Sukses

5 Figur Dunia Ini Dituduh Munafik Melawan Perubahan Iklim, Nomor 2 Pemenang Oscar

Liputan6.com, Jakarta - Forum Ekonomi Dunia tahunan di Davos, Swiss, yang ditutup minggu lalu, mengumpulkan para pemimpin bisnis dan elite politik untuk membahas dampak perubahan iklim dan apa yang mungkin dapat dilakukan tentang hal itu.

Acara tiga hari tersebut menampilkan para aktivis iklim terkemuka, termasuk Greta Thunberg yang berusia 17 tahun, yang memberikan pidato di mana ia memarahi para pemimpin dunia karena tidak melakukan cukup banyak hal untuk mengatasi masalah tersebut.

Setelah pidato tersebut, Thunberg difoto dengan Pangeran Charles dari Inggris, seorang aktivis iklim lama yang meluncurkan sebuah inisiatif untuk mendorong “dekarbonisasi yang cepat.” Namun kebiasaan perjalanannya tampaknya bertentangan dengan tujuannya untuk mengurangi emisi karbon, demikian dilansir Foxnews, Sabtu (29/2/2020).

Menurut tabloid Inggris Daily Express, pria berusia 71 tahun ini mencarter beberapa penerbangan pribadi bulan ini untuk bisnis, namun setengahnya tidak memiliki penumpang. Perjalanan dilaporkan mencakup hampir 8.000 mil dan menghasilkan 75 ton karbon.

Tetapi Charles bukan satu-satunya yang dianggap berpura-pura tentang perubahan iklim. Berikut adalah lima selebriti aktivis iklim lainnya yang belum mempraktikkan apa yang mereka katakana tentang perubahan iklim:

2 dari 6 halaman

(1) Thom Yorke

Thom Yorke, vokalis di belakang band rock Inggris Radiohead, dikenal karena keterlibatannya dalam masalah lingkungan. Tetapi pekerjaannya, yang melibatkan tur dengan pesawat, tampaknya terbang tanpa memikirkan penyelamatan planet ini.

Dalam sebuah wawancara pada September 2019, musisi berusia 51 tahun itu tampaknya mengakui hal itu.

“Hal yang selalu saya perjuangkan adalah bahwa jika saya berkampanye tentang perubahan iklim, saya seseorang yang harus terbang untuk pekerjaan saya, jadi  saya munafik,” katanya. “Aku sepenuhnya setuju aku munafik, tapi aku mencoba melakukan sesuatu tentang itu, dan ya, kau benar, aku munafik.”

3 dari 6 halaman

(2) Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio adalah juara lingkungan yang terkenal, setelah mendirikan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim. Namun aktor berusia 45 tahun ini juga telah berulang kali menuai kritik karena penggunaan jet pribadi untuk menghadiri acara.

Menyusul penampilan di Global Citizen di New York pada 2019, DiCaprio secara luas diejek karena menggunakan kapal pesiar dan pesawat pribadi.

“Saya akan senang mendengar apa yang dia katakan tetapi jejak karbonnya yang sangat besar menghalangi apa yang ia bicarakan,” tulis seorang pengguna Twitter sebagai tanggapan terhadap artikel Hollywood Reporter.

Pengguna lain memposting gambar DiCaprio yang duduk-duduk di kapal pesiar dan menulis: “Pengorbanan yang ia lakukan untuk keyakinannya!”

4 dari 6 halaman

(3) Pangeran Harry dan (4) Meghan Markle

Pangeran Harry dan Meghan Markle telah diejek karena penggunaan jet pribadi mereka yang ekstensif, terlepas dari komitmen mereka untuk memerangi perubahan iklim global.

Pasangan itu memicu kemarahan musim panas lalu setelah dilaporkan bahwa mereka telah menerbangkan empat jet pribadi hanya dalam 11 hari. Belakangan terungkap bahwa Elton John telah membayar salah satu penerbangan mereka untuk menjaga keselamatan dan privasi mereka.

Di tengah publisitas negatif, Harry mengakui bahwa "tidak ada yang sempurna" tetapi "kita semua memiliki tanggung jawab atas dampak pribadi kita masing-masing."

“Saya menghabiskan 99 persen hidup saya berkeliling dunia dengan [penerbangan] komersial,” kata pria 34 tahun itu saat berpidato di Amsterdam sambil mempromosikan inisiatif keberlanjutan perjalanan baru. “Kadang-kadang perlu ada kesempatan berdasarkan keadaan unik untuk memastikan bahwa keluarga saya aman.”

5 dari 6 halaman

(5) Arnold Schwarzenegger

Arnold Schwarzenegger, aktor berusia 72 tahun dan pernah menjadi gubernur California itu, telah beralih ke aktivisme perubahan iklim dalam beberapa tahun terakhir.

Dia juga blak-blakan dalam kritiknya terhadap Presiden Trump, yang dia katakan “salah” pada pandangannya tentang perubahan iklim.

Namun pada November 2019, Schwarzenegger terlihat di Santa Monica mengendarai Pinzgauer, kendaraan utilitas militer enam roda yang dapat menempuh 12 hingga 14 mil per galon, meskipun aktor itu kemudian mengatakan bahwa ia telah memodifikasinya.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
PKS Setuju Jika Pilkada 2020 Ditunda Akibat Wabah Corona
Artikel Selanjutnya
Pandemi Corona Meluas, Ini Rencana Bawaslu Semarang Jika Pilkada 2020 Ditunda