Sukses

Korea Utara Klaim Luncurkan Rudal Hipersonik Hwasong-8, Apa Itu?

Pihak Korea Utara mengklaim baru saja meluncurkan rudal hipersonik Hwasong-8.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara telah mengklaim bahwa mereka berhasil menguji rudal hipersonik baru yang disebut Hwasong-8 pada Selasa (28/9).

Media pemerintah mengatakan rudal baru itu adalah salah satu dari "lima yang paling penting" dalam sistem senjata baru yang ditetapkan dalam rencana pengembangan militer lima tahun.

Dilansir dari laman BBC, Rabu (29/9/2021), mereka menyebut rudal itu sebagai "senjata strategis", yang biasanya berarti memiliki kemampuan nuklir.

Rudal hipersonik jauh lebih cepat dan lebih gesit daripada yang normal, membuatnya jauh lebih sulit untuk dicegat oleh sistem pertahanan rudal, KCNA mengatakan uji peluncuran mengkonfirmasi "kontrol navigasi dan stabilitas rudal".

Panda, Anggota Senior Stanton di Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan sulit pada saat ini untuk menilai "kemampuan yang tepat" dari rudal, tetapi menambahkan bahwa itu "mungkin dapat menghadirkan tantangan yang sangat berbeda untuk pertahanan rudal balistik". 

Korea Utara juga telah memperkenalkan ampul bahan bakar rudal - sebuah teknologi yang memungkinkan rudal yang dapat diisi bahan bakar sebelumnya dan kemudian dikirim ke lapangan dalam tabung. Ini berarti ia berpotensi tetap siap diluncurkan selama bertahun-tahun. Penambahan ini berarti senjata akan langsung siap ditembakkan. 

Jika tidak perlu diisi bahan bakar di lapangan, berarti waktu peluncurannya jauh lebih cepat. Waktu peluncuran yang lebih cepat juga berarti lebih sulit bagi negara lain untuk melakukan serangan pendahuluan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Coba Rudal Ketiga di Bulan Ini

Peluncuran terbaru tersebut juga menandai uji coba rudal ketiga negara itu bulan ini. 

Ini telah mengungkapkan jenis rudal jelajah baru, serta sistem rudal balistik yang diluncurkan dengan kereta api baru.

Peluncuran tersebut dilakukan ketika utusan Korea Utara Kim Song membela hak negara itu untuk mengembangkan senjata di Majelis Umum PBB tahunan di New York.

Kim mengatakan negara itu "membangun pertahanan nasional kami untuk membela diri dan menjaga keamanan dan perdamaian negara dengan andal".

3 dari 3 halaman

Telah Diperingatkan oleh Kim Jong-un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada pertemuan sebelumnya pada bulan Januari menyatakan bahwa para ilmuwan telah "menyelesaikan penelitian" untuk mengembangkan hulu ledak meluncur hipersonik. Uji coba yang dilakukan hari Selasa tersebut adalah yang pertama untuk sistem baru ini.

“Dorongan untuk mengembangkan peluncur hipersonik tidak terlalu mengejutkan mengingat Kim Jong-un telah mengindikasikan hal ini pada Januari lalu,” kata Panda.

"Namun, ini adalah pengingat bahwa ambisi misil Tuan Kim masih jauh dari harapan."

Namun, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan mereka yakin rudal hipersonik ini masih dalam tahap awal pengembangan dan akan memakan waktu cukup lama sebelum dapat digunakan dalam pertempuran. Mereka menambahkan bahwa baik Korea Selatan dan AS saat ini mampu mendeteksi dan mencegat rudal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.