Sukses

Studi: Main Gim Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Rata-rata, gamer menghabiskan lebih dari 6 jam seminggu untuk bermain gim. Meskipun bermain terlalu banyak dapat menyebabkan mata tegang dan memicu migrain.

Namun jika bermain gim sesekali, sebenarnya dapat berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan, demikian dikutip dari laman Brigtside.me, Jumat (4/12/2020).

Para ahli telah menemukan bahwa bermain gim mungkin baik untuk kesehatan. Bagaimana penelitian menghasilkan pandangan seperti itu?

Untuk mengetahui apakah gim meningkatkan kesehatan mental kita atau memiliki efek positif pada kehidupan sehari-hari, dipilih 33 orang dari usia 55 hingga 75 tahun.

Mereka dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok satu diminta memainkan gim Mario selama 30 menit sehari, kelompok 2 diberi pelajaran piano, dan kelompok 3 tidak diberi tugas apapun itu.

Hasilnya mengungkapkan bahwa bermain gim mungkin baik untuk kita.

Setelah 6 bulan, mereka diminta melakukan scan MRI. Menurut laporan tersebut, hanya individu yang termasuk dalam kelompok satu mengalami peningkatan materi ingatan dan kesehatan di otak mereka.

Memori jangka pendek mereka meningkat, begitu juga dengan kesehatan mental mereka.

Pada tahun 2014 lalu, serangkaian penelitian serupa dilakukan oleh peneliti yang sama dengan orang dewasa sebagai subjeknya.

Mereka diminta untuk memainkan teka-teki 3D dan permainan logika dan mereka juga menunjukkan peningkatan pada otak mereka karena bermain gim.

 

2 dari 3 halaman

Studi Lain Soal Gim

Studi lain yang dilakukan oleh American Association of Psychology mengungkapkan bahwa bermain gim yang mudah dapat meningkatkan mood seseorang, menghilangkan kecemasan, dan menenangkannya.

Inilah yang bisa dilakukan gim untuk Anda.

Selain itu, video gim dapat membantu membangun keterampilan pemecahan masalah pada anak-anak. Mereka dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit kronis.

Mereka bahkan mungkin membuat Anda lebih pintar.gim seperti Tetris dapat membantu pasien yang mengalami trauma. Apakah bermain gim membuat Anda merasa lebih baik? Jenis gim apa yang kamu mainkan?

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: