Sukses

Sinkhole Besar di Texas Telan Satu Mobil, Beruntung Penumpang Bisa Selamat

Liputan6.com, Texas - Sebuah sinkhole atau lubang pembuangan besar tercipta di sebuah ruas jalan di El Paso, Texas pada Rabu 10 Agustus 2022. Lubang itu menelan sebuah mobil.

Para pejabat mengatakan saluran air yang pecah memuntahkan air dan menyebabkan sebagian jalan itu amblas pada Selasa 9 Agustus malam.

Mengutip VOA Indonesia, Kamis (11/8/2022), seorang wanita diselamatkan dari mobil itu sebelum tenggelam dalam air di sinkhole Texas tersebut.

Video dari stasiun TV KVIA menunjukkan mobil yang hancur itu berada di dasar lubang. Dengan menggunakan alat berat, pekerja menarik mobil itu keluar dari lubang pada Rabu.

Sebelumnya dilaporkan sinkhole misterius tercipta akhir pekan lalu di area pertambangan di Tierra Amarilla, Chile.

Wali kota Tierra Amarilla Cristobal Zuniga mengatakan kepada media lokal bahwa lubang pembuangan adalah konsekuensi dari kegiatan ekstraktif yang tidak disadari dan tidak terukur yang dilakukan di daerah tersebut.

Perusahaan tambang Kanada Lundin Mining yang beroperasi di kawasan itu belum menanggapi permintaan komentar.

Pihak berwenang di Chile kemudian mulai menyelidiki sebuah lubang misterius berdiameter sekitar 25 meter dan sedalam 200 meter itu pada Senin 1 Agustus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sinkhole Sedalam 13 Meter Sedot 2 Orang di Kolam Renang, Salah Satunya Meninggal

Seorang pria tersedot sampai mati ketika sinkhole terbuka di bawah kolam renang tempat dia berada di sebuah pesta rumah di Israel. 

Mengutip BBC, Jumat (22/7/2022), insiden itu terjadi di kolam renang sebuah vila yang menjadi tuan rumah acara perusahaan di pusat kota Karmi Yosef, 40 km tenggara Tel Aviv, Israel.

Korban telah diidentifikasi sebagai karyawan perusahaan berusia 32 tahun.

Sepasang suami istri berusia 60-an yang memiliki properti itu ditangkap karena dicurigai menyebabkan kematian karena kelalaian.

Rekaman ponsel dari insiden tersebut menunjukkan orang-orang dengan kostum renang di dalam dan di sekitar kolam yang hampir kosong menyaksikan dengan kaget saat air mengalir ke lubang besar, membawa serta benda-benda tiup di dalamnya.

Seorang pria yang mendekat untuk melihat tergelincir ke belakang, tetapi berhasil bangkit, nyaris tertarik ke dalam sinkhole.

Terdengar suara tidak percaya di luar kamera yang kemudian berseru, "Apa?" dalam bahasa Ibrani. 

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Lubang Raksasa Ditemukan di China, Ada Hutan Rimba dan Dihuni Makhluk Misterius

Sementara itu sebuah tim ilmuwan China menemukan lubang raksasa atau sinkhole baru dengan hutan berada di dasarnya. Lubang misterius itu memiliki kedalaman 630 kaki (192 meter), menurut kantor berita Xinhua.

Dilansir Live Science, Selasa (7/6/2022), sebuah tim speleologist menyelidiki lubang tersebut pada Jumat 6 Mei dan menemukan bahwa ada tiga pintu masuk gua di jurang, serta pohon-pohon kuno setinggi 131 kaki (40 m), merentangkan cabang-cabangnya ke arah sinar matahari yang menyaring di pintu masuk lubang pembuangan. 

"Ini adalah berita menakjubkan," kata George Veni, direktur eksekutif National Cave and Karst Research Institute (NCKRI) di AS, dan pakar gua internasional. Veni tidak terlibat dalam penjelajahan gua, tetapi organisasi yang dulunya adalah Institut Geologi Karst dari Survei Geologi China, adalah lembaga saudara NCKRI. 

Penemuan sinkhole ini tidak mengejutkan, kata Veni kepada Live Science, karena China selatan adalah rumah bagi topografi karst, lanskap yang rentan terhadap lubang pembuangan yang dramatis dan gua-gua dunia lain.

Bentang alam karst terbentuk terutama oleh pembubaran batuan dasar, kata Veni. Air hujan, yang sedikit asam, mengambil karbon dioksida saat mengalir melalui tanah, menjadi lebih asam. Kemudian menetes, mengalir deras dan mengalir melalui celah-celah di batuan dasar, perlahan-lahan melebarkannya menjadi terowongan dan rongga. Seiring waktu, jika ruang gua menjadi cukup besar, langit-langit secara bertahap dapat runtuh, membuka lubang besar.

Selengkapnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Sinkhole Raksasa Ditemukan di Guangxi China, Kedalamannya 192 Meter

Sebuah lubang runtuhan atau sinkhole karst raksasa ditemukan di wilayah Leye, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan. Temuan tersebut menjadikan total jumlah sinkhole semacam itu di Leye sebanyak 30.

Zhang Yuanhai, seorang insinyur senior di Institute of Karst Geology of China Geological Survey, mengatakan bahwa sinkhole yang terletak di dekat Desa Ping'e di daerah Luoxi tersebut memiliki panjang 306 meter, lebar 150 meter, dan kedalaman 192 meter. Volume sinkhole ini mencapai lebih dari 5 juta meter kubik dan dapat dikategorikan sebagai sinkhole berukuran besar.

Zhang mengatakan terdapat tiga gua besar di dinding sinkhole tersebut, yang diperkirakan merupakan sisa-sisa evolusi awal dari sinkhole itu, seperti dikutip dari Xinhua, Senin (9/5/2022). Sementara itu, di dasar sinkhole tersebut terdapat hutan primitif yang masih asri.

Chen Lixin, pemimpin tim ekspedisi gua Guangxi 702, mengatakan bahwa pohon-pohon kuno yang tumbuh di dasar sinkhole tersebut memiliki tinggi hampir 40 meter, dan terdapat pula tetumbuhan peneduh yang lebat dengan tinggi hingga sebahu.

Ekspedisi tersebut rampung pada Jumat 6 Mei, setelah anggota tim meluncur turun dengan tali hingga lebih dari 100 meter dan berjalan kaki beberapa jam untuk mencapai dasar lubang. Mereka kembali ke atas dengan selamat pada Jumat malam waktu setempat.

Sinkhole raksasa, yang juga dikenal sebagai Tiankeng (lubang surgawi) dalam bahasa Mandarin, merupakan dolin atau lubang raksasa dengan karakteristik geologis unik yang ditemukan di kawasan karst, terbentuk melalui fenomena keruntuhan yang terjadi beberapa kali. Sinkhole terutama banyak ditemukan di China, Meksiko, dan Papua Nugini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS