Sukses

50.000 Keping Perhiasan Senilai Rp 5,2 Trilliun Pecahkan Rekor Dunia

Rekor dunia mencatat kepingan emas terbanyak di dunia sebanyak 50.000 keping. Berikut ini ulasan pencapaiannya.

Liputan6.com, Abu Dhabi Salem Al Shuaibi Jewellery (UEA) pernah mencuri perhatian publik karena mereka menampilkan perhiasan yang memecahkan rekor di Uni Emirat Arab dan juga dunia.

Mereka memecahkan rekor the largest display of jewellery (pemajangan perhiasan terbesar yang pernah ada). Terdiri dari 50.000 item yang dipajang di Sharjah Expo Centre, Sharjah, UEA.

Dikutip dari Guinness World Record, Jumat (2/9/2022), koleksi pajangan yang tampil di 48th Middle East Watch and Jewellery Exhibition itu bernilai 1,3 miliar Dhs atau setara dengan Rp 5,2 triliun.

Salem Al Shuaibi Jewellery merupakan perusahaan yang didirikan di Abu Dhabi, ibu kota UEA pada tahun 1974.

Perusahaan ini memproduksi dan memperdagangkan berbagai macam perhiasan serta berlian dan jam tangan mewah, yang memang digandrungi oleh kaum kelas atas.

Acara pameran perhiasan tersebut juga sangat ramai dan meriah karena dihadiri banyak pengunjung dari berbagai latar belakang dan kebangsaan.

"Dengan tekad, organisasi dan manajemen dengan kerjasama yang berkesinambungan, pengawasan dan kekompakan seluruh kader perusahaan. Prestasi yang membanggakan ini dapat kami raih. Keunggulan adalah gelar bagi kami," ucap Al Shueibi, pendiri Perhiasan Salem Al Shuaibi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latar Belakang

"Kami meluncurkan slogan 50-50-50 pada bulan Juni (2021) karena angka-angka itu dijelaskan dengan kata-kata dan tindakan," Al Shueibi menjelaskan.

"50 tahun UEA berdiri, pencapaian dan ketekunan dengan kepemimpinan dan pikiran cerdas kami. 50 tahun warisan yang dibuat oleh Yayasan Salem Al Shueibi untuk perhiasan dan 50 ribu keping perhiasan dikumpulkan di satu tempat untuk meraih gelar Guinness World," ungkapnya.

Angka 50 dan terpilihnya 50.000 keping perhiasan emas adalah suatu tekat dan representasi dari perusahaan, yang pada akhirnya mendapatkan pengakuan oleh dunia.

3 dari 4 halaman

Mendapatkan Dua Catatan Rekor Sekaligus

Pameran perhiasan terbesar terdiri dari 50.000 item yang diraih oleh Salem Al Shuaibi Jewellery (UEA), di Sharjah Expo Centre, Sharjah, UEA tercatat pada 4 Oktober 2021.

Selain mendapatkan rekor kepingan perhiasan terbanyak yang pernah ada dalam sejarah, pameran perhiasan emas oleh Salem Al Shuaibi Jewellery (UEA), yang dilakukan di Sharjah Expo Centre, Sharjah, UEA pada 4 Oktober 2021 ini mendapatkan rekor pameran perhiasan terbesar yang pernah ada.

Pameran berlangsung di 48th Middle East Watch and Jewellery Exhibition, dengan ukuran tempat pamer 1.400 meter persegi.

4 dari 4 halaman

Catatan Rekor Dunia Emas Lainnya

Beberapa rekor dunia terkait emas pernah tercatat sebelumnya.

Seperti catatan kaus emas termahal dengan harga: 9.835.099 rupee India atau senilai dengan Rp 1,8 miliar. Itu dibeli oleh milliader asal India  Pankaj Subhash Parakh.

Atau sebuah bak mandi emas terbesar di Jepang sebesar 154,2 kg, di mana rekor ini dicapai oleh Huis Ten Bosch Co., Ltd. (Jepang).

Terdapat juga cincin emas terbesar di China dengan berat sebesar 82,2 kg yang dibuat oleh Mokingran Jewelry Group Co., Ltd. Cincin besar itu dibuat dengan emas 24 karat ini memiliki diameter 79,28 cm atau sebesar 31,2 inci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.