Sukses

Sinkhole Sedalam 13 Meter Sedot 2 Orang di Kolam Renang, Salah Satunya Meninggal

Rekaman ponsel menunjukkan air kolam renang mengalir ke sinkhole, lubang besar, membawa serta benda-benda tiup di dalamnya.

Liputan6.com, Tel Aviv - Seorang pria tersedot sampai mati ketika sinkhole terbuka di bawah kolam renang tempat dia berada di sebuah pesta rumah di Israel. 

Mengutip BBC, Jumat (22/7/2022), insiden itu terjadi di kolam renang sebuah vila yang menjadi tuan rumah acara perusahaan di pusat kota Karmi Yosef, 40 km tenggara Tel Aviv, Israel.

Korban telah diidentifikasi sebagai karyawan perusahaan berusia 32 tahun.

Sepasang suami istri berusia 60-an yang memiliki properti itu ditangkap karena dicurigai menyebabkan kematian karena kelalaian.

Rekaman ponsel dari insiden tersebut menunjukkan orang-orang dengan kostum renang di dalam dan di sekitar kolam yang hampir kosong menyaksikan dengan kaget saat air mengalir ke lubang besar, membawa serta benda-benda tiup di dalamnya.

Seorang pria yang mendekat untuk melihat tergelincir ke belakang, tetapi berhasil bangkit, nyaris tertarik ke dalam sinkhole.

Terdengar suara tidak percaya di luar kamera yang kemudian berseru, "Apa?" dalam bahasa Ibrani. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tersedot Lubang Sedalam 13 Meter

Laporan media mengatakan korban, Klil Kimhi, jatuh ke dalam lubang sedalam 13 meter. Mereka mengatakan tim penyelamat butuh empat jam untuk mencapainya.

Orang kedua juga jatuh ke dalam lubang, tetapi berhasil memanjat keluar dan menderita luka ringan.

Salah satu pengunjung pesta mengatakan kepada Channel 12 News Israel bahwa ada sekitar 50 orang di pertemuan itu, sementara yang lain mengatakan hanya ada sekitar enam orang di kolam ketika sinkhole muncul, media Israel melaporkan.

"Ketinggian air tiba-tiba mulai surut dan sebuah lubang terbuka, menciptakan pusaran yang menyapu dua orang di dalamnya," kata wanita yang tidak disebutkan namanya itu kepada Channel 12 News.

The Times of Israel mengutip media lokal yang mengatakan pemilik rumah telah membangun kolam tanpa izin perencanaan di lokasi tersebut, yang diketahui memiliki masalah infrastruktur.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sinkhole Raksasa Ditemukan di Guangxi China, Kedalamannya 192 Meter

Sebuah lubang runtuhan atau sinkhole karst raksasa ditemukan di wilayah Leye, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan. Temuan tersebut menjadikan total jumlah sinkhole semacam itu di Leye sebanyak 30.

Zhang Yuanhai, seorang insinyur senior di Institute of Karst Geology of China Geological Survey, mengatakan bahwa sinkhole yang terletak di dekat Desa Ping'e di daerah Luoxi tersebut memiliki panjang 306 meter, lebar 150 meter, dan kedalaman 192 meter. Volume sinkhole ini mencapai lebih dari 5 juta meter kubik dan dapat dikategorikan sebagai sinkhole berukuran besar.

 Zhang mengatakan terdapat tiga gua besar di dinding sinkhole tersebut, yang diperkirakan merupakan sisa-sisa evolusi awal dari sinkhole itu, seperti dikutip dari Xinhua, Senin (9/5/2022). Sementara itu, di dasar sinkhole tersebut terdapat hutan primitif yang masih asri.

Chen Lixin, pemimpin tim ekspedisi gua Guangxi 702, mengatakan bahwa pohon-pohon kuno yang tumbuh di dasar sinkhole tersebut memiliki tinggi hampir 40 meter, dan terdapat pula tetumbuhan peneduh yang lebat dengan tinggi hingga sebahu.

Ekspedisi tersebut rampung pada Jumat 6 Mei, setelah anggota tim meluncur turun dengan tali hingga lebih dari 100 meter dan berjalan kaki beberapa jam untuk mencapai dasar lubang. Mereka kembali ke atas dengan selamat pada Jumat malam waktu setempat.

Sinkhole raksasa, yang juga dikenal sebagai Tiankeng (lubang surgawi) dalam bahasa Mandarin, merupakan dolin atau lubang raksasa dengan karakteristik geologis unik yang ditemukan di kawasan karst, terbentuk melalui fenomena keruntuhan yang terjadi beberapa kali. Sinkhole terutama banyak ditemukan di China, Meksiko, dan Papua Nugini.

4 dari 4 halaman

Ratusan Lubang Raksasa Misterius Bermunculan di Turki, Ada Apa?

Ratusan sinkhole telah dilaporkan di Provinsi Konya yang berfokus pada pertanian di Turki sejak awal tahun ini. Angka tersebut hampir dua kali lipat jumlah yang terdaftar tahun lalu.

Dikutip dari Oddity Central, Selasa (27/4/2021), manusia merupakan alasan mengapa sinkhole ini tetap bermunculan.

Provinsi Konya, yang terletak di Daratan Konya adalah wilayah yang dikenal sebagai keranjang roti Turki karena lautan gandum yang luas.

Walau Konya tetap menjadi pusat pertanian utama negara, kekeringan terus-menerus yang melanda para petani di daerah ini telah menyebabkan masalah yang tidak terduga yang semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.