Sukses

Tahukah Anda Apa Pulau Tertua di Dunia? Ini Jawabannya

Pernahkah Anda bertanya-tanya, pulau apa yang paling tertua di dunia?

Liputan6.com, Antananarivo - Ada begitu banyak pulau-pulau di Bumi ini. Di Indonesia saja, terdiri antara 17 sampai 18 ribu pulau. Bayangkan betapa banyaknya pulau yang ada di seluruh dunia.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, pulau apa yang paling tertua di dunia?

Berdasarkan guinnessworldrecords.com, rekor pulau tertua di dunia dipegang oleh Madagaskar. Ya, pulau yang dijadikan lokasi setting dalam film besutan World Disney.

"Madagaskar, di Samudera Hindia, menjadi sebuah pulau tertua yang sudah ada sejak 80-100 juta tahun yang lalu," tulis Guinness World Records.

"Pulau itu terpisah dari anak benua yang kini merupakan wilayah India. Dengan luas 587.041 km² (226.657 mil²), pulau ini menempati peringkat pulau terbesar keempat di dunia."

Ada 26,2 juta populasi di Madagaskar menjadikannya negara yang lebih padat daripada Australia, Sri Lanka, Belanda, Rumania, dan Yunani, demikian dikutip dari laman telegraph.co.uk.

Menurut Conservation International, hanya 17 negara yang dianggap "megadiverse". Masing-masing memiliki sejumlah besar spesies yang berbeda. Dan Madagaskar yang tidak pernah dijamah oleh manusia begitu lama, adalah salah satunya. Di antara hewan-hewan penghuninya ada lebih dari setengah bunglon dunia dan lusinan spesies lemur.

Berbeda dengan film Madagascar, Anda tidak akan melihat harimau, jerapah, atau kuda nil.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Lain Soal Madagascar

Fakta lain soal Madagascar adalah mereka mengonsumsi ganja cukup banyak. Hampir satu dari 10 orang Malagasi mengisap ganja, menurut United Nations Office on Drugs and Crime -- dengan persentase yang lebih tinggi daripada di Belanda.

Selain itu, World Happiness Report (yang bertujuan untuk mendefinisikan narasi pertumbuhan untuk menempatkan kesejahteraan orang-orang), menempatkan Finlandia sebagai tempat yang paling bahagia di Bumi, dari 156 negara, diikuti oleh Norwegia, Denmark dan Islandia.

Madagaskar adalah negara ke-14 yang paling tidak bahagia, sebut laporan dari United Nations Office on Drugs and Crime.

Sebagai salah satu tempat termiskin di dunia, dengan PDB per kapita sebesar US$ 1.554 (menempatkannya di urutan ke-179 dari 187 negara), dan harapan hidup rata-rata hanya 65,5 persen dan itu tidak mengejutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.