Sukses

JK hingga Susi Pudjiastuti Menghadiri HUT Kaisar Jepang di Jakarta

Sejumlah tamu penting seperti duta besar negeri sahabat, mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK), Susi Pudjiastuti, hingga Rini Soemarno terlihat menghadiri HUT Kaisar Jepang di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengadakan resepsi HUT Kaisar di Jakarta. Resepsi ini adalah yang pertama kalinya di era Reiwa.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu nasional kedua negara. Duta Besar Jepang Ishii Masafumi dalam pidato pembukanya berharap hubungan Indonesia dan Jepang semakin mesra di era baru ini.

"Sebenarnya nama era baru Reiwa mempunyai arti 'keselarasan yang indah', dan saya percaya tidak ada kata lain yang lebih tepat untuk menggambarkan keadaan hubungan kedua negara kita saat ini selain dari dua kata tersebut," ucap Dubes Jepang di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Sejumlah tokoh terpantau menghadiri HUT Kaisar Jepang. Di antaranya adalah menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju dan mantan menteri Kabinet Kerja.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla turut hadir dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, serta Menteri ESDM Arifin Tasrif yang pernah menjadi Dubes Jepang.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga tampil mengenakan jas ungu. Tampak pula Rini Soemarno yang lama tak terlihat sejak selesai menjabat sebagai menteri BUMN, meski demikian ia beranjak pergi lebih awal.

Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti (atasan ungu) hadir di HUT Kaisar Jepang di Jakarta. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Utusan negara sahabat seperti Dubes Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans dan kepala perwakilan Taiwan di Indonesia John Chen terpantau hadir. (Plt.) Juru Bicara Menlu Teuku Faizasyah juga hadir dan berbincang akrab dengan para tamu.

Dalam pidatonya, Dubes Ishii berkata bahwa Indonesia dan Jepang banyak kesamaan nilai dan tujuan strategis. Ia pun mendukung kerja sama tenaga kerja antar kedua negara.

Menteri Airlangga mewakili pemerintah menyampaikan doa agar masyarakat Jepang selalu makmur. Ia pun berharap hubungan baik yang ada di era sebelumnya, yakni Heisei, dapat berlanjut.

"Saya percaya bahwa hubungan ini akan berlanjut untuk berkembang di bawah Kaisar Naruhito di era Reiwa," kata Airlangga.

Kaisar Naruhito adalah putra Kaisar Akihito yang turun takhta pada pertengahan tahun lalu. Ulang tahun Naruhito adalah pada 23 Februari mendatang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyambut Olimpiade 2020

Poin penting lain yang dipromosikan Kedubes Jepang adalah Olimpiade 2020 yang hadir di Tokyo. Negara itu pun jor-joran mempromosikan ajang tersebut.

"Satu kebahagiaan lain adalah dalam lima bulan ke depan, Jepang untuk kedua kalinya akan menjadi tuan rumah sebuah peristiwa sejarah lainnya, yaitu Olimpiade dan Paralimpiade," kata Dubes Jepang.

Dubes Ishii berkata meski ada Virus Corona namun Olimpiade tetap berjalan sesuai jadwal.

"Saya pikir demikian," ujarnya. "Saya pikir semua orang berharap situasi ini akan segera berada di bawah kendali," kata Dubes Ishii.

Dalam mempromosikan Olimpiade, Jepang menampilkan iklan olahraga yang inklusif merangkul berbagai golongan. Legenda badminton Susi Susanti dan Alan Budikusuma turut diundang di HUT Kaisar untuk secara simbolis menyambut olimpiade.

Olimpiade Musim Panas 2020 rencananya berlangsung pada akhir Juli hingga awal Agustus 2020. Kemudian disusul Paralimpiade pada akhir Agustus hingga awal September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.