Sukses

Rusia Klaim Gencatan Senjata di 2 Kota Ukraina untuk Evakuasi Warga Sipil

Rusia dan Ukraina telah menyetujui gencatan senjata sementara di Ukraina untuk memungkinkan warga sipil meninggalkan kota Mariupol dan Volnovakha.

Liputan6.com, Kiev - Rusia dan Ukraina telah menyetujui gencatan senjata sementara di Ukraina untuk memungkinkan warga sipil meninggalkan kota Mariupol dan Volnovakha.

Gencatan senjata diperkirakan akan dimulai pada pukul 10 pagi Waktu Moskow (2 a.m. ET) Sabtu 5 Maret 2022, tetapi tidak ada konfirmasi langsung bahwa serangan oleh pasukan Rusia telah berhenti.

Seorang pejabat Ukraina men-tweet bahwa "koridor kemanusiaan" sedang dipersiapkan, demikian seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (5/3/2022).

"Di Mariupol dan Volnovakha, koridor kemanusiaan evakuasi sedang dipersiapkan untuk dibuka, dan kolom-kolom yang akan dievakuasi sedang dibentuk. Para pihak untuk sementara menghentikan tembakan di area koridor," kata Mykhailo Podoliak, penasihat Kantor Kepresidenan Ukraina yang mengambil bagian dalam negosiasi dengan para pejabat Rusia minggu ini, di Twitter.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekilas Mariupol dan Volnovakha

Mariupol dan Volnovakha telah melahirkan beban dari beberapa pertempuran paling sengit di Ukraina selama beberapa hari terakhir.

Lokasi mereka - di sudut tenggara ekstrim Ukraina, dekat perbatasan Rusia dan Krimea - menjadikan mereka target strategis bagi Moskow.

Jika mereka jatuh ke Rusia, pasukannya dapat bergabung dengan orang-orang di Krimea, semenanjung yang direbut Moskow dari Ukraina pada tahun 2014.

Mariupol adalah kota pelabuhan, di Laut Azov.

Kedua kota itu berada di Donetsk, salah satu dari dua wilayah Ukraina yang diakui pemerintah Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai independen tepat sebelum pasukannya menginvasi Ukraina.

Pada hari Kamis, BBC melaporkan bahwa Moskow telah mendorong penduduk Mariupol untuk mulai meninggalkan kota, tetapi penduduk mengatakan mereka tidak bisa bergerak karena tidak ada jeda dalam penembakan itu.

Situasi di lapangan di Ukraina sangat fluktuatif, dan akun individu sulit atau tidak mungkin untuk diverifikasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.