Sukses

Pipi Anda Memerah Saat Kondisi Tertentu? Begini Penjelasannya Secara Sains

Dalam kondisi tertentu, pipi manusia berubah warna menjadi agak merah. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Pipi kadang berubah warna menjadi merah dalam situasi dan kondisi tertentu. 

Banyak orang berasumsi bahwa pipi merah terjadi ketika merasa malu atau marah, namun nyatanya ada beberapa kondisi tertentu yang menyebabkan hal tersebut terjadi juga. 

Nyatanya, ada penjelasan ilmiah di balik warna pipi yang kerap memerah. 

Melansir Channel News Asia, Selasa (28/7/2020), berubahnya warna merah di pipi ternyata juga memiliki tujuan tertentu. 

“Ketika berolahraga, misalnya, kita akan memerlukan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan peningkatan oksigenasi ke otak kita,” kata Dr Lim Boon Leng, seorang psikiater dari Rumah Sakit Gleneagles. Pelebaran pembuluh darah Anda inilah yang memungkinkan tubuh Anda kehilangan panas  dan juga membuat pipi Anda memerah.

"Persepsi dan kesalahan kita sendiri dalam berpikir bahwa entah bagaimana memerah itu buruk dan memalukan, itulah masalahnya," katanya. 

“Orang Asia cenderung tidak menunjukkan emosi - terutama di depan umum - sebagai atribut yang baik. Dengan demikian, wajah memerah dipandang sebagai reaksi dari dipermalukan atau cemas, dan penampilan emosi semacam itu secara keliru dianggap lemah, dan karenanya, kehilangan muka," jelasnya lagi.

Dr Mary Lamia, seorang profesor di Wright Institute di Berkeley, California, memiliki teori lain: Memerahnya pipi dapat membantu Anda mdi kondisi tertentu. 

“Muka yang memerah bisa menguntungkan Anda karena itu adalah tanda penyesalan yang tulus; itu menandakan kepada orang lain bahwa Anda mengakui rasa malu, kesalahan, atau kesalahan sosial Anda, dan dengan melakukan itu, hal itu meningkatkan kepercayaan dan penilaian positif oleh pengamat," tulisnya dalam Psychology Today

“Dengan kata lain, jika Anda menunjukkan rasa malu dengan pipi yang memerah atas kesalahan Anda, maka Anda lebih cenderung disukai, dimaafkan, dan dipercaya daripada mereka yang tidak," sambungnya lagi. 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Pipi Merah

Entah itu segelas anggur, olahraga, cuaca panas, atau Anda baru sadar telah menodai kursi rekan Anda, tubuh Anda bereaksi dengan cara yang sama untuk memerahkan wajah Anda. 

"Patogenesis memerah karena malu dan dari pemicu lain seperti kemarahan, setelah berolahraga dan minum alkohol adalah alasan serupa," jelas dokter kulit Dr Eileen Tan dari Eileen Tan Skin Clinic & Associates di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena.

"Mereka disebabkan oleh peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik, yang mengarah ke vasodilatasi dan secara klinis tampak memerah dan terjadi peningkatan kehangatan."

Tetapi mengapa memerah terjadi hanya pada wajah dan leher tetapi tidak pada tubuh?

“Wajah memiliki lebih banyak kapiler per unit luas daripada bagian lain dari tubuh. Pembuluh darah di pipi juga lebih dekat ke permukaan dan ini membuat wajah mengalami perubahan respon pembuluh darah yang cepat," kata Dr Tan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.