Sukses

Shinzo Abe Ditembak dan Meninggal, Ini 13 Fakta dari Insiden Penembakan

Berikut ini sejumlah fakta terkait penembakan terhadap mantan PM Jepang Shinzo Abe yang akhirnya meninggal dunia, dirangkum dari beragam sumber, Sabtu (9/7/2022):

Liputan6.com, Nara - Jumat 8 Juli 2022 menjadi momen kelabu bagi Jepang, sebab Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe ditembak. Setelah menjalani perawatan beberapa saat akibat luka tembak yang dideritanya, nyawanya tak tertolong, ia dinyatakan telah meninggal dunia.

Serangan itu mengejutkan di negara yang merupakan salah satu negara teraman di dunia dan dengan beberapa undang-undang kontrol senjata yang paling ketat di mana pun.

Berikut ini sejumlah fakta terkait penembakan terhadap Shinzo Abe yang akhirnya meninggal dunia, dirangkum dari beragam sumber, Sabtu (9/7/2022):

1. Meninggal di Usia 67 Tahun

Sejumlah media memberitakan bahwa Shinzo Abe meninggal dunia di usia 67 tahun. Kematiannya pertama kali dilaporkan oleh lembaga penyiaran publik NHK.

2. Ditembak Dua Kali

Mengutip The Guardian, rekaman dan akun yang disiarkan oleh media Jepang menunjukkan pidato Abe terganggu oleh dua ledakan keras - mungkin dari senapan - dan asap, dengan Abe terjatuh ke tanah setelah tembakan kedua. TBS Television melaporkan bahwa dia telah ditembak di sisi kiri dadanya dan tampaknya juga di leher.

3. Satu Tersangka Ditangkap

Beberapa saat kemudian, anggota detail keamanan Abe bergulat dengan seorang pria ke tanah beberapa meter di belakang mantan perdana menteri Shinzo Abe.

Tersangka mengenakan kemeja abu-abu, celana panjang cokelat muda, dan sepatu olahraga abu-abu. Wajahnya sebagian tertutup oleh masker bedah. Dia dilaporkan tidak berusaha melarikan diri sebelum ditahan di tempat kejadian.

4. Tersangka Diidentifikasi Sebagai Tetsuya Yamagami

NHK mengatakan seorang tersangka, yang disebut oleh polisi sebagai Tetsuya Yamagami, seorang warga Nara berusia 40 tahunan, telah ditahan tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Shinzo Abe Ditembak Dengan Senjata Rakitan

Polisi mengatakan senjata yang diduga digunakan dalam serangan itu adalah buatan sendiri, menurut laporan media setempat.

Sebuah foto menunjukkan dua bagian logam silinder yang tampaknya telah diikat dengan pita hitam tergeletak di jalan dekat tempat kejadian penembakan Shinzo Abe.

Benda yang tampak seperti senjata buatan tangan (homemade) tergeletak di tanah, di dekat seorang petugas keamanan membekuk tersangka, demikian laporan dari media Jepang lain yaitu The Asahi Shimbun.

Polisi mengatakan bahwa tersangka dicurigai telah membuat senjatanya sendiri.

“Ini bukan hanya langka, tetapi juga benar-benar tak terduga secara budaya,” kata Nancy Snow, direktur Dewan Industri Keamanan Internasional Jepang mengatakan kepada CNN.

6. Ditembak Saat Pidato

Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe dilaporkan mengalami insiden penembakan di bagian dada ketika sedang pidato. Penembakan tersebut terjadi di wilayah Kota Nara.

Menurut sebuah laporan, Abe sedang menyampaikan pidatonya pada pukul 11.30 waktu setempat. Namun, tak lama setelah itu terdengar suara tembakan yang kemudian membuatnya pingsan dan mengalami pendarahan. 

7. Alami Cardo-Respiratory Arrest

NHK dan Kyodo sama-sama melaporkan Abe dibawa ke rumah sakit dan tampaknya mengalami cardo-respiratory arrest--istilah yang digunakan di Jepang untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital, dan umumnya mendahului sertifikasi formal kematian oleh koroner.

8. Ditembak dari Belakang

Beberapa media melaporkan bahwa Shinzo Abe ditembak tampaknya ditembak dari belakang, kemungkinan dengan senapan. NHK melaporkan bahwa seorang pria telah ditangkap, meskipun tidak ada rincian lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

9. Sempat Alami Pendarahan dan Kolaps

Shinzo Abe yang berusia 67 tahun dilaporkan pingsan dan mengalami pendarahan di leher, kata seorang sumber dari Partai Demokrat Liberal yang berkuasa kepada kantor berita Jiji.

Seketika setelah kejadian, tim medis langsung berusaha memberikan pertolongan, sementara sejumlah orang mengelilingi Abe.

Dalam sebuah video, seorang wanita lanjut usia yang berada di dekat Abe tampak panik.

10. Alami Henti Jantung

Laporan terbaru juga menyebutkan bahwa Shinzo Abe mengalami henti jantung usai kejadian. 

11. Kehabisan Darah

Abe meninggal karena kehilangan banyak darah, meski telah diberikan transfusi darah dalam jumlah banyak, kata rumah sakit Nara Medical University.

 

4 dari 4 halaman

12. Pelaku Merupakan Mantan Anggota Pasukan Bela Diri Jepang

Pelaku yang langsung dibekuk usai menembak Abe merupakan mantan anggota Pasukan Bela Diri Jepang, menurut sumber di pemerintahan. Tetsuya Yamagami ditangkap di lokasi penembakan atas tuduhan percobaan pembunuhan, kata kepolisian, dikutip dari Kyodo, Jumat (8/7/2022).

Tetsuya Yamagami adalah pria berusia 41 tahun dan merupakan warga kota di kawasan barat itu.

Menurut Fuji TV, penembak Shinzo Abe adalah mantan personel Pasukan Bela Diri Maritim Jepang. Dia telah bertugas hingga 2005.

13. Motif Pelaku Karena Tak Puas Terhadap Shinzo Abe

Menurut NHK, pria bersenjata itu mengatakan kepada penyelidik bahwa dia tidak puas dengan pemerintahan selama mantan perdana menteri dan berniat membunuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.