tersebut pada tahun 1974 dan mengubahnya menjadi "hotel cinta" di mana kamar-kamar dapat disewa per jam.

Pang-lin kemudian mengatakan bahwa dia berencana menjual properti tersebut untuk mengumpulkan dana bagi para korban gempa bumi Sichuan tahun 2008, menurut The South China Morning Post, penggemar Lee malah mendesaknya agar melestarikannya untuk menghormati Lee dan rencana untuk menjualnya ditunda.

Dia kemudian ingin mengubahnya menjadi museum, tetapi pemerintah menolak rencananya. Ketika Pang-lin meninggal pada tahun 2015, dia meninggalkan rumah besar dan seluruh hartanya untuk amal, menurut South China Morning Post.

Surat kabar tersebut kemudian melaporkan bahwa rumah besar itu akan diubah menjadi pusat studi Tiongkok. Sayangnya, rumah itu menghadapi masalah struktural dan pemeliharaannya hampir mustahil. Hanya empat bingkai jendela dan struktur mosaik warna-warni yang dibuat oleh Lee yang akan dipertahankan, dan sisanya akan dihancurkan dan dibangun kembali.

Rumah Besar Milik Mike Tyson 

Kurang dari 50 mil di tenggara Cleveland, Ohio, terdapat sebuah rumah besar yang ditinggalkan seluas 25.000 kaki persegi. Sebelum masuk penjara karena tuduhan pemerkosaan pada tahun 1992, Mike Tyson tinggal di rumah mewah yang hanya 20 mil jauhnya dari tempat dia biasa berlatih.

Rumah itu memiliki ruangan seluas 10.000 kaki persegi dengan kolam renang dalam ruangan, tangga spiral besi tempa, langit-langit dan dinding yang ditutupi uang, dan kandang untuk empat harimaunya, menurut Daily Mail.

Tyson kembali ke rumah tersebut setelah tiga tahun mendekam di penjara sebelum menjual rumah tersebut pada tahun 1999 seharga $ 1,3 juta atau setara dengan Rp 19 milyar kepada Paul Monea, seorang pengusaha yang terkenal dengan video latihan Tae-Bo.

Monea dijatuhi hukuman penjara pada tahun 2008 atas tuduhan konspirasi dan pencucian uang, dan rumah itu tidak dihuni sampai tahun 2010.

Rumah itu kemudian dijual seharga $600 ribu setara dengan Rp 8 milyar dan disumbangkan ke The Living Word Sanctuary Church. Rumah itu dibiarkan tidak tersentuh selama lebih dari satu dekade, benar-benar ditumbuhi tanaman, sebelum menjalani renovasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.