Sukses

Mengira Iritasi, 20 Cacing Ternyata Hidup di Mata Pria Ini Sudah Setahun

Seorang pria asal China baru menyadari bahwa dirinya memiliki hampir 20 cacing hidup di matanya. Awalnya hanya mengeluh iritasi.

Liputan6.com, Suzhou - Ini kisah pria China bernama Wan, seorang pecinta olahraga berusia 60 tahun-an.

Ia diketahui mengalami iritasi parah pada mata, yang kemudian memutuskan ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisinya. Hasilnya mengejutkan, dokter mengatakan hampir 20 cacing parasit hidup di indera penglihatannya itu. Diyakini sudah bersarang di sana sekitar setahun.

Dokter pun memutuskan untuk mengeluarkan cacing tersebut dari mata Wan, dan memasukan cacing-cacing tersebut ke dalam sebuah wadah.

Insiden itu terungkap ketika Wan mencari perawatan medis di Rumah sakit Kota Suzhou, China Timur. Dalam sebuah rekaman, cacing-cacing putih yang telah dikeluarkan dari mata Wan memberontak menggeliat di sebuah wadah.

Menurut laporan media lokal China, seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa (27/10/2020), dokter mata bernama Xing Ting meyainkan bahwa pasien pecinta olahraga ini telah digigit oleh serangga yang membawa larva parasit, pada saat pasien berolahraga di luar ruangan. Kemudian parasit itulah yang kemungkinan masuk ke dalam tubuh melalui serangga yang telah terinfeksi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis Parasit yang Sering Menjadi Penyebabnya

Cacing-cacing tersebut merupakan spesies dari Thelazia Callipaeda yang merupakan penyebab sering terjadinya thelaziasis atau yang dikenal sebagai infestasi cacing mata.

Parasit cacing itu kebanyakan ditemukan pada anjing dan kucing, namun mereka juga dapat ditularkan kepada manusia. Hal ini terjadi Ketika orang terpapar lalat terinfeksi yang memakan sekresi mata.

Pada akhirnya setelah melalui proses operasi yang sukses, Wan diyakini pulih.

Reporter : Romanauli Debora

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.