Sukses

5 Negara Ini Minta Warganya Tinggalkan Indonesia karena Corona COVID-19

Lima negara memberi himbauan agar warganya meninggalkan Indonesia akibat Virus Corona (COVID-19).

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Virus Corona (COVID-19) di Indonesia terus meningkat. Per Jumat (27/3/2020), total orang yang positif sudah lebih dari 1.000 orang.  

Setidaknya lima negara telah mengimbau semua warganya agar pulang dari luar negeri. Negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Inggris telah spesifik meminta warganya keluar dari Indonesia. 

Permintaan agar pergi dari Indonesia diminta secepatnya karena dikhawatirkan penerbangan internasional akan berkurang. Kekhawatiran lainnya adalah terkait kapasitas fasilitas medis Indonesia dalam menghadapi Virus Corona. 

Ada negara yang menyediakan pesawat carter agar warganya bisa langsung pulang, ada pula yang meminta warganya untuk mengatur sendiri kepulangan mereka. 

Berikut lima negara yang sudah meminta warganya meninggalkan Indonesia di tengah pandemi Virus Corona (COVID-19):

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Amerika Serikat

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta meminta agar warganya yang berusia di bawah 21 tahun untuk meninggalkan Indonesia. Imbauan itu diarahkan pada keluarga pegawai kedutaan. 

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga sudah meminta agar semua warga AS pulang dari luar negeri sebelum akses penerbangan di suatu negara dibatasi. Warga AS saat ini tidak disarankan travel ke luar negeri.

3 dari 6 halaman

2. Rusia

Mulai hari Jumat ini, Rusia menutup semua penerbangan internasional di negaranya. Kasus Virus Corona di Rusia sedang meningkat pekan ini. 

Rusia sebetulnya tidak eksplisit menyuruh warganya kembali ke Indonesia, tetapi Rusia telah menyiapkan pesawat carter bagi warganya di luar negeri untuk segera pulang. 

4 dari 6 halaman

3. Uzbekistan

Pekan lalu, Uzbekistan meminta warganya untuk segera pulang akibat Virus Corona. Pesawat carter pun disiapkan, namun tiketnya berbayar. 

Pesawat carter yang disediakan pemerintah Uzbekistan bisa ditumpangi warga Uzbekistan yang ingin pulang dari Indonesia, serta warga Indonesia di Uzbekistan yang ingin pulang. Pesawat ini khusus turis saja.

5 dari 6 halaman

4. Inggris

Kedubes Inggris meminta warganya di seluruh dunia untuk meninggalkan wilayah yang terdampak Virus Corona (COVID-19). Keluarga pegawai Kedubes Inggris juga sudah pulang. 

Warga Inggris juga diminta agar tidak travel saat ini. Selain itu, Inggris juga menerapkan lockdown selama tiga minggu ke depan.  

6 dari 6 halaman

5. Kanada

Dalam sebuah pernyataan, Duta Besar Cameron MacKay mengimbau agar warga Kanada yang tengah berada di Indonesia segera mengambil keputusan kembali ke Kanada dan memesan tiket pesawat sesegera mungkin.

"Warga Kanada di Indonesia: Ini adalah masa ketidakpastian yang luar biasa. Jika Anda berencana untuk kembali ke Kanada, Anda harus memesan tiket pulang sekarang," demikian pernyataan Dubes Cameron MacKay di akun Instagram resmi Kedubes Kanada @canadainindonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.