Sukses

Polisi di 6 Negara Ini Tak Bersenjata Pistol, Tapi Tongkat hingga Semprotan Merica

Pasukan polisi di 6 negara ini tetap mempertahankan pendiriannya tak menggunakan senjata api yang sangat berlawanan dengan sistem kemiliteran di banyak negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun memiliki pasukan polisi tak bersenjata yang sangat berlawanan dengan sistem kemiliteran di banyak negara lainnya, 18 negara dan satu wilayah di Amerika Serikat (Kepulauan Virgin) tetap mempertahankan pendiriannya agar polisi mereka tidak membawa senjata api.

Negara-negara Eropa seperti Norwegia, Irlandia, Islandia, dan Inggris memiliki pasukan polisi yang sebagian besar tidak bersenjata, membuat tingkat pembunuhan senjata api sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara dengan pasukan polisi yang membawa senjata api. Statistik tampaknya mendukung filosofi yang dipertahankan oleh negara-negara ini, bahwa memfasiltasi polisi dengan senjata pada akhirnya hanya menghasilkan lebih banyak kekerasan bahkan lebih banyak pembunuhan.

Tiga perempat negara kepulauan Pasifik selatan, termasuk Selandia Baru, juga mengoperasikan pasukan polisi tak bersenjata. Dari 16 negara kepulauan Pasifik, ada 12 di antaranya yang tidak memberikan senjata kepada petugas, sebaliknya memilih metode kebijakan kepolisian yang berakar pada mendapatkan dan mempertahankan rasa hormat, persetujuan, dan kerja sama publik daripada menimbulkan ketakutan di bawah ancaman kekerasan.

Di bawah in merupakan 6 daftar negara-negara yang memilih untuk tidak menggunakan senjata api kepada para militernya, dirangkum dari worldatlas.com, Kamis (20/8/2020):

Saksikan Vidio Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. United Kingom

Dengan populasi lebih dari 66 juta penduduk asli, ditambah 500.000 siswa internasional yang bertambah di setiap tahun akademik serta 37 juta penduduk asing, Inggris sejauh ini masuk dalam daftar negara dengan populasi terbesar. Sebagai negara adidaya politik, sosial, dan ekonomi, mengejutkan bahwa banyak orang Inggris terus mengoperasikan pasukan polisi yang sebagian besar tidak bersenjata.

Faktanya, sejak pasukan kepolisian formal pertama abad ke-19, Inggris telah beroperasi di bawah kebijakan bahwa petugas harus dikenal sebagai wali warga, bukan sebagai pemburu penjahat. Menurut survei tahun 2004, 82% dari angkatan polisi melaporkan bahwa mereka juga memang tidak ingin diberikan senjata saat bertugas meskipun itu mungkin akan mengkhawatirkan nyawa mereka saat berpatroli.

Selanjutnya, insiden interaksi fatal antara polisi dan tersangka penjahat di Inggris lebih sedikit dibandingkan dengan di Negara G7 lainnya.

3 dari 7 halaman

2. Norwegia

Dengan populasi 5 juta penduduk, membandingkan secara langsung jumlah penembakan fatal oleh polisi di Norwegia dengan populasi Amerika Serikat sebesar 328 juta tidak memberikan analisis yang seimbang.

Untuk ini, para ahli membandingkan empat penembakan polisi yang fatal Norwegia sejak 2015 dengan negara bagian Amerika yang ukuran geografis, populasi, dan ekonomi berbasis sumber daya serupa seperti Minnesota (61 penembakan fatal), Mississippi (65 penembakan fatal), Kentucky (97 penembakan fatal), Louisiana (110 penembakan fatal) penembakan) dan Colorado (198 penembakan fatal).

Pemerintah Norweigia pun tetap ingin mempertahankan rendahnya jumlah penembakan yang fatal, yang bukan hanya disebabkan oleh sebagian besar pasukan polisi yang tidak bersenjata. Tetapi juga pelatihan ekstensif untuk penegakan hukum di mana kepolisian dianggap sebagai pendudukan elit.

Pasukan menerima kurang dari 15% kandidat yang memenuhi syarat setiap tahunnya, dan setelah diterima, calon petugas diwajibkan untuk memperoleh gelar sarjana tiga tahun, satu tahun studi di bidang etika dan masyarakat, tahun keempat petugas bayangan, dan tahun terakhir menyelesaikan tesis penelitian investigasi.

4 dari 7 halaman

3. Islandia

Mungkin mengejutkan mengetahui bahwa meskipun negara ini merupakan negara paling bersenjata ke-15 di dunia, namun di negara ini petugas patroli tidak diperbolehkan membawa senjata api. Sebagai gantinya, petugas dilengkapi dengan semprotan merica dan tongkat yang dapat dipanjangkan.

Seperti banyak warga Islandia, hampir sepertiganya penduduk memiliki senapan, polisi pun terlatih dengan baik dalam menggunakan senjata api dan dapat dikeluarkan dalam keadaan yang memungkinkan. Meskipun populasi bersenjata berat, kejahatan jarang terjadi dan senjata api digunakan hampir secara eksklusif untuk berburu.

Baru pada tahun 2013 seorang petugas polisi menembak dan membunuh seorang tersangka, menandai satu-satunya aksi penembakan oleh aparat dalam sejarah negara itu.

5 dari 7 halaman

4. Botswana

Satu-satunya negara Afrika dalam daftar ini, Botswana sangat berlawanan dengan negara tetangganya Afrika Selatan, Namibia, dan Zimbabwe, di mana petugas patroli dipersenjatai senjata api secara teratur.

Meskipun semua petugas memiliki izin dan mengeluarkan senjata api, tidak umum bagi petugas patroli untuk membawa senjata.

Botswana memiliki undang-undang pengendalian senjata yang ketat, dan mengaplikasikannya dalam pasukan patrolinya. Namun, petugas membawa tongkat yang dapat dipanjangkan dan semprotan merica.

6 dari 7 halaman

5. Selandia Baru

Selandia Baru belum lama ini menjadi berita utama internasional untuk penerapan undang-undang baru tentang pengendalian senjata yang ketat. Pembatasan senjata api juga diaplikasikan hingga ke kepolisian, di mana hanya pasukan anjing, bandara, dan Pasukan Perlindungan Diplomatik yang secara rutin membawa senjata sebagai bagian dari seragam.

Anggota pasukan lainnya yang dilatih senjata api, seperti petugas patroli sering membawa senapan AR-15 yang disimpan dalam kotak terkunci di kendaraan mereka, memilih untuk melakukan patroli kendaraan atau jalan kaki tanpa membawa senjata pada orangnya.

7 dari 7 halaman

6. Irlandia

Irlandia juga merupakan negara yang termasuk dalam daftar ini, karena hanya 20 hingga 25% pasukannya yang memenuhi syarat untuk menggunakan senjata api.

Hanya detektif dan unit khusus secara rutin mengeluarkan senjata api, tetapi untuk anggota pasukan lainnya akan berpatroli tanpa senjata. Perlu dicatat bahwa Irlandia memiliki salah satu tingkat kejahatan dan pembunuhan terendah di Uni Eropa.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.