Sukses

Rilis Protokol COVID-19 Baru, China Minta Kru Pesawat Pakai Popok Sekali Pakai

Pedoman baru tiongkok untuk awak pesawat agar menggunakan popok sekali pakai pada saat pandemi berlangsung.

Liputan6.com, Beijing - Saat pandemi virus Corona COVID-19 berlangsung dan merajalela, pejabat transportasi di seluruh dunia mencari cara agar dapat menjaga penumpang dan awak pesawat untuk tetep aman, tak terkecuali China.

Pada 25 November 2020, Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC) merilis pedoman baru untuk industri penerbangan negara yang diawasi olehnya.

Dilansir dari CNN, Jumat (11/12/2020), dokumen ini berjudul Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian Epidemi bagi maskapai dalam edisi keenam. Panduan tersebut berisi mengenai saran tentang cara praktik kebersihan terbaik yang harus dilakukan pada saat di pesawat dan di bandara.

Tetapi, salah satu dari saran itu berbunyi, mengenai personel seperti pramugari dan kru kabin memakai popok sekali pakai agar mereka tidak perlu untuk ke kamar mandi.

Sebuah bagian tentang APD juga menyarankan, bahwa awak kabin yang dalam penerbangan ke dan dari negara yang berisiko tinggi, harus mengenakan masker medis, sarung tangan medis sekali pakai yang berlapis ganda, kacamata, topi sekali pakai, pakaian pelindung sekali pakai, dan penutup sepatu sekali pakai.

Kalimat berikutnya berbunyi, "Direkomendasikan agar awak kabin memakai popok sekali pakai dan menghindari penggunaan toilet, kecuali dalam keadaan khusus, untuk menghindari adanya risiko infeksi."

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemungkinan Dapat Tertular dari Kamar Mandi Pesawat

Meskipun nasihat yang semacam itu mungkin terlihat dramatis, namun, bukan rahasia lagi jika toilet bisa saja menjadi tempat paling berkuman di pesawat terbang. Pada bulan Agustus, seorang wanita yang bepergian dari Italia ke Korea Selatan, tertular virus Corona COVID-19 selama perjalanannya.

Di pesawat ia datang ke kamar mandi, yang merupakan tempat satu-satunya ketika dia tidak menggunakan masker N95, hal ini diduga sebagai sumber terinfeksinya. Desain dalam kamar mandi di pesawat, sudah menjadi topik yang hangat sebelum adanya COVID-19, namun pandemi telah memfokuskan upaya untuk menciptakan solusi yang baru.

Maskapai penerbangan Jepang ANA, telah mengumumkan bahwa awal tahun ini mereka sedang menguji prototipe, yakni pintu toilet hands-free baru. Selain itu, Boeing juga berhasil mengajukan hak paten terhadap toilet yang dapat membersihkan sendiri, ini akan menggunakan sinar UV untuk dapat membersihkan 99,9% kuman di kamar mandi setelah digunakan.

 

Reporter : Romanauli Debora

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandem

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.