Sukses

Surat Bocah Gresik ke PM Australia hingga Presiden AS, Sorot Sampah dan Batu Bara

Bocah aktivis berusia 12 tahun asal Gresik, Indonesia memberitahu PM Scott Morrison untuk mengambil kembali limbah Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang aktivis Indonesia berusia 12 tahun meminta Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison untuk menghentikan ekspor kertas limbah dan sampah plastik negaranya ke tempat asalnya.

Aeshninna (Nina) Azzahra dari Gresik, Jawa Timur, mengajukan permintaan melalui surat terbuka kepada PM yang dikirim secara pribadi, ke kedutaan Australia di Jakarta 21 Januari 2020 malam.

Surat itu mencatat kekecewaan Azzahra pada dampak ekologis dan kesehatan dari limbah asing di Indonesia, dan merinci dampak langsung dari perdagangan ekspor pada desa-desa di wilayahnya. Dia mengatakan potongan-potongan sampah plastik yang dia temui membawa label-label yang asalnya terletak di Kanada, Australia, AS, dan Inggris, serta di antara negara-negara maju lainnya.

"Berhentilah mengekspor campuran kertas bekas dengan sisa plastik ke Jawa Timur dan Indonesia. Tolong ambil kembali sampahmu dari Indonesia."

Indonesia Mengimpor 283.000 Ton Sampah pada Tahun 2018

Banyak negara kaya mengekspor limbah yang tidak dapat didaur ulang, dan didaur ulang ke negara-negara miskin yang ditugaskan untuk memproses daur ulang yang berbahaya atau menghancurkannya.

China yang sebelumnya menjadi pemimpin dunia dalam perdagangan limbah tersebut, tetapi sejak Beijing memberlakukan larangan impor limbah pada Juli 2017, jutaan kilogram limbah dari Australia dan negara maju lainnya berakhir di Indonesia, Vietnam, dan Malaysia.

Pada tahun 2018, Australia mengekspor 52.000 ton limbah ke Provinsi Jawa Timur. Jumlah tersebut meningkat 250 persen dari 2014.

Azzahra mengatakan kepada ABC bahwa selama perjalanannya ke pembuangan sampah Jawa Timur, limbah dengan label Australia adalah yang paling umum dia temukan setelah sampah yang berlabel AS.

Kantor Perdana Menteri Australia mengatakan kepada ABC dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintah akan menghentikan larangan ekspor plastik, kaca dan kertas bekas mulai Juli.

"Sama seperti Nina, Pemerintah kami menganggap penanganan sampah adalah prioritas utama karena ini merupakan masalah penting bagi lingkungan kami di rumah dan di seluruh wilayah tempat kami tinggal," kata pemerintah Australia melalui perrnyataan.

Juru bicara itu juga mengatakan bahwa pemerintah akan bekerja dengan industri untuk menghapuskan kemasan plastik sekali pakai dan microbeads berbahaya.

"Kami mendukung rencana Indonesia untuk mengurangi puing-puing laut sebesar 20 persen dan limbah hingga 30 persen dan kami bermitra dengan mereka untuk berbagi pengetahuan kami dan apa yang telah dipelajari kedua negara kami."

Reuters memperkirakan impor limbah Indonesia secara keseluruhan naik 141 persen mencapai 283.000 ton pada tahun 2018 - setara dengan sekitar 123 badak putih berukuran rata-rata.

Tahun lalu, kelompok aktivis lingkungan Indonesia Ecoton menuduh perusahaan-perusahaan Australia "menyelundupkan" sejumlah besar kertas plastik dan limbah yang diduga dikirim untuk didaur ulang.

Populasi yang lebih miskin di provinsi-provinsi seperti Jawa Timur beralih ke pengolahan limbah untuk mendapatkan pekerjaan yang dibayar. Atau menghasilkan lapangan kerja di daerah-daerah yang biasanya kehilangan pekerjaan yang dibayar dengan konsisten.

Eko Wahyudi, seorang pemilik bisnis pengolahan limbah, mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa ia pernah memiliki 20 orang yang mempekerjakan pemilahan sampah, membayar mereka sekitar $ AS 3,50 per hari atau sekitar Rp 50 ribu.

Di Indonesia, upah minimum ditetapkan per provinsi, yang untuk Jawa Timur ditetapkan $ AS4,07 per hari pada tahun 2020.

Limbah yang tidak dapat didaur ulang, seperti sampah plastik, dijual sebagai sumber bahan bakar murah untuk produsen tahu provinsi ini.

"Limbah dari AS berarti pekerjaan di sini," kata Pak Wahudi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soal Menyingkirkan Batu Bara

Azzahra juga memberitahu PM Morrison untuk membuang batu bara. Dalam pesannya mengikuti surat-surat serupa yang ditujukan kepada para pemimpin dunia seperti Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden AS Donald Trump.

"Mengapa Jerman mengirim sampahnya ke Indonesia? Saya ingin masa depan saya menjadi lebih baik. Saya ingin Indonesia bersih," kata Azzahra kepada pemimpin Jerman.

Dalam surat-suratnya yang ditujukan kepada Morrison dan Merkel, aktivis muda itu merinci dampak ekologis yang lebih luas di wilayahnya.

Kepada PM Australia, dia mengatakan hewan laut sudah sekarat karena kemacetan plastik, sementara Merkel diberitahu tentang Azzahra membeli ikan yang diisi dengan plastik di perutnya.

Dia mengatakan kepada ABC bahwa sangat penting bagi Australia untuk mengurangi dampak lingkungannya, terutama mengingat musim kebakaran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Australia juga perlu menemukan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, bukan menggunakan batu bara," kata Azzahra.

 

3 dari 3 halaman

Pesan untuk Donald Trump

Kepada Donald Trump, dia mengatakan limbah Amerika telah membuat sungai Indonesia "sangat kotor dan bau".

"Kenapa kamu selalu mengekspor limbahmu ke negaraku? Kenapa kamu tidak mengurus limbahnya sendiri?" dia bertanya kepada Presiden AS itu.

Hanya satu perwakilan resmi yang bertemu dengan Azzahra dalam menanggapi permintaannya - duta besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof, yang berbicara dengan aktivis awal bulan ini.

Azzahra mengatakan kepada ABC bahwa dia berharap dapat bertemu dengan duta besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan, tetapi sejauh ini belum mendapatkan respons.

Untuk saat ini, dia berharap Australia mengindahkan panggilannya.

"Saya sangat berharap Australia tidak mengirim sampah plastik ke Indonesia," katanya. "Aku ingin Australia mengambilnya kembali."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.