Sukses

Aksi Pilot Rusia Terbangkan Pesawat Jet Tanpa Penutup Kokpit Jadi Sorotan

Rekaman menunjukkan adanya seorang pilot Rusia menerbangkan jet tempur siluman baru Rusia Su-57 tanpa penutup atap di kokpitnya.

Liputan6.com, Astrakhan - Rekaman mengejutkan yang menunjukkan pilot Rusia menerbangkan pesawat jet tempur siluman baru Kremlin Su-57 tanpa atap di kokpit jadi sorotan warganet.

Laporan The Sun Senin (12/10/2020) menyebut, penerbang pemberani itu berada di kontrol pesawat perang canggih dengan kecepatan 1.300 mph. Tanpa kanopi plexiglass yang menutupi bagian atas dan samping kokpit yang  mencegah pilot dari kedinginan. 

Bagian itu diyakini sengaja dibuka sebagai latihan dari uji prosedur darurat jika pesawat mengalami masalah sebelum proses ejeksi. 

Para pengamat mengatakan pilot itu mengenakan setelan khusus sebagai perlindungan terhadap hawa dingin di ketinggian yang ekstrem.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Data Perincian

Sejauh ini pihak kementerian pertahanan Rusia tak menyebut detail ketinggian, kecepatan pesawat hingga tujuan latihan dalam rekaman video tersebut.

Kendati demikian pesawat tempur ini dirancang untuk membawa rudal berkemampuan nuklir hipersonik Kinzhal canggih, yang beroperasi dengan kecepatan sepuluh kali dari kecepatan suara.

Penerbangan tanpa atap yang disebut 'topless' itu berlangsung di atas Chkalov Test Centre di Akhtubinsk, wilayah Astrakhan. 

Su-57, yang dikenal NATO sebagai Felon, juga terlihat membawa varian baru rudal udara-ke-udara jarak menengah R-77-1 Rusia yang "dimodernisasi", kata pengamat.

 

Reporter : Romanauli Debora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.