Sukses

Paus Biru Muncul di Sydney, Penampakan Langka Ketiga dalam 100 Tahun

Liputan6.com, Sydney - Otoritas satwa liar mengungkap bahwa seekor paus biru terlihat di lepas pantai Sydney di Australia. Ini mungkin penampakan ketiga dalam hampir 100 tahun.

Paus itu terlihat bulan lalu di dekat pinggiran pantai Maroubra, New South Wales.

National Parks and Wildlife Service (NPWS) NSW pun telah mengkonfirmasi penampakan langka pada hari Jumat. Mereka mengatakan bahwa paus biru, yang merupakan hewan terbesar di Bumi, jarang terlihat dengan jarak begitu dekat dengan pantai.

"Paus biru adalah hewan terbesar di planet ini. Namun, meskipun ukurannya besar, ia dapat dengan mudah menyelinap ke pantai Sydney tanpa diketahui," kata Andrew Marshall dari NPWS dalam rilis berita.

Marshall mengatakan makhluk laut itu mungkin memiliki panjang lebih dari 25m dan beratnya lebih dari 100.000 kg. Namun, terlepas dari ukurannya, "paus biru sebagian besar 'tidak dapat terlihat' bahkan oleh pengamat paus sekali pun," kata Marshall.

"Mereka jarang terlihat karena mereka cenderung hidup sangat jauh di laut, populasinya tersebar luas dan kami memiliki data yang sangat terbatas tentang migrasi dan habitat kritisnya," katanya, seperti dikutip dariย BBC, Rabu (9/9/2020).

2 dari 3 halaman

Catatan Pertama yang Terverifikasi

View this post on Instagram

Well where do I start; ๐Ÿ‹ Iโ€™m speechless but could blurt out a million things at the same time ๐Ÿ˜ฒ Yesterday watching a lot of humpbacks travel south in my usual spot at Maroubra, one of the great wonders of the magical ocean appeared in-front of me ๐Ÿ‘€ A BLUE WHALE ๐Ÿ‹ ๐Ÿ‹๐Ÿ‹ THE LARGEST LIVING ANIMAL ON PLANET EARTH ๐ŸŒ Although so large they are incredibly hard to ever see especially on the east coast on Australia To put their size into perspective; they grow to around 30metres, their tongue weights the same as an elephant & their heart is the size of a car! Completely mesmerised & feel like Iโ€™ve hit the Jackpot๐Ÿ‘Œ Hope you enjoy as much as I still amโค๏ธ๐Ÿ‹๐ŸŒ

A post shared by Sean (@seansperception) on

Kelangkaan penampakan itu berhasil tertangkap oleh satu fotografer saat berenang di sepanjang pantai dekat Maroubra. "Saya tidak bisa berkata-kata, tetapi bisa mengungkapkan jutaan hal pada saat yang bersamaan" kata fotografer tentang penampakan itu dalam sebuah posting Instagram.

"Kemarin menyaksikan banyak paus bungkuk berenang ke selatan yang adalah tempat saya berada di Maroubra, salah satu keajaiban besar muncul di depan saya: seekor paus biru."

Fotografer tersebut mengatakan dia benar-benar terpesona melihat paus tersebut. "Saya merasa seperti mendapatkan jackpot."

Marshall mengatakan bahwa penampakan itu adalah catatan terverifikasi pertama dari spesies ini di lepas pantai tersebut."Itulah mengapa penampakan oportunistik seperti ini sangat berharga," kata Marshall.

"Mereka meningkatkan pemahaman kita tentang di mana spesies ini hidup dan menyarankan tindakan yang diperlukan untuk mencoba melindungi mereka."

ย 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: