Sukses

Berada pada Titik Tertinggi di Cakrawala, Ini Waktu Terbaik Lihat Planet Merkurius

Ini adalah waktu terbaik melihat Planet Merkurius, karena berada pada titik tertinggi di atas cakrawala di langit malam.

Liputan6.com, Jakarta - Esok 4 Juni 2020 dini hari, Anda bisa menyaksikan Planet Merkurius dengan mudah. Demikian menurut informasi dari Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Ini adalah waktu terbaik melihat Merkurius, karena berada pada titik tertinggi di atas cakrawala di langit malam," tulis Pussainsa Lapan di akun Instagramnya yang dikutip Rabu (3/6/2020).

Menurut informasi Pussainsa, saat itu Planet Merkurius mengalami elongasi timur 23,6 derajat dari Matahari.

Pada fase Planet Merkurius di Elongasi Timur Maksimum, Lapan menyarankan agar Anda mencari planet yang rendah di langit barat setelah Matahari terbenam.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konjungsi Inferior Venus di Elongasi Timur Maksimum

Pada tanggal yang sama, juga terjadi konjungsi inferior Venus di elongasi timur maksimum.

"Konjungsi inferior Venus menandai beralihnya kenampakan Venus ketika senja di arah Barat menjadi kenampakan di arah Timur ketika senja," tulis Pussainsa Lapan di akun Instagramnya.

Puncak fenomena ini terjadi pada pukul 00.42 Waktu Indonesia Barat (WIB). Saat itu, Venus berada 43 Juta kilometer.

Pada fase tersebut, Planet Venus terletak di antara Matahari dan Bumi serta berada pada 1 garis lurus dengan Matahari dan Bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.