Sukses

VW Kodok hingga Kapal Selam, 6 Kendaraan Unik Para Pemimpin Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Jet mewah, kapal pesiar besar, bahkan kapal selam... para pemimpin dunia, mulai dari Ratu Elizabeth hingga Vladimir Putin berkeliling dunia dalam segala macam cara yang berbeda --dan seringkali unik serta luar biasa.

Berikut beberapa moda transportasi tak biasa yang digunakan politisi dan pemimpin dunia, dikutip dari Lovemoney, Minggu (17/1/2021):

2 dari 8 halaman

1. Kereta Keluarga Kerajaan Inggris

Sejak pemerintahan Ratu Victoria, anggota keluarga kerajaan Inggris sering diangkut ke seluruh negeri dengan kereta agung mereka sendiri.

Kereta kerajaan saat ini diperkenalkan pada tahun 1977 untuk Queen's Silver Jubilee. Awalnya biaya $ 2.5 juta per tahun untuk menjalankan - yang setara dengan sekitar $ 15.6 juta hari ini. Namun, biaya operasionalnya saat ini telah berkurang jauh menjadi sekitar $ 1 juta setahun pada 2017.

3 dari 8 halaman

2. Kapal Pesiar Kim Jong-un

Diktator Korea Utara Kim Jong-un memiliki superyacht 'bintang tujuh' setinggi 200 kaki (mirip dengan yang digambarkan), menurut bintang basket AS Dennis Rodman yang dikabarkan dekat dengan pemimpin negara itu.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar The Sun, Rodman menggambarkan kapal pesiar itu sebagai "persilangan antara feri dan kapal Disney" dan mengatakan para tamu mendapatkan "semua yang Anda inginkan, dia memiliki yang terbaik."

4 dari 8 halaman

3. Kapal Selam Vladimri Putin

Pada tahun 2019 Pemimpin Rusia Vladimir Putin terekam mengemudikan kapal selam bergaya James Bond untuk menyelidiki bangkai kapal selam Soviet yang telah tenggelam selama Perang Dunia II di dasar Teluk Finlandia. Pemimpin Rusia turun 200 kaki di kapal selam $ 2,4 juta untuk menjelajahi bangkai kapal.

Sementara pada tahun 2015, Putin juga pernah menjadi pilot kapal selam selama kunjungan kontroversial ke semenanjung Krimea yang dipersengketakan dengan Ukraina.

5 dari 8 halaman

4. Superyacht Keluarga Kerajaan Saudi, Terbesar di Dunia

Keluarga kerajaan Saudi diperkirakan memiliki kekayaan bersih gabungan $ 1,4 triliun, menjadikan mereka bangsawan terkaya di dunia. Jadi tidak mengherankan mereka memiliki salah satu superyachts terbesar di planet ini yang bernama Pangeran Abdulaziz --dimiliki pertama kali oleh Raja Fahd.

Dengan panjang 482 kaki, termasuk helipad, itu adalah yang terpanjang di dunia hingga 2006, dan dengan 65 awak kapal dapat menampung hingga 64 tamu. Kapal pesiar ini diperkirakan bernilai setidaknya $ 100 juta.

6 dari 8 halaman

5. Boeing 747 Sultan Brunei

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah tidak hanya memiliki armada pesawat pribadi - ia menerbangkannya sendiri.

Jet pribadinya adalah Boeing 747 yang dibelinya dari Lufthansa, dilaporkan dengan harga sekitar $ 100 juta.

Sultan kemudian memercikkan $ 120 juta lebih lanjut untuk secara serius meningkatkan interior, menambahkan fitur-fitur seperti wastafel emas padat.

 

7 dari 8 halaman

6. VW Beetle/Kodok Eks Presiden Uruguay

Mantan presiden Uruguay Jose Mujica memilih menggunakan Volkswagen Beetle 1987 penyok saat menjabat.

Dijuluki "presiden termiskin di dunia", Mujica terang-terangan menolak limo negara --plus menyumbangkan 90% gaji bulanannya-- demi beramal.

Beetle-nya dihargai kurang dari $ 2.000, tetapi mobil itu menjadi sangat terkenal, seorang Sheikh Arab menawarkan $ 1 juta untuk itu pada tahun 2014, yang ditolak Mujica.

8 dari 8 halaman

Simak video pilihan berikut: