Sukses

Studi: Buang-Buang Waktu Ternyata Punya 5 Manfaat Baik

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang ingin menambahkan satu jam tambahan pada hari mereka. Namun, mereka mungkin menghabiskannya, serta 60 persen dari seluruh waktu mereka, untuk bekerja.

Sedikit yang mengetahui bahwa bekerja terlalu banyak dapat berdampak sebaliknya pada kinerja mereka, sementara lebih banyak waktu luang adalah yang sebenarnya mereka butuhkan.

Kami di Bright Side menemukan beberapa penelitian menarik yang membuktikan bahwa membuang waktu memiliki manfaat nyata.

Seperti dikutip dari laman Bright Side, Minggu (20/9/2020) berikut 5 manfaat buang-buang waktu:

2 dari 7 halaman

1. Ini meningkatkan mood Anda

Melakukan aktivitas santai yang berbeda memang menyenangkan, namun menurut penelitian, hal itu juga meningkatkan rasa bahagia Anda saat itu.

Itulah mengapa sangat penting untuk menghabiskan sebagian waktu Anda di siang hari hanya untuk bersantai dengan buku atau menonton TV, tanpa berpikir bahwa Anda dapat menggunakan waktu itu untuk sesuatu yang lebih berguna.

3 dari 7 halaman

2. Memberi Anda energi

Salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu luang adalah menikmatinya di alam. Anda mungkin memperhatikan bahwa merasa jauh lebih baik setelahnya, dan ini memiliki penjelasan yang menarik.

Penelitian telah menemukan bahwa waktu yang dihabiskan di alam, ketika Anda hanya menikmati diri sendiri, tidak memikirkan hal-hal yang terkait dengan produktivitas, tidak melakukan aktivitas fisik, dan tidak berkomunikasi dengan siapa pun, membuat Anda merasa hidup dan meningkatkan rasa vitalitas.

4 dari 7 halaman

3. Mencegah Kejenuhan

Jika Anda tidak dapat teralihkan dari pekerjaan Anda, bahkan selama waktu luang Anda, itu pasti akan membuat Anda kelelahan seiring waktu.

Di sisi lain, aktivitas yang memberi Anda kesenangan dan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda akan menyelesaikan masalah ini dan membantu Anda merasa lebih rileks, seperti yang disarankan sebuah penelitian. Setelah itu, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik dan lebih senang.

5 dari 7 halaman

4. Memungkinkan otak Anda untuk beristirahat

Istirahat memiliki efek yang sangat penting pada kemampuan kognitif kita, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian. Saat kita mengalami waktu luang, itu memberi kita kesempatan untuk merenungkan tindakan kita dan kemudian berfungsi lebih baik.

Selalu pastikan untuk menyisihkan lebih banyak waktu untuk aktivitas yang akan membantu Anda beristirahat: otak Anda benar-benar membutuhkannya.

6 dari 7 halaman

5. Mengingatkan Anda pada tujuan

Ketika kita selalu sibuk dengan tugas yang berbeda, kita bahkan tidak punya waktu untuk berhenti sejenak dan merenungkan hidup kita, untuk memahami apa yang sebenarnya kita inginkan.

Tetapi, seperti yang ditemukan oleh sebuah penelitian, memiliki waktu luang yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal-hal yang benar-benar Anda sukai dan bukan hanya hal-hal yang harus Anda lakukan, akan meningkatkan motivasi Anda dan membuat Anda lebih memikirkan tujuan Anda sendiri.

7 dari 7 halaman

Simak video pilihan berikut: