Sukses

Pemutaran Film dan Pameran Karpet Meriahkan Peringatan Hari Nowruz di Indonesia

Hari Nawouz adalah hari di Iran untuk merayakan semangat baru, peringatan tersebut juga dirayakan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Besar Iran menyambut perayaan Hari Nowruz di Indonesia. Pihak kedutaan menggelar acara nonton film dan pameran karpet Iran di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta. 

Nowruz adalah perayaan nasional pada musim semi di Iran. Esensi dari perayaan tersebut adalah menyambut diri yang baru. Seperti Idul Fitri, masyarakat saling berkunjung dan makan-makan. 

"Nowuz merupakan hari baru, di mana tahun menjadi baru, hari di mana kita akan memikirkan selama satu tahun apa saja yang telah dilakukan, kelemahan apa saja yang telah dimiliki, dan kekuatan yang kita jalankan selama satu tahun. Kita review semuanya," ujar Duta Besar Iran Mohammad Azad, Senin (28/3/2022).

Dubes Azad juga bercerita bagaimana dua tahun yang berlalu memberikan pelajaran bagi negara-negara dunia untuk saling bekerja sama, dan bukan sebaliknya. Ketika pandemi COVID-19 terjadi, pemerintah Iran memang merasa terbebani karena sanksi-sanksi dari Amerika Serikat. 

Dubes Iran lantas berharap ada pembaruan dalam rasa solidaritas dan kasih sayang.

"Nowruz adalah momen untuk memperlihatkan sebuah persatuan, menyuarakan semangat untuk perdamaian, dan untuk kerja sama lebih lanjut untuk kebaikan umat manusia," jelas Dubes Iran.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perayaan Internasional

Hari Nowruz juga digelar oleh negara-negara sekitar Iran, seperti Afghanistan, Pakistan, hingga India. 

Pada acara di Perpusnas, tampak hadir pula Duta Besar Pakistan dan Duta Besar Rusia. 

Pesona karpet Iran. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Rangkaian acara menarik yang digelar Iran adalah festival film yang berlangsung hingga 29 Maret 2022 pukul 13.00. Totalnya, ada tiga film bertema sosial yang ditampilkan.

Ada juga acara pameran budaya Iran, seperti karpet-karpet khas Iran, serta berbagai macam ornamen. Pengunjung bisa langsung menuju Perpusnas di lantai 4 bila tertarik melihat secara langsung.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini