Sukses

23-1-1909: Panggilan Radio Menyelamatkan 1.500 Orang dari Kecelakaan Kapal

Liputan6.com, Nantucket - Pada hari ini, 111 tahun yang lalu, Jack Robinson Binns, yang dikenal sebagai pahlawan, berhasil menyelamatkan nyawa 1.500 orang di kapal karena melakukan panggilan darurat pertama dari laut. Tekad dan keterampilan Binns ramai dibicarakan oleh publik pada masa itu.

Kisahnya bermula pada Sabtu, 23 Januari 1909, pukul 05.30 pagi. Saat itu sebuah kapal uap British Royal Mail Republic, keluar dari New York ke Mediterania dengan pengungsi korban gempa bumi Sisilia, ditabrak oleh Kapal Lloyd SS Florida dari Italia. Saat itu udara sangat dingin dan kabut tebal menyelimuti selatan Pulau Nantucket. Demikian dilansir dari BBC, Rabu (22/1/2020).

Binns adalah operator radio satu-satunya di kapal Republik, dan mulai mengirimkan sinyal yang dikenali menggunakan Kode Morse - CQD - CQ yang menjadi panggilan untuk kapal atau operator radio di darat, dan 'D' adalah sinyal penting untuk kesusahan.

Binns tetap di kabinnya selama 18 jam, mengirimkan panggilan pertolongan secara terus-menerus yang akhirnya diterima oleh operator di Stasiun Siasconsett di Pulau Nantucket, dengan jarak sekitar 60 km.

Bagian dari kabin radio telah dipenuhi air dan rusak akibat benturan kapal sehingga Binns bekerja dengan peralatan yang menggunakan baterai cadangan darurat.

Ketika ia mengirimkan panggilan darurat, para pelaut dari Republik dengan panik mengevakuasi para penumpang kapal ke Florida yang tidak rusak. Proses evakuasi itu memakan waktu selama empat jam di perahu dayung kecil di atas kedua kapal.

Penumpang dan awak kapal akhirnya diselamatkan oleh White Star Liner The Baltic, yang mampu membawa semua penumpang naik dan membawa kapal Florida kembali ke pantai. Sementara itu, kondisi kapal Republik terlalu rusak untuk diselamatkan.

2 dari 3 halaman

Jasa Binns Selalu Dikenang

Operator radio Marconi kemudian menawarkan Binns menjadi operator radio di kapal terbaru White Star, Titanic. Namun, pada saat itu Binns telah bertunangan dan tunangannya tidak ingin dia kembali bekerja di laut, maka dia menolak pekerjaan itu sehari sebelum Titanic tenggelam. Binns diketahui mulai bekerja sebagai reporter untuk sebuah surat kabar New York.

Setelah seratus tahun menandai kepahlawanannya di laut, seluruh operator radio amatir di dunia mengenang jasa Jack Binns, termasuk klub di Peterborough dan stasiun operasi Marconi tertua, yang bertempat di The Lizard in Cornwall.

Dia juga akan menjadi fokus pameran baru di Museum Peterborough pada musim semi. Sebuah medali sebagai tanda persembahan keberanian Binns juga diberikan.

Meskipun Binns menghabiskan sebagian besar masa dewasanya di Amerika dan Kanada (ia menjadi pilot dan pelatih operator radio di Angkatan Udara Kanada setelah karirnya sebagai jurnalis), ia tetap menyukai kota tempat ia tumbuh dan dididik.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
16-2-1959: Sah, Fidel Castro Jadi Perdana Menteri Termuda Kuba
Artikel Selanjutnya
15-2-1961: Insiden Tragis Pesawat Belgia Jatuh Sebelum Mendarat Tewaskan 73 Orang