Sukses

7 Makanan yang Bisa Bantu Tubuh Tingkatkan Imunitas Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 23 juta orang jatuh sakit setiap tahun hanya karena makan makanan yang terkontaminasi, menurut WHO.

Dan menurut laporan lain, sebenarnya ada banyak virus berbeda sebanyak bintang di langit. Agar tubuh kita tidak sakit, solusi terbaik adalah membangun kekebalan kita dari dalam.

Untungnya, upaya tersebut sebenarnya mudah dicapai. Kuncinya adalah dengan meningkatkan imun dan kekebalan tubuh melalui makanan dan menjaga gaya hidup sehat.

Mengutip laman Bright Side, Selasa (13/10/2020), berikut adalah 7 jenis makanan yang diyakini dapat membantu tubuh Anda meningkatkan imunitas:

2 dari 9 halaman

1. Kacang Almond

Satu ons kacang almond memiliki nilai kalsium yang sama dengan 1/4 cangkir susu. Nutrisi luar biasa ini dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap bugar.

Menurut peneliti, almond meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama dalam melawan virus. Tingginya kandungan vitamin E dan serat, kacang almond juga dapat menjaga gula darah Anda tetap terkendali.

3 dari 9 halaman

2. Pepaya

Kaya akan antioksidan, pepaya adalah pilihan lezat yang sarat dengan manfaat. Beberapa di antaranya termasuk melawan peradangan, mengurangi risiko kanker, dan menjaga pencernaan tetap terkendali.

4 dari 9 halaman

3. Kiwi

Dengan vitamin C, vitamin K, dan vitamin E, kiwi dapat membantu mengatasi asma dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah kiwi juga dapat mencegah kondisi seperti flu biasa dan flu.

Selain itu, kiwi dapat membantu pencernaan dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap kehilangan penglihatan.

5 dari 9 halaman

4. Jahe

Salah satu rempah yang mudah didapat ini memberikan keajaiban bagi tubuh Anda. Jahe dapat membantu menurunkan kolesterol, meredakan nyeri haid, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi secara keseluruhan.

6 dari 9 halaman

5. Tiram

Tiram merupakan jenis makanan yang rendah kalori tapi penuh nilai gizi. Mereka adalah sumber asam lemak dan protein omega-3.

Mengkonsumsi tiram juga dapat memastikan sistem kekebalan tubuh Anda terus berjalan, berkat kandungan seng di dalamnya. Tiram juga mengurangi risiko diabetes.

7 dari 9 halaman

6. Bayam

Bukan rahasia lagi bahwa bayam baik untuk kesehatan Anda, tetapi ternyata juga merupakan pembangkit tenaga nutrisi ini juga bagus untuk kekebalan Anda.

Bayam merupakan sumber magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi saraf, jantung yang sehat, tekanan darah yang baik, dan otot yang kuat.

8 dari 9 halaman

7. Semangka

Semangka tidak hanya dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda, tetapi juga dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi peradangan di tubuh Anda.

9 dari 9 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: