Sukses

Angka COVID-19 di Korea Utara Diduga Tembus 2 Juta, Ada Hampir 300 Ribu Kasus Baru

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di Korea Utara diduga sudah mencapai lebih dari dua juta.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara pada Kamis (19/4) melaporkan 262.270 lebih banyak kasus dugaan COVID-19 ketika beban kasus pandemi mendekati 2 juta - seminggu setelah negara itu mengakui wabah dan bergegas untuk memperlambat infeksi pada populasi yang tidak divaksinasi.

Negara ini juga berusaha mencegah ekonominya yang rapuh agar tidak semakin memburuk, tetapi wabah itu bisa lebih buruk daripada yang dilaporkan secara resmi karena negara itu tidak memiliki tes virus dan sumber daya perawatan kesehatan lainnya dan mungkin tidak melaporkan kematian untuk melunakkan dampak politik pada pemimpin otoriter Kim Jong-un. Demikian seperti dikutip dari laman ABC News, Kamis (19/5/2022). 

Markas besar anti-virus di Korea Utara melaporkan satu kematian tambahan, meningkatkan jumlah korban menjadi 63, yang menurut para ahli sangat kecil dibandingkan dengan jumlah dugaan infeksi virus corona.

Kantor Berita Pusat Korea resmi mengatakan lebih dari 1,98 juta orang menderita demam sejak akhir April. 

Sebagian besar diyakini terpapar Virus Corona COVID-19, meskipun hanya beberapa infeksi varian omicron yang telah dikonfirmasi. Setidaknya 740.160 orang dikarantina, kantor berita melaporkan.

Wabah Korea Utara terjadi di tengah serangkaian demonstrasi senjata yang provokatif, termasuk uji coba pertama rudal balistik antarbenua dalam hampir lima tahun pada bulan Maret. 

Para ahli tidak percaya wabah COVID-19 akan memperlambat sikap Kim yang bertujuan menekan Amerika Serikat untuk menerima gagasan Korea Utara sebagai kekuatan nuklir dan merundingkan konsesi ekonomi dan keamanan dari posisi yang kuat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infeksi Pertama pada 12 Mei

Setelah mempertahankan klaim yang meragukan bahwa mereka telah menjauhkan virus dari negara itu selama dua setengah tahun, Korea Utara mengakui infeksi COVID-19 pertamanya pada 12 Mei dan telah menggambarkan penyebaran yang cepat sejak itu. 

Kim menyebut wabah itu sebagai "pergolakan besar," mencaci para pejabat karena membiarkan virus menyebar dan membatasi pergerakan orang dan pasokan antar kota dan wilayah.

Para pekerja dikerahkan untuk menemukan orang-orang yang diduga memiliki gejala COVID-19 yang kemudian dikirim ke karantina – metode utama untuk menahan wabah karena Korea Utara kekurangan pasokan medis dan unit perawatan intensif yang menurunkan rawat inap dan kematian COVID-19 di negara lain.

Gambar-gambar media pemerintah menunjukkan petugas kesehatan dengan pakaian hazmat menjaga jalan-jalan yang tertutup di Pyongyang, mendisinfeksi bangunan dan jalan-jalan dan mengirimkan makanan dan persediaan lainnya ke blok-blok apartemen.

3 dari 4 halaman

Tak Bisa Lakukan Lockdown

Terlepas dari banyaknya orang sakit dan upaya untuk mengekang wabah, media pemerintah menggambarkan sekelompok besar pekerja terus berkumpul di pertanian, fasilitas pertambangan, pembangkit listrik, dan lokasi konstruksi. Para ahli mengatakan Korea Utara tidak dapat melakukan lockdown yang akan menghambat produksi dalam ekonomi yang sudah rusak oleh salah urus, melumpuhkan sanksi yang dipimpin AS atas ambisi senjata nuklir Kim dan penutupan perbatasan pandemi.

Korea Utara juga harus segera bekerja untuk melindungi tanamannya dari kekeringan yang melanda selama musim tanam padi yang penting - perkembangan yang mengkhawatirkan di negara yang telah lama menderita kerawanan pangan. 

Media pemerintah juga mengatakan bahwa proyek konstruksi trofi Kim, termasuk pembangunan 10.000 rumah baru di kota Hwasong, sedang "diluncurkan sesuai jadwal."

“Semua sektor ekonomi nasional meningkatkan produksi secara maksimal dengan tetap memperhatikan langkah-langkah anti-epidemi yang diambil oleh partai dan negara,” lapor Korean Central News Agency.

4 dari 4 halaman

Upaya Penanganan

Pengendalian virus di tempat kerja termasuk memisahkan pekerja berdasarkan klasifikasi pekerjaan mereka dan mengkarantina unit pekerja di lokasi konstruksi dan di industri utama logam, kimia, listrik dan batu bara, kata KCNA.

Kee Park, spesialis kesehatan global di Harvard Medical School yang telah bekerja pada proyek perawatan kesehatan di Korea Utara, mengatakan jumlah kasus baru di negara itu akan mulai melambat karena langkah-langkah pencegahan yang diperkuat.

Tetapi akan menjadi tantangan bagi Korea Utara untuk memberikan perawatan bagi sejumlah besar orang dengan COVID-19. Kematian mungkin mendekati puluhan ribu, mengingat ukuran beban kasusnya, dan bantuan internasional akan sangat penting, kata Park.

“Cara terbaik untuk mencegah kematian ini adalah dengan mengobati dengan antivirus seperti Paxlovid,” yang secara signifikan akan menurunkan risiko penyakit parah atau kematian, kata Park. 

“Ini jauh lebih cepat dan lebih mudah diterapkan daripada mengirim ventilator untuk membangun kapasitas ICU.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.