Sukses

Donald Trump Pilih ke Klub Golf Ketimbang Hadiri Pelantikan Presiden Joe Biden

Liputan6.com, D.C - Pada saat Joe Biden dilantik sebagai presiden AS ke-46 pada Rabu 20 Januari 2021, pendahulunya yang tercemar skandal, Donald Trump, sudah akan jauh terbang dengan helikopter keluar dari Gedung Putih, kata seorang pejabat pada Jumat 15 Januari 2021.

Trump akan menjadi presiden pertama dalam satu setengah abad yang (berencana) tidak hadir dalam pelantikan penggantinya.

Seorang pejabat yang meminta untuk tidak diidentifikasi mengatakan Trump akan pergi ke klub golf Mar-a-Lago-nya di Florida, yang merupakan 'rumah kedua' setelah Gedung Putih bagi presiden ke-45 AS tersebut.

Dia diperkirakan akan berada di luar kota Washington DC sebelum Biden mengambil sumpah di tangga gedung Kongres AS (Capitol) pada siang hari.

Setelah menghabiskan lebih dari dua bulan mencoba membatalkan hasil pemilu November, mendorong teori konspirasi palsu tentang kecurangan, dan berujung pada kerusuhan 6 Januari --di mana massa meringsek ke gedung Kongres, kehadiran Donald Trump belum diharapkan pada pelantikan Joe Biden.

Adalah sebuah tradisi di AS presiden yang keluar akan berdiri bersama presiden terpilih di tangga Capitol, dengan demikian menunjukkan dukungan yang terlihat untuk transfer kekuasaan yang damai.

Bukan itu saja tradisi yang dilanggar Donald Trump dan administrasinya. Ia turut dilaporkan menolak mengundang Joe Biden dan istrinya Jill Biden ke Gedung Putih untuk acara minum teh di Oval Office Gedung Putih.

2 dari 3 halaman

Informasi Lengkap Soal Pelantikan Presiden Terpilih AS Joe Biden

Presiden AS terpilih Joe Biden tidak akan secara resmi pindah ke Gedung Putih sampai hari pelantikan. 20 Januari mendatang.

Pelantikan adalah upacara resmi yang menandai dimulainya era kepresidenan baru, dan berlangsung di Washington D.C.

Satu-satunya momen hari pelantikan yang diperlukan adalah bahwa presiden terpilih mengucapkan sumpah jabatan presiden yakni: "Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia menjalankan Kantor Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat. "

Begitu dia mengucapkan kata-kata ini, Biden kemudian akan menjadi presiden ke-46 dan pelantikannya akan selesai. Setelah itu, Kamala Harris pun akan menjadi wakil presiden setelah dia mengambil sumpah, yang biasanya terjadi tepat sebelum presiden dilantik.

Upacara pelantikan Joe Biden akan diselenggarakan pada 20 Januari mendatang.

Mengutip BBC, Jumat (15/1/2021), berikut adalah sejumlah fakta lengkap soal pelantikan Joe Biden pada 20 Januari mendatang:

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: