Sukses

Kaisar Naruhito Terima Surat Kepercayaan dari Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi

Kaisar Jepang Naruhito menerima Letters of Credentials (Surat Kepercayaan) dari Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi.

Liputan6.com, Tokyo - Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, datang ke Istana Kaisar Jepang untuk menyerahkan Letters of Credentials (Surat Kepercayaan) selaku dubes baru. Ia disambut oleh Kaisar Naruhito.

Heri Akhmadi adalah mantan anggota DPR mewakili PDI Perjuangan dari Jawa Timur. Dia menjabat selama tiga periode pada 1999-2004, 2004-2009, dan 2009-2014.

Dubes Heri datang ke Istana Kaisar pada Kamis (17/12/2020), ia didampingi oleh Wakil Duta Besar Tri Purnajaya, Atase Pertahanan Edwardus Wisoko, Koordinator Fungsi Politik Andi Ardiansyah, Koordinator Fungsi Ekonomi Rima Cempaka, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya Meinarti Fauzie dan Koordintor Fungsi Protokol & Konsuler Ali Sucipto.

Sementara itu, Kaisar Naruhito didampingi oleh Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Kajiyama Hiroshi dan Kepala Rumah Tangga Istana Kekaisaran Yasuhiko Nishimura.

Heri Akhmadi sempat berbincang dengan Kaisar Naruhito. Selama bertugas di Jepang, Heri akan memastikan ada empat prioritas yang tengah dilakukan terkait kerjasama bilateral Indonesia Jepang.

"Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional dan penguatan kerja sama penanggulangan COVID-19. Lalu peningkatan kerja sama bilateral guna pengembangan kemitraan di Forum Regional dan Multilateral. Dan terakhir adalah Perlindungan Warga Negara Indonesia di Jepang," tegas Heri Akhmadi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Latihan

Sebelum menuju Istana Kaisar, Duta Besar Heri Akhmadi beserta rombongan dari Wisma Duta KBRI Tokyo berangkat menuju VIP Lounge Stasiun Tokyo untuk melakukan latihan prosesi penyerahan Surat Kepercayaan kepada Kaisar Naruhito.

Setelah itu Dubes Heri Akhmadi beserta rombongan menuju South Porch Imperial Palace, dan disambut oleh Vice Grand Master of Ceremonies, Iwami. Dubes Heri Akhmadi lalu kembali melakukan latihan seremonial di Matsu Ceremonial Hall, sekaligus perkenalan dengan pejabat Jepang yang menghadiri acara di Istana Kekaisaran. 

"Indonesia dan Jepang akan semakin mempererat persahabatan yang sudah terjalin sejak 1958", ujar Heri Akhmadi. 

Dubes Heri Akhmadi berharap dukungan dari semua pemangku kepentingan kerja sama Indonesia - Jepang, khususnya masyarakat Indonesia di Jepang. Setelah bertemu Kaisar Naruhito, Dubes Heri mengadakan acara ramah tamah di wisma KBRI Tokyo. 

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.