Sukses

Sri Lanka Umumkan Keadaan Darurat di Tengah Aksi Protes Atas Krisis Ekonomi

Presiden Sri Lanka telah mengumumkan keadaan darurat untuk kedua kalinya dalam lima minggu, memberikan pasukan keamanan kekuatan besar ketika pemogokan nasional oleh demonstran yang marah melumpuhkan negara itu.

Liputan6.com, Kolombo - Presiden Sri Lanka telah mengumumkan keadaan darurat untuk kedua kalinya dalam lima minggu, memberikan pasukan keamanan kekuatan besar ketika pemogokan nasional oleh demonstran yang marah melumpuhkan negara itu.

Seorang juru bicara Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengatakan dia meminta undang-undang darurat pada hari Jumat untuk "memastikan ketertiban umum" setelah toko-toko ditutup dan transportasi umum dihentikan oleh aksi mogok, membuat negara berpenduduk 22 juta orang itu terhenti setelah berminggu-minggu kerusuhan.

Polisi menembakkan gas air mata dan menggunakan meriam air pada hari sebelumnya untuk membubarkan mahasiswa yang berusaha menyerbu parlemen nasional untuk menuntut Rajapaksa mengundurkan diri, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (7/5/2022).

Keadaan darurat memberikan kekuatan kepada pasukan keamanan untuk menangkap dan memenjarakan tersangka untuk waktu yang lama tanpa pengawasan yudisial. Kekuatan darurat juga memungkinkan pengerahan pasukan untuk menjaga hukum dan ketertiban selain polisi.

Juru bicara kepresidenan mengatakan undang-undang itu akan mulai berlaku mulai tengah malam.

Rajapaksa yang terkepung telah mengumumkan keadaan darurat sebelumnya pada 1 April, sehari setelah ribuan pengunjuk rasa berusaha menyerbu rumah pribadinya di ibukota. Keadaan darurat itu diizinkan untuk berakhir pada 14 April.

Tetapi protes sejak itu meningkat, memacu krisis terburuk Sri Lanka sejak kemerdekaan pada tahun 1948.

Rajapaksa bersikeras dia tidak akan mundur meskipun demonstrasi meningkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desakan Agar Rajapaksa Lengser

Deklarasi darurat baru datang ketika ribuan demonstran tetap berada di luar kantor tepi laut Rajapaksa, di mana mereka telah melakukan protes sejak 9 April, dan kelompok-kelompok kecil telah mencoba menyerbu rumah-rumah politisi pemerintah utama lainnya.

Para pengunjuk rasa menyalahkan Rajapaksa dan keluarga penguasanya karena salah mengelola ekonomi karena pemadaman selama berbulan-bulan dan kekurangan makanan, bahan bakar, dan obat-obatan telah menyebabkan penderitaan yang meluas di seluruh pulau. Kekurangan mata uang keras juga telah menghambat impor bahan mentah untuk manufaktur dan memperburuk inflasi, yang melonjak menjadi 18,7 persen di bulan Maret.

Ketika harga minyak melonjak karena konflik Rusia-Ukraina, stok bahan bakar Sri Lanka hampir habis. Pihak berwenang telah mengumumkan pemadaman listrik di seluruh negeri yang diperpanjang hingga 7 1/2 jam sehari karena mereka tidak dapat memasok bahan bakar yang cukup ke stasiun pembangkit listrik.

Jutaan pekerja tidak bekerja pada hari Jumat dalam pemogokan, yang diselenggarakan oleh gerakan serikat pekerja negara itu. Layanan kereta api dan bus milik negara terganggu. Pekerja industri berdemonstrasi di luar pabrik mereka dan bendera hitam digantung di seluruh negeri sebagai ekspresi kemarahan terhadap pemerintah.

Bulan lalu, Sri Lanka mengumumkan gagal membayar utang luar negerinya senilai $ 51 miliar, dan menteri keuangan Ali Sabry memperingatkan minggu ini bahwa negara itu harus menanggung kesulitan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya setidaknya selama dua tahun lagi.

Rumah sakit kekurangan obat-obatan vital dan pemerintah telah meminta warga di luar negeri untuk sumbangan.

Krisis ekonomi Sri Lanka terjadi setelah pandemi virus corona memukul pendapatan dari pariwisata dan pengiriman uang.

 

3 dari 3 halaman

Perjuangan untuk Terlepas dari Jerat Utang China

Sebagian besar kesengsaraan ekonomi Sri Lanka adalah utang luar negerinya yang membengkak, yaitu untuk mendanai perubahan agresifnya terhadap pembangunan infrastruktur di bawah mantan Presiden Mahinda Rajapaksa, saudara kandung Rajapaksa yang lebih tua dan perdana menteri dua kali.

Dengan keuangannya yang sudah berdarah, Sri Lanka mengambil pinjaman investasi besar dari bank-bank China milik negara untuk mendanai proyek-proyek infrastrukturnya termasuk pembangunan pelabuhan yang kontroversial di distrik Hambantota.

Pemerintah Sri Lanka membenarkan proyek Hambantota sebagai cara untuk menumbuhkan ekonominya sebagai pusat perdagangan yang ramai dibandingkan dengan Singapura.

Namun, proyek itu penuh dengan korupsi dan terhenti, dan Sri Lanka akhirnya menyerahkan kendali pelabuhan ke China sebagai jaminan setelah tidak dapat membayar kembali pinjamannya.

Selama dekade terakhir, Sri Lanka mengumpulkan utang sebesar $ 5 miliar ke China saja, membuat sebagian besar dari utang luar negerinya secara keseluruhan, menurut BBC.

Utang Sri Lanka yang membengkak ke China dan kegagalan proyek Hambantota sering dianggap sebagai contoh "diplomasi buku utang" yang telah dikejar China dalam beberapa dekade terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.