Sukses

Mimpi Gigi Copot hingga Telanjang, Ini 9 Artinya yang Mungkin Terkait Hidup Anda

Mari kita lihat lebih dekat beberapa mimpi yang paling umum dan apa yang dikatakan oleh beberapa buku interpretasi mimpi paling populer terkait hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Psikoanalis terkenal Sigmund Freud menggambarkan mimpi sebagai jalan menuju alam bawah sadar. Ia kemudian menyarankan bahwa dengan mempelajari isi mimpi yang jelas, kita kemudian dapat mengungkap keinginan tersembunyi dan tidak sadar yang mengarah pada neurosis.

Neurosis adalah istilah umum yang merujuk pada gangguan jiwa karena adanya stress jangka panjang, namun tidak seperti psikosis yang melibatkan delusi atau halusinasi.

Menganalisis simbol mimpi dan menganggap maknanya dalam kehidupan telah menjadi sumber populer hiburan dan refleksi diri dalam budaya populer. Apakah mimpi benar-benar memiliki makna tersembunyi? Bisakah Anda mempelajari keinginan dan keinginan bawah sadar Anda dengan menafsirkan mimpi?

Ketika sebagian besar teori mimpi modern akan menyarankan bahwa jawabannya adalah tidak, hal itu tidak menghentikan penafsir dan analis untuk menerbitkan sejumlah besar kamus mimpi yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi apa arti sebenarnya dari tema dan simbol mimpi yang umum terjadi.

Mari kita lihat lebih dekat beberapa mimpi yang paling umum dan apa yang dikatakan oleh beberapa buku interpretasi mimpi paling populer terkait hal tersebut, mengutip Very Well Mind, Selasa (20/7/2021):

1. Mimpi Jatuh

Ilustrasi Pesawat Jatuh (iStockphoto)

Mimpi tentang jatuh dari ketinggian sangat umum. Meskipun ada mitos populer bahwa jika Anda mencapai tanah dalam mimpi, berati akan mati dalam kehidupan nyata, itu tidak benar.

Jadi apa sebenarnya arti mimpi tentang jatuh?

Menurut banyak interpretasi mimpi populer dan setidaknya satu studi, mimpi jatuh adalah tanda bahwa sesuatu dalam hidup Anda tidak berjalan dengan baik. Mimpi tersebut mungkin menyarankan bahwa Anda perlu memikirkan kembali pilihan atau mempertimbangkan arah baru di beberapa area kehidupan Anda.

"Mimpi jatuh sangat umum. Ini adalah simbol ketakutan dalam kehidupan nyata - mungkin gagal di tempat kerja atau dalam kehidupan cinta Anda," klaim Russell Grant, penulis The Illustrated Dream Dictionary. "Jatuh sering mengungkapkan kebutuhan untuk melepaskan diri lebih banyak dan lebih menikmati hidup."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mimpi Telanjang di Tempat Umum

Pernahkah Anda memiliki salah satu mimpi canggung, di mana Anda muncul di sekolah atau kantor dengan setelan ulang tahun Anda? Jangan khawatir. Bermimpi telanjang adalah hal biasa.

Penny Peirce, penulis Dream Dictionary for Dummies, menyarankan bahwa memimpikan ketelanjangan di depan umum mungkin menunjukkan bahwa Anda merasa seperti orang palsu atau bahwa Anda takut mengungkapkan ketidaksempurnaan dan kekurangan Anda.

3. Mimpi Dikejar

Ilustrasi Berolahraga Lari Credit: pexels.com/Nappy

Mimpi dikejar oleh penyerang yang dikenal atau tidak dikenal bisa sangat menakutkan. Jenis mimpi ini sangat umum.

Tetapi apa yang dikatakan mimpi-mimpi ini tentang apa yang terjadi di dalam pikiran Anda? Penafsir mimpi sering menyarankan bahwa mimpi seperti itu berarti Anda mencoba menghindari sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

Tony Crisp, penulis Dream Dictionary, menyarankan bahwa dikejar dalam mimpi mungkin menunjukkan keinginan untuk melarikan diri dari ketakutan atau keinginan Anda sendiri.

Kunci untuk memahami apa arti mimpi semacam itu sebagian bergantung pada identitas pengejar Anda. Dikejar oleh binatang mungkin menunjukkan bahwa Anda bersembunyi dari kemarahan, nafsu, dan perasaan Anda sendiri.

Jika pengejar Anda adalah sosok misterius dan tidak dikenal, itu mungkin mewakili pengalaman masa kecil atau trauma masa lalu. Jika Anda dikejar oleh lawan jenis, Crisp menyarankan bahwa itu berarti Anda takut cinta atau dihantui oleh hubungan masa lalu.

4. Mimpi Gigi Copot

Ilustrasi Gigi Sehat Credit: pexels.com/Shiny

Penny Peirce, penulis Dream Dictionary for Dummies, menyarankan bahwa bermimpi tentang kehilangan gigi dapat memiliki banyak arti. Ini mungkin berarti Anda khawatir tentang daya tarik atau penampilan Anda.

Selain itu, mungkin juga menunjukkan bahwa Anda khawatir tentang kemampuan Anda untuk berkomunikasi atau khawatir telah mengatakan sesuatu yang memalukan.

"Esensi sebenarnya dari gigi adalah kemampuannya untuk menggigit, memotong, merobek, dan menggiling," jelasnya. "Jika gigi Anda rontok, Anda kehilangan kekuatan pribadi dan kemampuan Anda untuk bersikap tegas, tegas, dan melindungi diri sendiri."

5. Mimpi Tentang Kematian

Ilustrasi meninggal, kematian, makam, kuburan. (Photo by Suzy Turbenson on Unsplash)

Kematian adalah subjek umum lain dari mimpi dan salah satu yang bisa sangat membingungkan. Pemimpi terkadang memimpikan kematian orang yang dicintai atau bahkan mimpi kematian dirinya sendiri. Penafsiran mimpi populer terkadang menunjukkan bahwa mimpi seperti itu mencerminkan kecemasan tentang perubahan atau ketakutan akan hal yang tidak diketahui.

"Seperti kematian, perubahan bisa menakutkan karena-juga seperti kematian-kita tidak tahu apa yang 'di sisi lain', dari perubahan itu, itulah sebabnya pikiran yang bermimpi menyamakan perubahan dengan kematian," saran Lauri Loewenberg dalam bukunya Dream on It: Unlock Your Dreams, Change Your Life.

Loewenberg juga percaya bahwa bermimpi tentang kematian orang yang dicintai dapat mencerminkan ketakutan yang sama akan perubahan, terutama yang berkaitan dengan anak-anak yang mencapai tonggak sejarah dan tumbuh dewasa. Perubahan seperti itu, sarannya, menunjukkan bahwa seorang anak sedang tumbuh dewasa dan pikiran orang tua mulai bertanya-tanya ke mana perginya versi anak yang lebih muda.

Oleh karena itu, mimpi kematian seperti itu mencerminkan semacam duka atas perjalanan waktu yang tak terhindarkan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang mendekati akhir hayat dan orang-orang terkasih di sekitar mereka mengalami mimpi yang signifikan dan bermakna, sering kali berkaitan dengan kehadiran yang menghibur, bersiap untuk pergi, menonton atau terlibat dengan orang yang meninggal, menunggu orang yang dicintai, pengalaman yang menyedihkan, dan urusan yang belum selesai.

3 dari 3 halaman

6. Arti Mimpi Mengikuti Ujian

Menurut Craig Hamilton-Parker, penulis The Hidden Meaning of Dreams, mengikuti ujian pada mimpi Anda mungkin mengungkapkan ketakutan mendasar akan kegagalan. Studi juga menemukan bahwa mimpi seperti ini adalah hal biasa.

"Ujian adalah pengalaman stres di mana Anda dibuat untuk menghadapi kekurangan Anda," tulisnya. "Mimpi gagal dalam ujian, terlambat untuk ujian, atau tidak siap menunjukkan bahwa Anda merasa tidak siap menghadapi tantangan kehidupan nyata."

7. Mimpi Tentang Perselingkuhan

Ilustrasi Perselingkuhan Credit: pexels.com/pixabay

Bermimpi pasangan atau pasangan romantis Anda selingkuh dengan orang lain bisa sangat menyedihkan. Dalam beberapa kasus, orang bahkan mulai bertanya-tanya apakah mimpi itu benar-benar terjadi.

Apakah bermimpi bahwa pasangan Anda tidak setia berarti itu mungkin terjadi? Atau itu sudah terjadi?

Sementara dalam beberapa kasus, mimpi seperti itu mungkin merupakan cerminan dari ketakutan yang terbangun dari perselingkuhan seperti itu, Trish dan Rob MacGregor, penulis dari Complete Dream Dictionary: A Bedside Guide to Knowing What Your Dreams Mean, percaya bahwa mimpi seperti itu mungkin tidak berarti pasangan Anda selingkuh atau akan selingkuh.

"Ini adalah mimpi 'bagaimana seandainya'— Anda sedang menguji batas realitas," saran mereka.

Eve Adamson dan Gayle Williamson, penulis The Complete Idiot's Guide Dream Dictionary, berpendapat bahwa mimpi tentang perselingkuhan seperti itu menunjukkan masalah dengan kepercayaan, kesetiaan, dan komunikasi dalam suatu hubungan.

"Jika Anda atau pasangan Anda berselingkuh dalam mimpi, salah satu dari Anda tidak mendapatkan apa yang Anda butuhkan dari hubungan itu sekarang," tulis mereka.

8. Mimpi Terbang

ilustrasi pesawat terbang. Photo by Ghana Shyam Khadka on Unsplash

Mimpi tentang terbang banyak dialami oleh banyak orang.

Mereka bisa menyenangkan dan bahkan membebaskan, tetapi kadang-kadang bisa sangat menakutkan (terutama bagi mereka yang takut ketinggian). Menurut Tony Crisp, penulis Dream Dictionary, mimpi tentang terbang seringkali mewakili dua sisi yang sangat berbeda.

Di satu sisi, mimpi seperti itu dapat mewakili perasaan kebebasan dan kemandirian. Di sisi lain, mereka juga dapat menunjukkan keinginan untuk melarikan diri atau melarikan diri dari kenyataan hidup.

"Terbang sendirian paling sering terjadi," tulisnya, "menunjukkan aspek independen dari terbang. Tetapi karena sering kali melibatkan perasaan senang yang positif, terbang dapat menggambarkan seksualitas kita...terutama aspek-aspek yang mengekspresikan kebebasan dari norma dan batasan sosial."

9. Mimpi Kehamilan

Ilustrasi Kehamilan Credit: pexels.com/mikoto

Penafsir mimpi sering menyarankan bahwa mimpi tentang kehamilan mewakili segalanya mulai dari kreativitas hingga ketakutan.

David C. Lohff, penulis Dream Dictionary, percaya bahwa mimpi kehamilan terkadang mewakili ketakutan seorang wanita menjadi ibu yang tidak memadai. 

Penulis Tony Crisp, di sisi lain, menunjukkan bahwa mimpi seperti itu menunjukkan bahwa si pemimpi sedang mengembangkan beberapa area potensi atau memperdalam suatu hubungan. Sementara penerjemah mimpi Russell Grant menulis bahwa mimpi-mimpi ini menandakan masa-masa sulit.

Jadi apa yang Anda pikirkan? Apakah beberapa tafsir mimpi ini tampak akurat? Jika tidak, jangan khawatir – impian Anda unik dan sangat pribadi. Anda tidak akan menemukan apa pun selain hiburan sederhana dalam buku interpretasi umum dan kamus mimpi.

Alih-alih anggap mimpi Anda sebagai cerminan dari kehidupan nyata Anda, yang mencerminkan ketakutan, kecemasan, keinginan, harapan, dan aspirasi Anda untuk masa depan. Pertimbangkan makna pribadi dari mimpi Anda.

Kemungkinan besar, hal-hal yang Anda alami dalam mimpi Anda mungkin merupakan cerminan dari kekhawatiran yang Anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari Anda. Demikian menurut situs Verywellmind.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.