Sukses

Alasan Pentingnya Bersihkan Perhiasan di Tubuh Saat Pandemi Corona COVID-19

Liputan6.com, Dubai - Mencuci tangan yang sering dan menyeluruh adalah salah satu pertahanan terbaik melawan tertular Virus Corona COVID-19. Tapi bagaimana jika Anda mengenakan perhiasan di tubuh, perlukan turut dibersihkan?

Jawabannya ya, benda itu juga perlu dibersihkan.

Mengutip Khaleej Times, Kamis (9/4/2020), Virus Corona jenis baru mungkin saja dapat hidup di beberapa permukaan benda selama berhari-hari. Jadi membersihkan cincin dan jam tangan itu penting.

Virus Corona jenis baru atau COVID-19 dapat hidup di logam, plastik, dan keramik hingga lima hari, menurut salah satu penelitian.

"Tidak perlu melepas perhiasan sambil mencuci tangan karena sudah ikut terbersihkan," kata Elaine Larson, Profesor emerita of nursing di Columbia School of Nursing, yang telah membantu Organisasi Kesehatan Dunia mengembangkan pedoman cuci tangan, kepada Wall Street Jurnal.

Namun, imbuh Elaine Larson, perlu menggosok di bagian bawahnya karena kuman dan kotoran dapat menumpuk di sana.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpukan Kuman

Penelitian telah menunjukkan bahwa kuman dapat hidup di bawah cincin untuk beberapa waktu, tetapi ada informasi terbatas tentang apakah penyakit dapat ditularkan dengan cara ini, Rochelle Walensky selaku kepala divisi penyakit menular di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan kepada USA Today.

Untuk perhiasan yang lebih halus yang tidak tahan terhadap pencucian berat atau pembersih tangan berulang-ulang, sebaiknya hindari memakainya untuk sementara waktu atau membersihkannya secara terpisah.

Berbicara kepada Huffington Post, Elizabeth Doyle, yang ikut memiliki butik perhiasan antik di New York City, mengatakan bahwa pembersih tangan tidak dapat digunakan pada permata organik, seperti karang atau mutiara.

"Jika ragu, lepaskan perhiasan sebelum menggunakan sabun. Cara terbaik untuk menjaga perhiasan bersih adalah dengan sabun cuci piring ringan," kata Doyle.