Sukses

AS Perintahkan Tutup Konsulat China di Houston, Hubungan 2 Negara Kian Panas?

AS telah meminta kantor konsulat China di Houston untuk ditutup.

Liputan6.com, Beijing - Amerika Serikat telah memerintahkan China untuk menutup konsulatnya yang terletak di Houston. Hal ini disampaikan oleh pihak Beijing, dalam apa yang disebutnya "provokasi politik" yang selanjutnya akan membahayakan hubungan diplomatik.

"China mendesak AS untuk segera menarik keputusannya yang salah, atau China pasti akan mengambil tanggapan yang tepat dan perlu," kata juru bicara kementerian luar negeri Wang Wenbin, menambahkan bahwa mereka diberitahu pada hari Selasa bahwa konsulat harus ditutup. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (22/7/2020). 

"Ini adalah provokasi politik yang diluncurkan secara sepihak oleh pihak AS, yang secara serius melanggar hukum internasional ... dan perjanjian konsuler bilateral antara China dan AS," sambungnya lagi. 

Dia menambahkan bahwa China "sangat mengutuk" tindakan "keterlaluan dan tidak adil yang akan menyabotase hubungan China-AS."

Dia mengatakan konsulat itu beroperasi secara normal, mengikuti laporan media lokal di Houston pada Selasa malam bahwa dokumen-dokumen telah dibakar di halaman konsulat.

Umpan Twitter dari kepolisian Houston mengatakan asap teridentifikasi, tetapi petugas "tidak diberi akses untuk memasuki gedung"

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Kian Panas

Perkembangan ini merupakan celah lain dalam hubungan yang semakin tegang antara kedua negara. Ketegangan meningkat dari hari ke hari, yang mengarah ke pembicaraan tentang Perang Dingin baru. 

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump semakin mengglobal terhadap China, mendorong negara-negara lain untuk menolak bantuan dan telekomunikasi titannya, Huawei, dan berpihak dengan saingan-saingan Beijing dengan saingannya di Laut China Selatan yang bersengketa.

Trump telah menjadikan China masalah kampanye utama saat ia menuju pemilihan November, tetapi hubungan itu tampaknya tidak akan berubah lebih dari nada jika ia kalah dari Joe Biden, yang menuduh presiden tidak cukup tangguh. 

Pekan lalu, Trump  menandatangani undang-undang dan perintah eksekutif untuk meminta pertanggungjawaban China atas undang-undang keamanan nasional "opresif" yang diberlakukannya terhadap Hong Kong.

RUU itu disetujui oleh Kongres AS untuk menghukum bank yang melakukan bisnis dengan pejabat China yang menerapkan undang-undang keamanan nasional baru Beijing di Hong Kong.

Perintah eksekutif itu bertujuan untuk terus menghukum China atas apa yang disebutnya "tindakan opresif" terhadap Hong Kong.

Ini akan mengakhiri perlakuan perdagangan istimewa yang telah diterima Hong Kong selama bertahun-tahun - "tidak ada hak istimewa, tidak ada perlakuan ekonomi khusus dan tidak ada ekspor teknologi sensitif," ujar Trump pada sebuah konferensi pers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.