Sukses

24 September 1948: Perusahaan Honda Motor Didirikan Untuk Pertama Kali

Kisah Soichiro Honda, seorang pengembara dan pemimpi yang mendirikan Honda Motor Company.

Liputan6.com, Tokyo - Pada 24 September 1948, Soichiro Honda, seorang insinyur Jepang berhasil mendirikan perusahaannya sendiri, Honda Motor Company.

Pada tahun 1960, produk sepeda motor dari perusahaannya tenar di seluruh dunia, khususnya C100 Super Cub, yang menjadi kendaraan terlaris di dunia. Pada 1970-an, perusahan Honda mencapai ketenaran lagi karena mobilnya yang hemat bahan bakar dan terjangkau.

Dilansir dari laman Histroy, Kamis (23/9/2021) perusahaan Honda yang menyoroti keterjangkauan, efisiensi, dan ramah lingkungan, berhasil menjadi lebih baik dari pesaing lainnya. Moto perusahaan ini adalah Langit biru untuk anak-anak kita.

Sebelum mendirikan perusahaan yang menyandang namanya, Soichiro Honda adalah seorang pengembara dan pemimpi. Ia berpindah dari satu pekerjaan mekanik ke pekerjaan lain. Ia juga bekerja sebagai pengasuh bayi, pengemudi mobil balap, hingga penyuling amatir. Bahkan istrinya mengatakan ia adalah "penyihir yang hampir tidak bekerja."

Pada tahun 1946, ia mengambil alih sebuah pabrik tua yang sebagian besar telah hancur karena bom di masa perang, meski ia tidak memiliki banyak rencana untuk pabrik tua itu.

Pertama, ia mencoba membangun apa yang disebutnya "mesin tenun putar", lalu ia mencoba untuk produksi massal jendela kaca buram, kemudian panel atap anyaman bambu. Akhirnya, terpikirkanlah olehnya ide sepeda motor.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soichiro Honda Dilantik dalam Automotive Hall of Fame

Pada 1947, pabrik  Soichiro Honda akhirnya memproduksi sepeda motor lengkap pertamanya dengan julukan "The Chimney" karena sangat berasap dan bau.

Setelah pendirian perusahaan, Honda memproduksi sepeda yang lebih canggih: D-Type berbingkai baja, depan dan belakang yang ditangguhkan tahun 1949 yang bisa melaju secepat 50 mil per jam. Pada akhir 1950-an, perusahaan memperkenalkan Cub, tiruan Vespa yang sangat populer di kalangan perempuan dan merupakan produk Honda pertama yang dijual di Amerika Serikat.

Mulai tahun 1960-an, perusahaan Honda mulai memproduksi beberapa mobil kecil dan mobil pembalap sporty, tetapi baru memperkenalkan Civic pada tahun 1973. Mesin CVCC menggunakan lebih sedikit bahan bakar dan dapat lulus uji emisi Amerika tanpa catalytic converter. Oleh karena itu, mobil ini menjadi terkenal di antara pengemudi Amerika yang frustasii dengan kenaikan biaya bensin.

Soichiro Honda kemudian dilantik ke dalam Automotive Hall of Fame pada tahun 1989. Ia meninggal 2 tahun setelahnya pada usia 84 tahun.

 

Reproter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.