Sukses

4 Bahan di Dapur Ini Paling Efektif Redakan Panas Saat Konsumsi Makanan Pedas

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang terjadi jika Anda makan sesuatu yang pedas? Tapi tahukah Anda bahwa pedas sebenarnya bukan rasa?

Makanan pedas seperti cabai mengaktifkan reseptor rasa sakit dan mengirimkan sinyal ke otak secara langsung yang membantu Anda menafsirkan makanan tersebut sebagai makanan 'panas'.

Inilah sebabnya, bumbu tidak hanya memengaruhi Anda saat Anda memakannya, tetapi juga saat makanan menyentuh selaput tertentu yang terbuka seperti rongga hidung, di bawah kuku jari, atau permukaan mata.

Ketika bahan kimia capsaicin (cabai) atau piperine (lada) atau isothiocynanate (mustard dan lobak) mengenai lidah Anda, mereka membuat mulut mati rasa untuk sementara.

Ada mitos bahwa makanan pedas mematikan selera Anda. Ya, rempah-rempah yang ekstrem dapat melakukannya (tetapi pengecap akan tumbuh kembali dalam dua minggu).

Sejumlah bahan yang biasa ada di dapur rumah ini bisa Anda gunakan untuk meredakan rasa pedas. Berikut selengkapnya seperti dikutip dari laman Food NDTV, Senin (10/8/2020):

2 dari 5 halaman

1. Produk Susu

Ini adalah balsem ajaib. Seteguk susu dingin atau sesendok yogurt akan menenangkan mulut Anda dan menghilangkan sebagian sensasi terbakar.

Protein yang disebut kasein hadir dalam produk susu membantu memecah capsaicin dan menawarkan sedikit kelegaan dari efeknya.

Susu adalah minuman andalan Anda untuk menenangkan nyala api makanan pedas. Tidak seperti air, yang tersusun dari molekul polar, kasein bersifat non-polar, sama seperti capsaicin.

Hal ini menyebabkan penolakan, yang berarti mengikat capsaicin. Susu adalah minuman andalan untuk menenangkan nyala api pada makanan pedas.

 

3 dari 5 halaman

2. Gula atau Madu

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa manisnya yang melawan kepedasan, kenyataannya ada pada alasan lain. Jika Anda pernah makan sesendok kuah yang sangat pedas, ada baiknya Anda pergi ke dapur dan meletakkan setengah sendok teh gula atau madu di lidah Anda.

Jika Anda memiliki gula batu, Anda dapat mengonsumsinya satu untuk bantuan serupa. Capsaicin berbasis minyak diserap oleh gula atau madu dan dengan demikian membantu Anda merasa lebih baik.

 

4 dari 5 halaman

3. Pati

Raihlah roti atau nasi yang empuk. Pati memberikan penghalang alami antara capsaicin dan mulut Anda, menyerap sebagian dalam prosesnya.

Kentang juga bisa membantu. Pastikan mereka direbus dan tidak mengandung masala. Pastikan Anda memiliki sepotong roti yang akan membantu menenangkan mulut Anda dengan segera.

 

5 dari 5 halaman

4. Tomat dan Lemon

Meskipun kedengarannya mengejutkan, ia didasarkan pada sains murni. Keasaman bumbu bisa dinetralkan dengan makanan alkali ini.

Ambil piring salad dan kunyah beberapa potongan tomat untuk bantuan segera. Jeruk, nanas, dan jus lemon memiliki khasiat yang serupa.

Anda bisa berkumur menggunakan jus tomat. Kalau tidak makan tomat mentah adalah obat lain untuk panas di mulut.