Sukses

Bersyukur Punya Pekerjaan yang Tak Sesuai dengan Keinginan Punya Efek Buruk

Meskipun rasa syukur atas pekerjaan yang Anda miliki mudah diucapkan, sering kali hal itu salah tempat dan merupakan akibat dari tekanan untuk menutupi energi negatif.

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari kenyataan bahwa para ilmuwan mengasosiasikan kebahagiaan dengan ucapan terima kasih, terkadang rasa syukur memiliki kelemahan. 

Meskipun rasa syukur atas pekerjaan Anda bisa tulus dan otentik, seringkali hal itu salah tempat dan merupakan akibat dari tekanan untuk "bersyukur" atas pekerjaan. 

Dan rasa syukur tanpa pamrih dan wajib ini bisa menjadi bumerang bagi kita.

Menurut Bright Side, Selasa (18/5/2021) rasa syukur terkait pekerjaan ternyata memiliki kelemahan yang memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Mentolerir Hal yang Membuat Tidak Bahagia

Banyak orang memiliki contoh dari masa kecil mereka yang dipaksa untuk merasa bersyukur atas sesuatu yang tidak mereka sukai. Beberapa diajar untuk menghargai apa yang dimiliki dan tidak mengeluh tentang itu.

Kemudian saar tumbuh dewasa dan melanjutkan cara berpikir ini sebagai orang dewasa di tempat kerja, menekan diri sendiri untuk mengungkapkan rasa syukur "Bisa jadi lebih buruk".

Anda mungkin berkata kepada diri sendiri dalam situasi yang sulit. 

Tetapi jika Anda terlalu sibuk mendorong diri sendiri untuk bersyukur atas pekerjaan, Anda mungkin tidak menyadari bahwa sebenarnya pekerjaan itu membebani dan membuat Anda merasa mandek.

3 dari 4 halaman

Digunakan untuk Menutupi Emosi Negatif

Saat memaksakan diri untuk bersyukur, Anda mungkin mulai menggunakan taktik "melewati rasa syukur " untuk menghindari dan menekan perasaan negatif. 

Anda mengatakan kepada diri sendiri bahwa merasa bersyukur ketika benar-benar merasa sedih, stres, cemas, atau lelah.

Anda bisa saja melewatkan tanda bahaya yang seharusnya membuat khawatir bahwa ada sesuatu yang salah.

Jelas, ini tidak sehat, dan ini tidak memungkinkan Anda untuk melihat efek positif dari rasa syukur yang tulus saat mengalami sisi negatif dari penghindaran emosional. Akhirnya, perasaan negatif akan menyusul - kemungkinan dengan intensitas yang lebih tinggi. 

Dengan mengganti perasaan ini dengan rasa terima kasih yang dipaksakan, Anda juga mengabaikan bagaimana perasaan tersebut dapat memotivasi diri untuk memperbaiki situasi.

4 dari 4 halaman

Membuat Lebih Rentan terhadap Atasan

Rasa syukur yang salah tempat dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pemberi kerja, baik untuk memanipulasi pekerja agar bekerja berlebihan atau untuk "memotong biaya," menggunakannya sebagai alasan untuk memberhentikan atau membayar Anda lebih sedikit.

Mereka tahu karyawan mereka tidak akan mengeluh atau berhenti karena mereka takut tidak akan mendapatkan pekerjaan baru. Jika orang bersyukur karena memiliki pekerjaan, hal ini dapat menghalangi mereka untuk membela hak-hak mereka yang sebenarnya.

Ini semua mengarah pada kerja berlebihan, meningkatkan stres, dan ketidakpuasan dengan pekerjaan dan hidup Anda.

Untuk menghindarinya, ingatlah bahwa Anda tidak berutang apa pun kepada majikan Anda; Anda tidak boleh bersyukur hanya karena mereka "membiarkan Anda" bekerja untuk mereka.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.