Sukses

Rapper hingga Aktor, 3 dari Total 1.216 Capres AS yang Jarang Diketahui

Pada 9 Oktober, sekitar 1.216 kandidat (dari berbagai tingkat keseriusan) telah mengajukan ke Komisi Pemilihan Federal untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Liputan6.com, D.C - Amerika Serikat telah memiliki presiden selama lebih dari 230 tahun, tetapi hanya yang pertama --George Washington-- yang pernah terpilih sebagai kandidat independen.

Dua partai politik dominan AS, Partai Republik dan Demokrat, mendominasi liputan media dan donasi kampanye sepenuhnya. Sehingga, peluang bagi pihak luar non-partai --alias independen-- untuk menang dalam Pilpres AS hampir nihil.

Orang macam apa yang melihat peluang yang hampir tidak dapat diatasi itu dan berpikir --toh saya tetap mencalonkan diri?

Ternyata cukup beragam: Pada 9 Oktober, sekitar 1.216 kandidat (dari berbagai tingkat keseriusan) telah mengajukan ke Komisi Pemilihan Federal untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pilpres AS 2020.

Dikutip dari BBC, Minggu (11/10/2020), tiga di antaranya adalah; mantan ratu kecantikan, teknisi IT Penduduk Asli Amerika, dan eks-aktor-kini-miliarder-crypto. Kepada media Inggris itu, mereka bertiga bercerita tentang apa yang mereka perjuangkan, dan mengapa mereka layak mendapatkan suara orang Amerika dalam Pilpres AS 2020:

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jade Simmons

Jade Simmons adalah wanita dengan banyak tanda hubung. Seorang mantan ratu kecantikan, pianis konser profesional, pembicara motivasi, rapper, ibu, dan pendeta yang ditahbiskan.

Seperti yang dia katakan, dia adalah kandidat yang tidak biasa, "tapi ini adalah waktu yang tidak biasa".

"Bagi saya ini adalah saat ketika kami tidak mampu melakukan bisnis seperti biasa," katanya. "Saya putri seorang aktivis hak-hak sipil, dan cara ayah saya membesarkan saya adalah jika Anda melihat kekosongan, jika Anda melihat ketidakadilan, Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah itu mungkin Anda yang perlu dicondongkan."

Dia mengatakan tujuannya adalah untuk menciptakan akses yang sama ke kesempatan, melalui reformasi ekonomi, pendidikan dan peradilan pidana. Dan dengan semangat itu, dia bertujuan untuk menjalankan "kampanye paling murah dalam sejarah bangsa kita".

"Kami pikir sangat menjijikkan bahwa sekarang menghabiskan hampir satu miliar dolar untuk mencalonkan diri sebagai presiden ketika kualifikasinya adalah Anda berusia 35 tahun, seorang penduduk kelahiran AS, dan telah tinggal di sini selama 14 tahun," kata Simmons. "Kami lebih suka menghabiskan uang itu untuk membantu orang."

Nama Simmons akan muncul di surat suara di Oklahoma dan Louisiana, tetapi di 31 negara bagian lain dia terdaftar sebagai kandidat tertulis - artinya jika pemilih secara fisik menuliskan namanya, suara mereka akan dihitung. Dia mengakui bahwa fakta situasi benar-benar melawannya, tetapi masih percaya dia bisa sampai ke Oval Office --dan jika tidak tahun ini, maka di tahun-tahun kemudian.

3 dari 4 halaman

Brock Pierce

Brock Pierce adalah mantan aktor cilik yang muncul dalam franchise Mighty Ducks dan berperan sebagai putra presiden dalam komedi First Kid tahun 1996. Namun berkat karier keduanya sebagai pengusaha teknologi, dia mungkin juga seorang miliarder mata uang kripto.

Mengapa dia mencalonkan diri sebagai presiden? Sebagian karena dia sangat prihatin dengan keadaan negara.

"Saya pikir kita kurang memiliki visi yang nyata untuk masa depan - maksud saya, dunia seperti apa yang ingin kita tinggali di tahun 2030? Apa rencananya? Ke mana kita mencoba untuk pergi, Anda tahu? untuk membidik sesuatu. Dan saya melihat sebagian besar hanya banyak lumpur yang dilemparkan, tidak banyak orang yang mengemukakan ide-ide yang mengubah permainan. Itu semakin menakutkan. Dan saya memiliki pandangan tentang apa yang harus dilakukan. "

Selama empat tahun terakhir, Pierce berfokus pada pekerjaan filantropis di Puerto Rico, di mana yayasannya baru-baru ini mengumpulkan satu juta dolar untuk APD untuk diberikan kepada responden pertama.

Ditanya apa prioritas Amerika untuk empat tahun ke depan, dia menyarankan agar negara berhenti mengejar "pertumbuhan demi pertumbuhan", dan mengukur keberhasilannya dengan seberapa baik kehidupan, kebebasan, dan pengejaran kebahagiaan dijunjung.

Data Komisi Pemilihan Federal menunjukkan Brock Pierce telah memompa US$ 3,7 juta ke kampanyenya. Dia mengatakan strateginya adalah untuk berakhir di Gedung Putih bukan dengan memenangkan pemilu secara langsung, tetapi dengan memenangkan satu negara bagian dalam persaingan ketat, kemudian memaksa Dewan Perwakilan Rakyat untuk memilih pemenang.

4 dari 4 halaman

Mark Charles

Salah satu faktor yang menyatukan kandidat independen adalah mereka tidak harus menyenangkan mayoritas partai untuk mendapatkan platform --jadi mereka mencalonkan diri sebagai diri mereka sendiri, pada masalah yang benar-benar berbicara kepada mereka secara pribadi.

Mark Charles adalah contoh utama.

Secara profesional dia bekerja sebagai pemrogram komputer dan dukungan teknis, tetapi dia juga seorang juru kampanye keadilan sosial yang bersemangat tentang masalah yang memengaruhi penduduk asli Amerika dan orang kulit berwarna.

Cita-citanya menjadi calon pemilih alternatif yang tidak merasa kekeluargaan dengan pasangan Trump atau Biden.

Charles adalah keturunan Navajo, sebuah identitas yang telah sangat membentuk pencalonannya dan pandangannya tentang Amerika yang seharusnya.

Tanah tempat Washington DC dibangun adalah milik orang-orang Piscataway.

"Ini adalah tanah mereka, jauh sebelum Columbus tersesat di laut - dan mereka masih di sini. Dan saya dengan rendah hati tinggal di tanah ini, di tanah mereka, dan saya ingin menghormati mereka sebagai tuan rumah."

Pada 28 Mei 2019, Charles mengumumkan melalui video YouTube bahwa ia mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat sebagai calon independen dalam pemilu 2020. Sejauh ini, Charles mendapatkan akses surat suara di Colorado.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.