Sukses

Kelalaian Picu Virus COVID-19 Diduga Kabur dari Lab, Ancaman Biosekuriti Mengintai

Lebih dari tiga juta orang telah tercatat meninggal karena COVID-19 di seluruh dunia hanya dalam 18 bulan

Liputan6.com, Washington D.C. - Lebih dari tiga juta orang telah meninggal karena COVID-19 di seluruh dunia hanya dalam 18 bulan terakhir ini.

Secara resmi jumlah kematian akibat COVID-19 telah menembus 3,4 juta, meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekarang mengatakan angka sebenarnya mungkin 8 juta atau bahkan lebih tinggi.

Melansir BBC, Selasa (1/6/2021), Amerika Serikat (AS) baru saja mengumumkan sedang meninjau kembali asal-usul virus, termasuk kemungkinan lolos dari laboratorium di Wuhan, meskipun WHO mengatakan awal tahun ini teori ini "sangat tidak mungkin". 

Sekarang seorang ahli terkemuka dalam perang biologis telah meminta para pemimpin kelompok G7 dari negara-negara industri terkemuka untuk mempertimbangkan pembatasan yang lebih ketat, memperingatkan laboratorium yang diatur secara longgar adalah pintu gerbang bagi teroris.

Kolonel Hamish de Bretton-Gordon adalah seorang tentara yang menjadi akademisi yang sebelumnya memimpin Resimen Kimia, Biologi, Radiologi, dan Nuklir Inggris. Dia telah meneliti efek perang kimia dan biologis secara langsung, terutama di Irak dan Suriah.

"Sayangnya saya telah menghabiskan banyak hidup saya di tempat-tempat di mana ada pemerintah jahat yang ingin menyakiti orang lain. Saya pikir laboratorium ini adalah tujuan terbuka bagi teroris dan lainnya, dan terserah kita untuk membuatnya sesulit mungkin untuk mereka," katanya.

Kontrol internasional di pusat-pusat tempat virus berbahaya dibuat dan dipelajari terbukti sangat lemah.

Mereka yang bekerja dengan patogen dari berbagai jenis dikelompokkan menurut tingkat risiko potensi bahaya biohazardnya, dari 1 hingga 4, tingkat tertinggi; 50 atau lebih laboratorium di seluruh dunia masuk dalam kategori 4, di antaranya Porton Down, dekat Salisbury - pusat penelitian biologi dan kimia paling rahasia di Inggris.

Porton Down sering digambarkan sebagai standar emas untuk keamanan hayati, dan laboratorium Kategori 4 diatur dengan sangat ketat. Tetapi laboratorium Kategori 3 dengan kontrol yang lebih lembut jauh lebih umum. Col de Bretton-Gordon mengatakan ada lebih dari 3.000 laboratorium Kategori 3 di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbeda dengan Ancaman Biologis, Penelitian Senjata Kimia Jauh Lebih Diatur

Mayoritas terlibat dalam penelitian medis, tetapi itu sering kali melibatkan penahanan dan pengujian virus seperti COVID-19. Dan beberapa berada di negara-negara seperti Iran, Suriah, dan Korea Utara, di mana motif kekuasaan yang berkuasa dianggap dengan kegugupan oleh sebagian besar dunia luar.

Dibandingkan dengan ancaman biologis, penelitian senjata kimia jauh lebih diatur. 

Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) didirikan berdasarkan Konvensi Senjata Kimia pada tahun 1997 dan mencakup 193 negara anggota. Ia memiliki kewenangan untuk melakukan inspeksi di tempat untuk memastikan bahwa tidak ada penelitian dan pengembangan ilegal yang sedang berlangsung.

Seperti yang diperlihatkan oleh peristiwa di Suriah, OPCW belum mampu menghentikan pembuatan dan penggunaan senjata kimia, tetapi OPCW aktif dan efektif. Pengendalian penelitian biologi dan persenjataan kurang ketat. 

Konvensi Senjata Biologi (BWC), yang secara efektif melarang senjata biologi dan racun, mulai berlaku pada tahun 1975. Tetapi lebih sedikit negara yang tergabung dalam BWC, dan tidak pernah mungkin untuk menyetujui rezim verifikasi yang tepat untuk memastikan anggota mematuhi sepenuhnya istilah.

Kolonel de Bretton-Gordon berharap risiko yang ditimbulkan oleh pusat biologis di seluruh dunia akan menjadi agenda pada KTT para pemimpin G7 pada bulan Juni, dan telah melobi menteri pemerintah Inggris untuk mendorong kontrol yang lebih ketat. Para pendukungnya termasuk mantan kepala CIA, Jenderal David Petraeus.

"Saya pikir hampir semua presiden AS ingin mendukung saran ini. Para pemimpin dunia harus mengambil langkah ini ke depan. Beberapa mungkin menentang gagasan itu karena alasan mereka sendiri - Korea Utara, misalnya. Tapi saya pikir mayoritas besar akan menginginkannya," kata Jenderal Petraeus.

 

3 dari 3 halaman

Ancaman Serius dari Senjata Biologis, Nuklir

Dari 2007 hingga 2008 Jenderal Petraeus merupakan komandan pasukan multinasional pimpinan AS di Irak, sebuah negara yang di bawah Saddam Hussein pasti mengembangkan senjata kimia dan biologi, meskipun tidak ada yang ditemukan setelah invasi pimpinan AS tahun 2003. Waktunya bertugas dari CIA memperkuat ketakutannya bahwa senjata biologis di bawah kendali pemerintah nakal dapat menimbulkan ancaman yang sangat serius.

Selama beberapa dekade negara-negara telah mendesak kontrol yang lebih besar atas senjata nuklir dan yang terakhir senjata kimia, dan penelitian yang menghasilkannya. 

Ada banyak kematian karena hal-hal ini: senjata kimia menewaskan ribuan orang Kurdi di Irak pada tahun 1988, dan sejumlah orang Suriah yang tidak diketahui selama perang saudara saat ini.

Tetapi mengingat bahwa 8 juta orang mungkin telah meninggal karena COVID-19, kemungkinan virus dapat lolos dari salah satu dari 3.000 atau lebih laboratorium yang tidak terkontrol secara menyeluruh membuat ancaman biologis menjadi lebih berbahaya.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.