Sukses

16 Agustus 2001: Pembantu Putri Diana Didakwa Kasus Pencurian Harta Kerajaan Rp 99 Miliar

Paul Burrell, mantan kepala pelayan Putri Diana telah didakwa dengan pencurian harta-harta mendiang ibu dari Pangeran Wales dan Pangeran William pada 16 Agustus 2001.

Liputan6.com, London - Paul Burrell, mantan kepala pelayan Putri Diana telah didakwa dengan pencurian harta-harta mendiang ibu dari Pangeran Wales dan Pangeran William.

Tuduhan itu berkaitan dengan total 342 benda, dilaporkan bernilai £ 5 m atau senilai Rp 99 miliar (kurs saat ini), yang dikatakan telah dicuri dari Istana Kensington, bekas rumah Putri Diana di London, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, Senin (16/8/2021).

Burrell (42) telah membantah kesalahan dan berargumen bahwa barang-barang itu diberikan kepadanya oleh Putri Diana.

Pengacaranya, Andrew Shaw, membacakan pernyataan singkat dari tangga kantor polisi, membantah tuduhan yang disematkan pada kliennya.

Di antara ratusan barang yang diduga dicuri dari perumahan Putri Wales termasuk topi, tas tangan, dan foto- foto.

Beberapa CD dan catatan vinil juga ada dalam daftar yang dikeluarkan oleh kepolisian Metropolitan.

Barang-barang yang diduga dicuri dari Pangeran William termasuk foto dan kartu - banyak dari ibunya dan satu dari bintang Baywatch David Hasselhoff.

Burrell juga diduga telah mencuri bullwhip Indiana Jones dan penggiling lada logam putih dari Pangeran Wales.

Paul Burrell bergabung dalam satf rumah tangga keluarga kerajaan Inggris pada tahun 1986 dan menjadi teman dan kepercayaan sang putri.

Ketika Putri Diana tewas dalam kecelakaan mobil pada Agustus 1997 ia terbang ke Prancis untuk membantu mempersiapkan persemayaman.

Pada September 1997 ia dianugerahi Medali Royal Victorian oleh Ratu sebagai pengakuan atas jasanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Konteks

Pada Oktober 2002 persidangan Paul Burrell runtuh setelah Ratu mengingat percakapan di mana Burrell mengatakan kepadanya bahwa dia menyimpan beberapa barang milik Putri Diana.

Para skeptis mengatakan ingatan Ratu telah datang tepat pada waktunya untuk mencegah Burrell memberikan bukti dan berpotensi mengungkapkan rahasia kerajaan yang memalukan.

Segera setelah runtuhnya persidangannya Burrell menjual ceritanya ke surat kabar nasional Inggris untuk dikabarkan £ 300.000.

Dia juga melakukan perjalanan ke AS dan muncul di beberapa acara obrolan Amerika.

Pada Desember 2002 persidangan mantan kepala pelayan Putri Diana lainnya, Harold Brown, juga runtuh.

Brown telah menghadapi tuduhan pencurian barang-barang milik Putri Diana dengan nilai lebih dari £ 1m.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.