Sukses

7 Makanan Ini Tercipta dari Sampah Makanan Tapi Bervitamin, Berani Coba?

Liputan6.com, Jakarta - Pemborosan makanan atau membuang makanan mungkin sering kali terjadi tanpa disadari.

Tahukah Anda, agar tak terjadi pemborosan langkah terbaik adalah menggunakan sisa makanan. Ternyata sampah dari makanan sehari-hari kita dapat diolah menjadi bahan makanan yang dapat digunakan kembali.

Tak hanya hemat, beberapa hasil olahannya bahkan mengandung vitamin tinggi.

Berikut ini olahan makanan kembali yang mungkin belum diketahui banyak orang, namun memiliki khasiat yang baik untuk tubuh manusia, dikutip dari Times of India, Kamis (25/6/2020):

Tujuh makanan ini juga dapat ditemukan di Indonesia dengan mudah, apakah Anda berani dan akan mencobanya?

2 dari 8 halaman

1. Pinggiran Semangka

Daging buah semangka memang lebih enak rasanya dan menggugah selera karena warnanya, tapi tak ada salahnya untuk mencoba bagian pinggirannya yang berwarna putih.

Cobalah mencampur bagian pinggir semangka dengan gula, cuka apel dan rempah sebagai acar, hiasan atau kudapan ringan. Tak hanya itu, pinggiran semangka ternyata memiliki vitamin C yang tinggi.

3 dari 8 halaman

2. Kulit Kentang

Kulit kentang dapat digunakan untuk membuat salah satu hidangan yang paling membangkitkan selera. Panggang kulitnya dengan minyak, garam, rempah-rempah sampai renyah.

Voila, Anda mendapatkan olahan keripik kentang yang lezat dan alami.

Kulit kentang yang sudah dikupas ini dapat dipanggang dan menjadi keripik yang lezat dengan tambahan garam. 

4 dari 8 halaman

3. Air Pasta

Air pasta ini juga dapat digunakan kembali. Sebagian besar pakar kuliner tahu bahwa air ini adalah produk limbah yang cukup banyak manfaatnya.

Air pasta mengandung konsentrasi tinggi pati alami dari pasta, tergantung pada jenis pasta, bahkan mungkin mengandung nutrisi. Air pasta bisa dituangkan ke dalam kaldu, sup, saus, atau gravies untuk menambah rasa.

5 dari 8 halaman

4. Tangkai Jamur

Tangkai jamur ini juga dapat digunakan kembali untuk diolah sebagai makanan lainnya.

Batang jamur dapat digunakan untuk membuat kaldu lezat, yang dapat digunakan sebagai dasar untuk sup buatan sendiri atau saus sayuran. Selain itu juga bisa digunakan sebagai isian untuk telur dadar atau gulung untuk memberikan rasa yang berbeda.

6 dari 8 halaman

5. Kulit Jeruk

Kulit jeruk, lemon, atau grapefruit dapat digunakan untuk salad dan bumbu marinasi. Bisa juga dipanggang. Rasanya kuat dan menyegarkan, juga memiliki nutrisi yang berlimpah.

Bila tak ingin repot, masukan saja kulit jeruk ke air dan akan menghasilkan rasa yang segar.

7 dari 8 halaman

6. Tangkai Brokoli

Tangkai brokoli ini juga dapat dimakan, memiliki banyak nutrisi layaknya kuntum sayuran.

Tidak hanya sehat, jika Anda memanggangnya dengan virgin oil, bagian batang ini juga dapat digunakan sebagai topping lezat dalam hidangan seperti salad, sup, dan bahkan kentang goreng.

8 dari 8 halaman

7. Kulit Wortel

Kulit wortel ini juga dapat dimakan kembali, hampir sama seperti brokoli, kulit wortel memiliki nutrisi yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Kulit wortel kaya akan serat dan beta-karoten, dan dapat ditambahkan ke sup, salad, jus, dan smoothie untuk menambah rasa segar dan manis.

Membuang-buang makanan adalah salah satu masalah terbesar manusia, namun dengan tujuh makanan olahan ini, kita mungkin dapat mengurangi pemborosan makananan yang mungkin dilakukan tanpa sadar. 

Reporter: Yohana Belinda