Sukses

Lawatan ke Jepang hingga China, Presiden Jokowi Rencana Temui Xi Jinping hingga PM Li Keqiang

Presiden Indonesia Joko Widodo diperkirakan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri China Li Keqiang pada 26 Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Indonesia Joko Widodo meninggalkan Jakarta pada Senin (25 Juli) menuju Beijing, China, di mana ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Xi Jinping pada hari Selasa.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (26/7/2022), ia juga akan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri China Li Keqiang.

Selain China, Jokowi akan mengunjungi Jepang pada hari Rabu dan Korea Selatan pada hari Kamis selama tur regionalnya.

Di akun media sosialnya, Jokowi mengatakan: "Ketiga negara tersebut adalah mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi, mitra penting ASEAN, dan mitra penting dalam konteks G20."

“Saya akan bertemu dengan para pemimpin China, Jepang dan Korea Selatan untuk membahas sejumlah isu, seperti isu regional dan global, serta kerja sama di bidang perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur dan perikanan.”

Indonesia saat ini adalah presiden bergilir G20 dan pertemuan puncak pemimpinnya akan diadakan di Bali November ini.

Jokowi adalah pemimpin asing pertama yang mengunjungi China sejak Olimpiade Musim Dingin pada Februari karena negara itu menerapkan kebijakan ketat “nol COVID-19” yang mengakibatkan terbatasnya kunjungan pejabat dari luar negeri.

China adalah mitra dagang terbesar Indonesia dengan total nilai perdagangan US$110 miliar tahun lalu.

Selain bertemu dengan para pemimpin Jepang dan Korea, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan dunia usaha saat berada di Tokyo dan Seoul.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiba di Beijing

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Jokowi dan Iriana tiba di Beijing Capital International Airport, pada Senin, 25 Juli 2022 sekitar pukul 21.37 Waktu Setempat (WS).

Setelah pintu pesawat terbuka, Kepala Protokol Negara mempersilakan Jokowi turun dari pesawat.

Tampak menyambut di bawah tangga pesawat Wakil Menteri Luar Negeri RRT Wu Jiang Hao, Duta Besar LBBP RI Beijing Djauhari Oratmangun beserta Istri, dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Beijing Marsma Bayu Hendra Permana beserta Istri.

Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan, Jokowi dan Iriana menuju ke Diaoyutai State Guesthouse tempatnya bermalam.

3 dari 4 halaman

Disambut Luhut dan Retno

Saat tiba di Diaoyutai State Guesthouse, Jokowi disambut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden RRT pada Selasa (26/7/2022) hari ini.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan Jokowi akan mengunjungi RRT, Jepang, dan Korea Selatan pada 26 sampai 28 Juli 2022. Jokowi diagendanakan bertemu dengan Premier Le Kiqiang dan Presiden Xi Jinping di China pada 26 Juli 2022.

"Presiden RI merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping selama pandemi ini, di luar tentunya acara Olimpiade Musim Dingin di Beijing awal tahun ini," ucap Retno dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (22/7/2022).

4 dari 4 halaman

Lanjut ke Tokyo

Usai dari Beijing, Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Tokyo Jepang untuk bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida dan kalangan bisnis pada 27 Juli 2022. Retno mengatakan Jepang merupakan mitra ekonomi penting dan tradisional Indonesia.

Terakhir, Jokowi akan berkunjung ke Korea Selatan untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan kalangan bisnis pada 28 Juli 2022. Korea Selatan sendiri merupakan mitra penting Indonesia di bidang ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan