Sukses

17-2-1996: Juara Catur Garry Kasparov Menang Lawan Sistem Komputer Canggih

Liputan6.com, Jakarta - Garry Kasparov, dianggap sebagai salah satu pemain catur terhebat dalam sejarah.

Kasparov lahir pada tanggal 13 April 1963, di republik Azerbaijan.

Mengutip dari History, Selasa (16/2/2021), pada tahun 1985, di usia 22 tahun, Kasparov menjadi juara dunia termuda dalam sejarah saat ia mengalahkan Anatoly Karpov.

Dalam pertandingan terakhir dari enam pertandingan, juara catur dunia Garry Kasparov menang atas Deep Blue, komputer permainan catur IBM, dan memenangkan pertandingan dengan skor 4-2.

Namun, Deep Blue berhasil mengalahkan Kasparov dalam pertandingan ulang yang dipublikasikan besar-besaran pada tahun berikutnya.

2 dari 6 halaman

Asal Mula Deep Blue

Deep Blue berasal dari tahun 1985, ketika mahasiswa doktoral Universitas Carnegie Mellon, Feng Hsiung Hsu mulai mengembangkan komputer permainan catur yang disebut ChipTest.

Komputer tersebut kemudian dikenal sebagai Deep Thought, diambil dari nama mesin dalam novel fiksi ilmiah The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy oleh Douglas Adams.

Hsu dan kolaboratornya, Murray Campbell dan Thomas Anantharaman, kemudian dipekerjakan oleh IBM, di mana mereka terus mengerjakan komputer permainan catur.

Pada tahun 1989, Gary Kasparov dengan mudah mengalahkan Deep Thought ketika mereka bertemu untuk 2 pertandingan.

Tim IBM terus menyempurnakan super komputer mereka, yang pada 1993 berganti nama menjadi Deep Blue, kombinasi dari Deep Thought dan Big Blue, julukan IBM.

3 dari 6 halaman

Pertandingan Manusia dan Mesin

Pertandingan enam antara Kasparov dan Deep Blue dimulai pada 10 Februari 1996, di Pennsylvania Convention Center di Philadelphia.

Meskipun Deep Blue mampu mengevaluasi 100 juta posisi catur yang berbeda per detik, tim IBM tidak yakin pada kinerja komputer dalam kompetisi dan Kasparov diunggulkan untuk menang.

Alih-alih, karena frustrasinya, juara catur dunia itu kalah pada pertandingan pertama dari Deep Blue.

Namun, Kasparov yang ulet dan brilian dengan cepat bangkit dan memenangkan game kedua, kemudian pada game ketiga dan keempat berakhir imbang, sementara Kasparov memenangkan game kelima.

Pada 17 Februari, master catur menang atas Deep Blue di game keenam dan memenangkan pertandingan, dengan skor akhir 4-2.

4 dari 6 halaman

Kemenangan dari Permainan

Pada tanggal 3 Mei 1997, 6 pertandingan ulang antara manusia dan mesin dipublikasikan secara besar-besaran.

Tim IBM telah bekerja untuk meningkatkan Deep Blue sejak kekalahannya pada tahun 1996 dari Kasparov sehingga versi komputer yang lebih baik telah mampu memeriksa 200 juta posisi catur yang berbeda per detik.

Kasparov merebut game pertama sementara Deep Blue memenangkan game kedua kemudian game ketiga, keempat dan kelima berakhir seri.

Pada 11 Mei, Deep Blue memenangkan pertandingan keenam sekaligus, dan kemenangan tersebut merupakan dorongan publisitas yang sangat besar bagi IBM.

Kasparov yang tidak puas mengatakan bahwa Deep Blue telah dibantu oleh semacam bantuan manusia selama pertandingan, tuduhan tersebut dibantah oleh IBM.

Kasparov menuntut pertandingan ulang, tetapi sebaliknya, IBM menghentikan Kasparov.

Kasparov mempertahankan gelar juara catur dunia hingga 2000, pada Maret 2005, ia mengumumkan pengunduran dirinya dari catur profesional.

 

Reporter: Veronica Gita

5 dari 6 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

6 dari 6 halaman

Saksikan Juga Video Berikut Ini: