Sukses

Dua Astronot Misi Historis SpaceX NASA Akhirnya Mendarat dengan Selamat di Bumi

Liputan6.com, Washington D.C - Dua astronot Amerika telah tiba, ketika misi kru komersial pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional kembali ke Bumi.

Melansir BBC, Senin (3/8/2020), SpaceX Dragon Capsule yang mengangkut Doug Hurley dan Bob Behnken tiba di Teluk Meksiko di selatan Pensacola di pantai Teluk Florida.

Sebuah kapal pemulihan bergerak untuk mengambil kendaraan dan membebaskan kedua astronot tersebut.

Pendaratan ini menandai pendaratan air AS pertama yang dilakukan awak sejak outing terakhir modul perintah Apollo 45 tahun yang lalu.

Kapsul yang ditumpangi oleh Hurley dan Behnken menyentuh air pada sekitar 14:48 EDT (19:48 BST; 18:48 GMT).

"Ini benar-benar kehormatan dan hak istimewa kita," kata Hurley ketika mereka tiba di rumah.

"Atas nama tim SpaceX dan NASA, selamat datang kembali ke Bumi. Terima kasih telah menerbangkan SpaceX," kontrol misi SpaceX menjawab.

Presiden Donald Trump - yang menghadiri peluncuran kapsul dua bulan lalu - memuji kembalinya awak astronot dengan selamat.

"Terima kasih untuk semuanya!" tulisnya di Twitter. "Senang memiliki Astronot NASA kembali ke Bumi setelah misi dua bulan yang sangat sukses."

2 dari 3 halaman

Tiba dengan Selamat

Pemandangan empat parasut utama kendaraan yang melayang di atas Teluk Meksiko adalah konfirmasi bahwa pesawat ruang angkasa telah tiba dengan selamat.

Parasut kemudian memperlambat kapsul dari sekitar 350mph (560km / jam) menjadi kira-kira 15mph (7m / s) saat pendaratan.

Alat rigging pun digunakan untuk mengangkat kapsul keluar dari air dan ke kapal pemulihan. Teknisi memantau "sisa uap" di sekitar pesawat ruang angkasa sebelum pintu palka dibuka.

Kedua awak kemudian diperiksa oleh staf medis sebelum diterbangkan ke darat dengan helikopter.

Kapsul astronot Dragon diluncurkan ke stasiun ruang angkasa pada akhir Mei dengan roket Falcon 9, yang juga dipasok oleh SpaceX.

Sekarang, pesawat tersebut akan diperbarui untuk dijadwalkan terbang lagi tahun depan.

Administrator NASA, Jim Bridenstine memuji upaya semua orang yang terlibat dalam misi Hurley dan Behnken, dan kemudian berbicara tentang perubahan agensinya dalam filsafat.

"Kami tidak ingin membeli, memiliki, dan mengoperasikan perangkat keras seperti dulu," katanya.

"Kami ingin menjadi satu pelanggan dari banyak pelanggan di pasar komersial yang sangat kuat di orbit rendah Bumi. Tetapi kami juga ingin memiliki banyak penyedia yang bersaing satu sama lain dalam hal biaya dan inovasi dan keselamatan, dan benar-benar menciptakan siklus berbudi luhur ini. pengembangan dan kemampuan ekonomi," lanjutnya lagi.

Gwynne Shotwell, presiden SpaceX, menambahkan: "Hari ini adalah hari yang menyenangkan. Kita harus merayakan apa yang kita semua capai di sini, membawa Bob dan Doug kembali, tetapi kita juga harus berpikir tentang ini sebagai batu loncatan untuk melakukan hal-hal yang lebih sulit dengan Artemis program. Dan tentu saja, pindah ke Mars," katanya dengan yakin. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: