Sukses

Kantornya Diserbu Massa, PM Sri Lanka Perintahkan Militer untuk Tertibkan Warga Sipil

PM Sri Lanka memerintahkan militer untuk melakukan segala hal demi menertibkan masyarakat sipil.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe telah mengatakan kepada militer untuk melakukan "apa pun yang diperlukan untuk memulihkan ketertiban" setelah pengunjuk rasa menyerbu kantornya pada hari Rabu.

Dilansir BBC, Kamis (14/7/2022), Wickremesinghe telah ditunjuk sebagai penjabat presiden oleh Presiden Gotabaya Rajapaksa, yang telah meninggalkan negara itu.Tetapi keputusan untuk membiarkan dia bertanggung jawab memicu protes lebih lanjut yang menuntut agar perdana menteri juga harus pergi.

Sri Lanka telah menderita krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade.

Banyak yang menyalahkan pemerintahan Rajapaksa atas krisis tersebut dan melihat Wickremesinghe, yang menjadi perdana menteri pada bulan Mei, sebagai bagian dari masalah.

Pada hari Rabu, untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari seminggu, pengunjuk rasa masuk ke gedung negara yang sangat aman. Kali ini adalah kantor perdana menteri.

Menggemakan adegan sebelumnya selama akhir pekan di kediaman resmi presiden yang diduduki, orang-orang di kantor perdana menteri duduk-duduk di sofa mewah mengambil foto, sementara yang lain berdiri di kursi dan meja sambil mengibarkan bendera Sri Lanka.

Dalam pidato televisi, Wickremesinghe meminta para pengunjuk rasa untuk meninggalkan kantornya yang diduduki dan gedung-gedung negara lainnya dan bekerja sama dengan pihak berwenang.

"Kita tidak bisa merobek konstitusi kita. Kita tidak bisa membiarkan fasis mengambil alih. Kita harus mengakhiri ancaman fasis terhadap demokrasi ini," katanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desakan Masyarakat

Tetapi ditanya apakah pernyataan perdana menteri merupakan indikasi bahwa tentara mungkin mengambil alih, seorang pengacara hak asasi manusia di Kolombo, Bhavani Fonseka, mengatakan kepada BBC World at One bahwa Sri Lanka "tidak memiliki sejarah di mana militer telah memainkan peran aktif dalam politik atau pemerintahan - tidak seperti beberapa negara lain di lingkungan itu".

"Kami memiliki demokrasi yang sangat kuat dan telah dipilih perwakilan dalam peran itu. Tetapi kami juga berada dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, jadi segala sesuatu mungkin terjadi," tambahnya.

Di luar kantor presiden, wartawan BBC Tessa Wong mengatakan tentara bersenjata berdiri diam menyaksikan para pengunjuk rasa merayakan di dalam kantor. 

Dan para demonstran mengabaikan seruan perdana menteri agar kantor dikosongkan.

"Tujuan kami adalah agar Gota pulang. Dan Ranil serta anggota kabinet lainnya pulang," kata seorang pengunjuk rasa di kantor perdana menteri, Nixon Chandranathan, kepada BBC. 

"Kami membutuhkan pemimpin yang jujur ​​dan jujur ​​untuk membangun Sri Lanka sekarang."

3 dari 4 halaman

Kerusuhan Berlanjut

"Kami merasa bangga," Satish Bee, seorang pengusaha yang datang untuk menjelajahi kompleks itu setelah diserbu kepada AFP. 

"Tidak ada pemerintahan yang tepat di negara ini. Tidak pernah baik... Anak-anak muda, mereka tidak ingin terus seperti ini."

Kerusuhan yang berlanjut datang ketika berita tiba bahwa Presiden Rajapaksa telah melarikan diri ke Maladewa.

Presiden bersembunyi dan berjanji untuk mengundurkan diri setelah kediaman resminya diserbu pada hari Sabtu.

Pemimpin, yang telah menikmati kekebalan dari penuntutan sebagai presiden, diyakini ingin melarikan diri ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan penangkapan oleh pemerintahan baru. Namun, dia belum mengajukan surat pengunduran diri secara resmi.

4 dari 4 halaman

Kekosongan Jabatan

Kepergian presiden mengancam kekosongan kekuasaan potensial di Sri Lanka, yang membutuhkan pemerintahan yang berfungsi untuk membantu mulai menggalinya dari kehancuran finansial.

Politisi dari partai lain telah berbicara tentang pembentukan pemerintah persatuan baru, tetapi belum ada tanda-tanda mereka hampir mencapai kesepakatan. 

Juga tidak jelas apakah publik akan menerima apa yang mereka buat.Memilih pemimpin baru juga akan mengalami kesulitan.

Dalam sebuah pernyataan pers pada hari Rabu, tim Wickremesinghe mengatakan dia telah meminta ketua parlemen untuk mencalonkan perdana menteri baru "yang dapat diterima baik oleh pemerintah maupun oposisi".

Sebelumnya pada hari Senin, pemimpin oposisi utama Sajith Premadasa mengatakan kepada BBC bahwa dia akan mencalonkan diri sebagai presiden. 

Tapi dia - seperti Wickremesinghe - kurang mendapat dukungan publik. 

Ada juga kecurigaan publik yang mendalam terhadap politisi pada umumnya. Gerakan protes yang telah membawa Sri Lanka ke ambang perubahan juga tidak memiliki pesaing yang jelas untuk kepemimpinan negara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.